Foto: Shutterstock
Baru dirilis di Indonesia bulan Juni, fitur Instagram Reels sudah ramai digunakan. Bagi pelaku bisnis dan pemilik akun Instagram bisnis fitur berupa video pendek berdurasi 15 hingga 30 detik ini bisa jadi alat untuk meningkatkan keterlibatan konsumen dan meningkatkan penjualan.
“Fokus orang saat ini makin pendek. Kenyataannya saat ini orang suka dengan sesuatu yang instan. Kalau bisa mereka mendapat sesuatu dalam waktu singkat. Itu sebabnya Reels yang hanya 15-30 detik jadi populer,” ujar Rono Jatmiko dalam webinar Digital Marketing Online Training sesi ke-4, bertema Ciptakan Konten yang Menjual di Media Sosial (Teks, Foto, & Video).
Sama-sama berbentuk video, tapi Reels berbeda dengan Instastory. Video Reels dapat menjangkau calon konsumen yang belum mengikuti akun Anda. Reels seperti feeds yang akan muncul dalam explore, yang disebut Suggested Reels. Nantinya Reels akan diperkaya fitur yang memudahkan konsumen untuk berbelanja.
“Dengan Reels, dunia serasa lebih datar. Maksudnya semua orang punya kesempatan yang sama luasnya. Reels menjadi terobosan yang memuat bisnis kecil memiliki peluang yang sama untuk muncul meski baru memiliki pengikut sedikit,” ujar Rono dalam acara yang menjadi bagian dari program kolaborasi Wanita Wirausaha Femina dengan Facebook #shemeansbusiness dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tahun 2021 yang memasuki angkatan ke 3 ini.
Tantangannya, Anda bersaing dengan aneka konten-konten dari yang berguna sampai bikin sakit kepala. Konten yang bagaimana yang membuat peluang video Reels kita dilihat orang?
Menurut Rono saat ini yang paling banyak beredar adalah Reels berupa tip, tapi ide video bisa beragam antara lain, boomerang, ringkasan cerita panjang, video stop motion, atau sekadar menambahkan gerakan pada teks. Anda bisa mencari-cari ide video apa yang sedang disukai dengan meluangkan waktu melihat-lihat video Reels yang beredar.
Anda juga bisa memantau video Reels akun bisnis kompetitor. Apa yang laris dan disukai konsumen kompetitor kemungkinan besar akan berhasil memikat konsumen Anda. Tentu saja Anda perlu menggunakan kreativitas untuk memodifikasi konten dan mengemasnya dengan gaya Anda, tak sekadar meniru.
Penting diingat, algoritma Reels berbeda dengan feeds yang mengandalkan hashtag agar muncul di explore. Agar video Anda lebih mudah muncul di Suggested Reels, Rono menyarankan agar Anda menggunakan lagu dan efek yang populer.
“Algoritma Instagram akan memunculkan video Anda pada akun yang menyukai lagu dan efek yang Anda gunakan. Abaikan dulu selera Anda terhadap musik dan efek tertentu, karena pemilihan lagu dan efek yang disukai konsumen lebih penting dalam membuat konten Reels. Tentu saja sebaiknya gunakan lagu yang disodorkan Instagram karena ini terkait copywrite.”
Seperti juga konten feed dan instastory, Anda perlu memperhatikan fitur Insight untuk mengetahui kapan saat paling tepat untuk mengunggah Reels. Beda dengan akun pribadi yang lebih suka-suka Anda, akun Instagram bisnis memiliki tujuan untuk menarik keterlibatan konsumen, karena itu perhatikan kapan waktu konsumen Anda paling aktif menggunakan Instagram. (f)
Baca Juga:
7 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Beriklan di Media Sosial
6 Strategi Sukses Marketing dengan Akun Bisnis Instagram
Hidupkan Bisnis Anda di Instagram Stories
Topic
#Facebook, #instagram, #shemeansbusiness, #digitalmarketing, #onlinetraining, #bisnis