
Gaya hidup serba digital dan pemakaian gawai yang kian masif ikut mengubah pendekatan-pendekatan bisnis. Kisah sukses dan cerita bagaimana internet membantu menumbuhkan bisnis membuat semakin banyak orang tergiur. Agar bisnis lebih laris lagi, Anda perlu metode pemasaran digital yang tepat. Terutama memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dan Messenger.
Dalam acara master class #ShemeansforBusiness yang merupakan hasil kolaborasi antara Femina dengan Facebook Indonesia di Indonesia Women’s Forum hari ke-2, Facebook Trainer, Ajie Akhmad, bilang, “Sosial Media memberikan kesempatan lebih untuk pembisnis, lebih dari 90% pembisnis mengatakan bahwa sosial media adalah alat yang powerful dalam meningkatkan usaha secara online.”
Ia meyakinkan agar tak ragu untuk jualan di media sosial. Ajie menganalogikan jika satu hari 24 jam maka disinyalir manusia membuka media sosial dua kali lipat lebih banyak, sesering itu. Hingga potensi untuk menjangkau mereka jauh lebih besar lewat pemasaran digital.
Masuk akal, apalagi melihat media sosial kini sudah jadi 'makanan' sehari-hari masyarakat. Facebook Indonesia mencatat memiliki lebih dari 115 juta pengguna. Sebuah potensi yang sangat besar untuk memperluas bisnis secara lokal bahkan hingga global sekalipun.
Sebagai contoh kasus, beliau memutar sebuah video mengenai kisah ibu Diah, pemilik Diah Cookies dari Surabaya, yang menjual 10.000 toples sejak memasarkan produknya di Facebook. Ini menunjukkan kekuatan Facebook sebagai media sosial yang memiliki kemampuan untuk menjangkau banyak orang.

Agar makin optimal, Ajie mengenalkan akun bisnis Facebook kepada peserta. Ia menyarankan para wanita wirausahawan untuk mulai mengoptimalkan pemasaran digital lewat akun bisnis Facebook daripada akun personal yang memiliki target terbatas hingga 5000 saja.
"Membuat akun bisnis Facebook pun tidaklah sulit, tidak perlu persyaratan khusus, semua bisa dilakukan hanya dengan smartphone yang dimiliki. Dan saat melakukan pengaturan, memulai dengan kategori bisnis lokal dulu untuk menjangkau pengguna terdekat di area, " ujar Ajie, memberi saran.
Kalau sudah memiliki akun bisnis Facebook, Ajie mengingatkan untuk mempelajari fitur-fitur akun bisnis Facebook, seperti cara membaca analytic, button penting, pembagian peran admin, menentukan target pasar, hingga penjadwalan. "Facebook juga punya fitur seperti page tips yang dapat membantu mengingatkan untuk secara rutin membuat konten, yang mana fitur-fitur seperti ini hanya terdapat pada akun bisnis Facebook."
Yang juga perlu diperhatikan cara berkomunikasi dengan pelanggan. Ada banyak variasi, tapi semuanya memerlukan konten. Tapi yang perlu selalu menjadi tantangan untuk para wanita wirausahawan adalah sosial media yang sudah kebanjiran konten sehingga membuat konten mesti dipikirkan masak-masak agar menarik untuk mendapatkan pembeli.
“Dalam sosial media ada peraturan 3 detik pertama dimana dapat menangkap perhatian pengguna atau tidak, ini menentukan apakah pengguna akan melewatkan konten atau justru stay dan melakukan pembelian,” ujar beliau di hadapan lebih dari 50 peserta master class Wanwir X #SheMeansBusiness: Luaskan Bisnis dengan Menguasai Pemasaran Digital, yang mendengarkan dan menanggapi secara antusias. (f)
Jessica Thennia (Kontributor)
Editor: Nuri Fajriati
Baca Juga:
Meningkatkan Nilai Bisnis bagi Wanita Wirausaha
Memaknai Bisnis, Tak Sekadar Mencari Keuntungan
5 Hal Penting Dalam Melakukan Ekspor
Topic
#IndonesianWomensForum2019, #indonesianwomensforum, #iwf, #iwf2019, #IWF19, #facebook, #shemeansbusiness, #wanitawirausaha