
Gaya hidup hijrah yang kini terjadi di Indonesia menurut pengamat konsumen Yuswohady turut mengubah banyak hal, termasuk ekonomi. Dalam e-book Muslim Zaman Now, yang disusunnya bersama Farid Fatahillah dan Muhammad Civic, pakar marketing dari Invent.ure itu memaparkan tentang fenomena Halal of Things, dimana tuntutan akan produk halal tidak terbatas pada makanan dan minuman, tapi juga produk lain. Kosmetik, kulkas, sabun cuci, peralatan masak, hingga fashion pun ramai-ramai menjadikan hala sebagai unique value propotion.
Perubahan masyarakat ini juga ikut membuka peluang di bidang yang bersifat hiburan. Berikut beberapa peluang bisnis yang dicatat Yuswohady akan semakin semakin berkembang dalam waktu dekat:
# Tempat Wisata Ramah Muslim
Mengembangkan destinasi wisata dengan berkonsep halal dan muslim-friendly kini menjadi nilai tawar tersendiri bagi suatu daerah untuk menyedot wisatawan muslim. Banyuwangi misalnya meluncurkan pantai dengan konsep syariah dan mengadakan berbagai event. Tak hanya di dalam negeri, berbagai negara seperti Jepang pun menyiapkan perangkat untuk membuat wisatanya lebih memudahkan umat muslim, salah satunya dengan menyiapkan daftar resto halal dan tempat ibadah.
# Pusat Belanja Halal
Baru-baru ini pemerintah meresmikan Halal Park di kawasan Senayan, Jakarta. Ini merupakan wujud pemerintah mulai serius mengembangkan ekosistem industri halal bagi pelaku bisnis maupun komunitas muslim. Tujuannya, menjadikan Indoensia sebagai pusat industri halal dunia. Ada juga Bisma di BSD Juction, Tangerang Selatan sebagai mall yang mengusung konsep muslim sebagai diferensiasi di tengah banyaknya mall saat ini.
# Muslim Friendly MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition)
Jika dulu festival dan eksibisi semacam ini hanya digelar jelang dan selama bulan Ramadan, kini acara seperti HijrahFest HalalFest, Muslim Fashion Week, Hijab Run, dan sebagainya diadakan sepanjang tahun.
# Tren umrah ala backpacker
Sudah beberapa tahun belakangan umrah menjadi salah satu bucket list orang muda di Indonesia. Belakangan banyak yang tertarik melakukan umrah backpacker, beribadah ke tanah suci sekaigus bertualang. Dengan backpackeran, muslim milenial/gen Z bisa memangkas biaya dengan memburu tiket promo dan berangkat saat low season, mencari hotel murah, hingga menyusun jadwal dan itinerary sendiri.
# Sharia Wedding Industry
Wedding organizer yang mengkhususkan diri untuk mendesain pernikahan syariah semakin diminati. Salah satu konsepnya adalah memisahkan tamu pria dan wanita dalam lajur yang berbeda serta menyediakan makanan dan minuman yang terjamin halal.
# Post-Wedding Photography
Seiring dengan keyakinan untuk tidak menyentuh sebelum menikah, foto pre-wedding kini bergeser ke fotografi post-wedding. Merekam indahnya momen pernikahan atau perjalanan setelah menikah kini semakin diminati. (f)
Perubahan masyarakat ini juga ikut membuka peluang di bidang yang bersifat hiburan. Berikut beberapa peluang bisnis yang dicatat Yuswohady akan semakin semakin berkembang dalam waktu dekat:
# Tempat Wisata Ramah Muslim
Mengembangkan destinasi wisata dengan berkonsep halal dan muslim-friendly kini menjadi nilai tawar tersendiri bagi suatu daerah untuk menyedot wisatawan muslim. Banyuwangi misalnya meluncurkan pantai dengan konsep syariah dan mengadakan berbagai event. Tak hanya di dalam negeri, berbagai negara seperti Jepang pun menyiapkan perangkat untuk membuat wisatanya lebih memudahkan umat muslim, salah satunya dengan menyiapkan daftar resto halal dan tempat ibadah.
# Pusat Belanja Halal
Baru-baru ini pemerintah meresmikan Halal Park di kawasan Senayan, Jakarta. Ini merupakan wujud pemerintah mulai serius mengembangkan ekosistem industri halal bagi pelaku bisnis maupun komunitas muslim. Tujuannya, menjadikan Indoensia sebagai pusat industri halal dunia. Ada juga Bisma di BSD Juction, Tangerang Selatan sebagai mall yang mengusung konsep muslim sebagai diferensiasi di tengah banyaknya mall saat ini.
# Muslim Friendly MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition)
Jika dulu festival dan eksibisi semacam ini hanya digelar jelang dan selama bulan Ramadan, kini acara seperti HijrahFest HalalFest, Muslim Fashion Week, Hijab Run, dan sebagainya diadakan sepanjang tahun.
# Tren umrah ala backpacker
Sudah beberapa tahun belakangan umrah menjadi salah satu bucket list orang muda di Indonesia. Belakangan banyak yang tertarik melakukan umrah backpacker, beribadah ke tanah suci sekaigus bertualang. Dengan backpackeran, muslim milenial/gen Z bisa memangkas biaya dengan memburu tiket promo dan berangkat saat low season, mencari hotel murah, hingga menyusun jadwal dan itinerary sendiri.
# Sharia Wedding Industry
Wedding organizer yang mengkhususkan diri untuk mendesain pernikahan syariah semakin diminati. Salah satu konsepnya adalah memisahkan tamu pria dan wanita dalam lajur yang berbeda serta menyediakan makanan dan minuman yang terjamin halal.
# Post-Wedding Photography
Seiring dengan keyakinan untuk tidak menyentuh sebelum menikah, foto pre-wedding kini bergeser ke fotografi post-wedding. Merekam indahnya momen pernikahan atau perjalanan setelah menikah kini semakin diminati. (f)
Baca Juga:
Jadikan Ramadan dan Lebaran Momen Memperkuat Ikatan Batin Dengan Anak
Manfaatkan Fitur Terbaru Google untuk Kemudahan Mudik dan Silaturahmi Saat Lebaran
Topic
#bisnis, #halal