Money
Siasat Agar Bisnis Fashion Tak Tergilas Pasar

11 Dec 2020


Dok. Unsplash



Di tengah pasar fashion yang terus menggeliat aktif dan harga yang ditawarkan semakin murah, kian membuat persaingan di antara pelaku usaha semakin sengit. Mereka yang bisa bertahan adalah mereka yang terkuat di antara rimba pasar fashion yang terus tumbuh positif.

Lantas apa yang harus dilakukan agar bisnis fashion kita tetap hidup di tengah persaingan yang ketat?

Selain harus memiliki idealisme dan pintar membaca pasar, ini dia beberapa siasat yang bisa dipraktekkan para pelaku usaha fashion agar bisnisnya tidak tergilas pasar yang terus berputar. 
 
1. Desainer masa kini tidak cukup hanya pintar mendesain karena ia perlu mengenali produk kompetitor. Mencari celah alternatif produk apa saja yang belum ada di pasar. Jika produk di pasar hanya tersedia untuk kelas atas, coba masuk di segmen kelas menengah, namun dengan tetap memberikan kualitas bahan dan pengerjaan yang prima.
 
2. Satu hal penting dalam strategi penjualan produk adalah branding. Di era digital, media sosial menjadi alat utama untuk branding. Desainer mau tidak mau harus mulai akrab menggunakan Facebook, Twitter, Instagram, atau kanal media sosial yang lain untuk mempromosikan produknya. Media sosial juga menjadi sarana membangun engagement dengan customer.

Percayalah, anak muda sekarang membeli pakaian hanya karena melihat foto di Instagram temannya. Saat membeli, mereka bahkan tidak mencoba, hanya menunjukkan foto pakaian di Instagram.
 
3. Sebuah brand yang sudah berkembang dan dikenal publik, tidak ada salahnya menjalin business partnership dengan pihak lain, seperti perusahaan. Dengan catatan, perusahaan tersebut harus memiliki visi yang sama dengan brand.


Tak ingin hanya bersaing di pasar lokal dan ingin merambah pasar internasional? Yuk ikuti webinar persembahan Femina dan Facebook #SheMeansBusiness bersama Kementerian Perdagangan RI berikut, untuk mengetahui bagaimana cara menembus pasar ekspor untuk wirausaha fashion dan makanan.

Topik : Peluang Pasar Ekspor untuk Wirausaha Food & Fashion

Narasumber :
- Iriana Trimurty Ryacudu, Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Kementerian Perdagangan RI
- Emily Sutanto, Founder Sunria
- Nancy Margried, Co-founder & CEO Batik Fractal

Selasa, 15 Desember 2020
Jam 16.00 WIB
Via Zoom Webinar

Daftar di sini : https://bit.ly/feminabincangUKM5




BACA JUGA : 
Pentingnya Desain Produk untuk Menarik Minat Calon Konsumen
Pandemi Mengubah Perilaku, Konsumen Lebih Pilih Kualitas dari Harga Murah
Pentingnya Kontrol Kualitas Produk Saat Ekspansi ke Pasar Internasional




 


Topic

#fashion, #UKM, #tipsbisnis