Foto: Shutterstock
Mencatat uang masuk dan keluar sangat penting dalam menjalankan bisnis baik yang berskala UKM, maupun yang besar. Keuangan yang teratur dapat menjadi tolok ukur apakah suatu usaha rugi atau untung. Bisa juga menjadi bahan evaluasi dalam mengontrol pengeluaran. Keuangan yang sehat, akan membuat usaha menjadi maju dan berkembang.
Mengingat pentingnya literasi keuangan bagi wanita wirausaha, maka Facebook #SheMeansBusiness dan Wanita Wirausaha Femina mengadakan Online Training (webinar) dengan topik: Mengatur Keuangan Bisnis Untuk UKM (Seri 2) pada Selasa, 8 September 2020 lalu.
Sedikit berbeda dengan pelatihan sebelumnya yang banyak membahas tentang digital marketing, dalam pelatihan ini, khusus membahas tentang bagaimana mengatur keuangan bisnis untuk UKM.
Dalam sesi ini, Imelda Tarigan, Certified Financial Planner yang menjadi trainer memaparkan tiga topik, yaitu Catatan Keuangan, Laporan Keuangan, dan Biaya dan Harga.
Imelda mengatakan bahwa manajemen keuangan sangat penting. Catatan keuangan akan menghasilkan laporan keuangan, kemudian dari laporan keuangan, pebisnis dapat menganalisis biaya yang dikeluarkan dan harga jual produk atau jasa.
“Membuat catatan keuangan tidak terlalu sulit, hanya saja diperlukan detail dan disiplin. Prinsip yang digunakan dalam membuat catatan keuangan adalah menambah dan mengurangi,” katanya.
Dalam membuat catatan keuangan, hal pertama yang dicatat adalah pendapatan (uang masuk), di dalamnya dilengkapi oleh tanggal transaksi, barang dan kuantitas, pembeli, nomor tanda terima, tanggal pembayaran.
“Pentingnya catatan keuangan itu agar tidak lupa. Contohnya, tidak lupa apakah pembeli membayar secara langsung (cash), berutang atau dicicil,” katanya.
Kedua adalah membuat catatan uang keluar. Dalam catatan pengeluaran, perlu dicatat dengan mengelompokkannya seperti biaya produk, biaya penjualan seperti ongkos kirim dan marketing, biaya operasional, dan biaya lain-lain seperti biaya administrasi dan asuransi.
“Untuk menghindari kelupaan, catatan keuangan sebaiknya dibuat setiap hari,” tuturnya.
Selanjutnya, Imelda memaparkan tentang laporan keuangan. Laporan keuangan berfungsi untuk memahami kinerja bisnis yang biasanya laporan meliputi arus kas, laporan laba rugi, dan neraca keuangan.
“Arus kas yang dimaksud adalah arus keluar dan arus kas masuk. Arus kas ini pun dikelompokkan dalam tiga bagian yaitu pendanaan, operasional dan investasi,” ujarnya.
Ia menambahkan bahwa laporan keuangan yang baik hanya bisa didapatkan bila catatan keuangan dibuat dengan baik detail dan disiplin.
Topik terakhir yang dijelaskan Imelda dalam online training yang berlangsung sekitar 90 menit ini adalah Biaya dan Harga. Ia menuturkan bahwa, bila salah salah dalam menentukan biaya dan harga, maka seorang pebisnis bisa jadi kerja sukarela karena tidak mendapatkan keuntungan.
Ada pun yang termasuk dalam biaya adalah biaya tetap yaitu sewa, pemakaian bulanan, komunikasi gaji, depresiasi, suku bunga utang, dan asuransi. Serta biaya variabel yang meliputi bahan baku, penampilan pajangan, bahan pendukung, dan tenaga kerja produksi.
“Dengan mencatat biaya maka kita bisa menemukan break-even point (BEP) atau titik impas. Dari situlah kita menarik kesimpulan berapa nilai jual produk atau jasa kita,” tuturnya.
Sementara itu, dalam menentukan harga, Imelda mengungkapkan ada enam strategi yang dapa digunakan yaitu harga biaya - plus pricing, harga berdasarkan kompetisi, harga berdasarkan nilai, harga penetrasi, harga psikologis, dan harga tanpa strategi.
“Perhitungan harga harus mempertimbangkan total biaya, kebutuhan pembeli dan kompetitor,” ucapnya.
Untuk diketahui, Digital Marketing Online Training dengan topik Mengatur Keuangan Bisnis Untuk UKM (Seri 1) ini adalah online training ke-1 dengan tema literasi keuangan dari kolaborasi #SheMeansBusiness Facebook dan Wanita Wirausaha Femina.
Sejak tahun 2019, Wanita Wirausaha Femina telah bekerjasama dengan #SheMeansBusiness Facebook menggelar workshop untuk UMKM wanita di lima di Indonesia. Tahun ini, mengikuti kondisi masyarakat, workshop offline tersebut berpindah platform, dilaksanakan di ruang digital lewat Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina. Dan sejak bulan Maret 2020, Facebook telah melakukan online training yang menjangkau hingga 26.696 pemirsa.
Diharapkan melalui online training yang diadakan dengan menghadirkan pelatih-pelatih dari Facebook di Indonesia, dapat memberikan pengetahuan, jaringan, dan keterampilan di bidang teknologi yang dibutuhkan para wanita wirausaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka.
Dan Anda pun bisa mendapatkan keistimewaan untuk bergabung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital, dimana menjadi wadah bagi wanita wirausaha untuk berjejaring dan mendapatkan ilmu-ilmu digital marketing baru guna mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Ayo segera gabung di FB Group Wanwir Mahir Digital, caranya:
- Klik link https : //www.facebook.com/groups/wanwirmahirdigital/
- Klik permintaan JOIN GROUP
- Lalu ISI DATA USAHA yang diminta (wajib diisi)
- Klik Setuju (Agree) rules admin
- Tunggu approval dari Admin Femina. (f)
Pentingnya Menetapkan Tujuan Keuangan Bisnis dan Pribadi
Kiat Quality Control Sebelum Ekspor dari 2 Wanita Wirausaha Sukses
Pentingnya Market Intelligence Sebelum Lakukan Ekspor
Topic
#shemeansbusiness, #keuangan