
Ekspansi bisnis hingga ke pasar luar negeri pasti membutuhkan banyak persiapan. Untuk para wanita wirausahawa yang punya impian untuk mempunyai produk internasional namun masih ragu-ragu soal ekspansi ke luar negeri karena kurang paham, dirangkum dari sesu master class Indonesian Womens Forum 2019 yang digelar Femina bersama Citi Indonesia, berikut beberapa komponen yang penting dipersiapkan:
● Riset
Riset yang teliti penting untuk mengetahui target pasar di negara tujuan ekspor apakah sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. Apakah negara tersebut membutuhkan produk yang Anda jual atau ada demandnya?
Margaretha Astaman, founder dari Java Fresh memberi contoh Thailand yang mengimpor manggis dari Indonesia, karena musim manggis di Thailand pendek. Berbeda dengan kondisi manggis di Indonesia yang bisa tumbuh setiap saat. Hal seperti itu yang perlu Anda coba cari tahu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memasarkan produk ke luar negeri.
Selain riset terkait target pasar, penting untuk Anda mencari tahu dulu soal persyaratan dan pengurusan ekspor agar ke depannya Anda sudah teredukasi dan siap mengumpulkan hal-hal yang diperlukan dalam waktu yang lebih efektif.
● Regulasi, Lisensi & Legalitas
Soal perizinan juga merupakan hal yang perlu disiapkan secara matang karena terkait soal hukum, perpajakan, dan prosedur pasar dagang internasional. Pemerintah dan KADIN sebagai lembaga dagang siap memfasilitasi administrasi dan regulasi terkait ekspor untuk pelaku wirausaha di Indonesia.
● Partner Ekspor yang Tepat
Menemukan partner eksport yang cocok dan tepat sangat membantu wirausahawan dalam memasarkan produk, karena biasanya partner ini sudah sangat memahami ranah negara tujuan ekspor. Sehingga partner tersebut dapat juga memberi banyak masukan untuk Anda.

● Kemasan
Tissa Aunilla, founder Pipiltin Cocoa menyebutkan, peran kemasan dalam pemasaran produk sangat esensial untuk membantu produk bisa dilirik di luar negeri. Tak hanya soal desain, menurut Margareta, persiapkan kemasan yang tahan dan aman sehingga produk dapat terjaga selama pengiriman ke tempat tujuan ekspor.
● Permodalan
Rangkaian proses yang harus dilalui sebelum peluncuran produk di negara ekspor membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Diskusikan soal permodalan ini dengan lembaga keuangan yang siap membantu hingga memberi pembinaan, contohnya Citi Bank. (f)
Jessica Thennia (Kontributor)
Editor: Nuri Fajriati
Baca Juga:
Ini Yang Dihadapi Untuk Melakukan Ekspor
Meningkatkan Nilai Bisnis bagi Wanita Wirausaha
Memaknai Bisnis, Tak Sekadar Mencari Keuntungan
Topic
#wanwir, #wirausaha, #IWF19, #IndonesianWomensForum2019, #Citibank