
Foto: 123RF
Sebelum media sosial berkembang seperti saat ini, surat pembaca adalah sarana yang cukup efektif untuk menuliskan komplain. Tidak sedikit perusahaan yang melakukan monitor surat pembaca di berbagai surat kabar untuk tetap menjaga kredibilitas perusahaan. Kini zaman telah berubah.
Berkembangnya media sosial membuat orang-orang beralih untuk komplain secara online. Akibatnya bisa lebih viral dari surat pembaca karena komplain di media sosial bisa dengan mudah dibagikan oleh siapa saja. Berikut ini contoh komplain yang sempat menjadi viral.
1/ Sophia Latjuba - Aktris
Melalui akun Instagram-nya, @sophia_ latjuba88, Sophia Latjuba posting foto toilet di terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, pada Agustus 2016. Selain mengeluhkan joroknya lantai toilet yang becek, ia juga mengeluhkan toilet yang tidak bisa di-flush.
Sophia menambahkan tentang becek di luar dan di dalam terminal. Tak lupa, ia menyarankan, jika terminal 3 belum siap beroperasi, sebaiknya jangan dibuka dulu. Foto Instagram Sophia lengkap dengan caption itu langsung ditanggapi oleh pihak Angkasa Pura melalui akun Instagram @angkasapura2. Angkasa Pura meminta maaf atas ketidaknyamanan ini dan berjanji akan melakukan perbaikan.
Meski begitu, followers Sophia tetap ikut komplain sesuai pengalaman masing-masing. Komentar di posting-an ini bervariasi, dari yang positif hingga nyinyir. Ada yang mengkritik Sophia, agar ia memaklumi bahwa dalam pembangunan sebuah fasilitas umum, ketidaknyamanan seperti itu adalah hal yang wajar.
Kita Bisa Belajar Apa?
Menimpali kritik seseorang, berbagi komplain yang sama boleh saja. Jaga sopan santun dan tidak memaki.
Selanjutnya: Irfan Hakim - MC
Topic
#mediasosial, #cerdasbermediasosial, #literasidigital