Money
5 Cara Optimalkan Akun Bisnis WhatsApp Untuk Mendongkrak Penjualan

20 Jun 2021


Foto Unsplash


Setelah Anda punya akun WhatsApp Bisnis, sekarang tinggal bagaimana mengoptimalkan Whatsapp Bisnis tersebut. Di Sesi 7 Digital Marketing Online Training Facebook #SheMeansBusiness bersama dengan Wanita Wirausaha Femina, dengan topik Mengenal dan Memaksimalkan Akun Bisnis WhatsApp, pertanyaan tersebut terjawab. Workshop yang disiarkan langsung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital pada Januari 2021 lalu ini mengungkapkan kiat-kiat tersebut, sebagaimana yang dipaparkan oleh Rono Jatmiko, trainer dari Facebook Indonesia. Berikut ini tip dan triknya. 

1/ Manfaatkan Status 
Status pada WhatsApp Business -sebagaimana Story di Facebook dan Instagram- punya potensi yang sangat besar. Pada saat seorang konsumen melihat story, artinya ia memiliki ketertarikan pada produk atau layanan Anda. Manfaatkan story untuk membuat cerita aktivitas behind the scenes dalam bisnis Anda. “Misalnya, proses pembuatan produk Anda atau saat Anda packing barang, pada dasarnya orang memiliki rasa keingintahuan. Jika melihat Anda sedang melayani banyak pesanan, akan menjadi stimulus orang untuk semakin ingin membeli,” tutur Rono. Rono juga menambahkan, Anda bisa menulis di status tentang promo-promo menarik yang Anda tawarkan, ataupun live events yang sedang Anda selenggarakan. Intinya, status di WhatsApp Business tidak jauh beda dengan status yang biasa kita buat di Whatsapp Pribadi, yang sifatnya informal dan senatural mungkin. Sesekali, bereksperimenlah dengan berbagai fitur di status WhatsApp.

2/ Pahami Target Pasar Anda
WhatsApp membantu Anda menjangkau konsumen melalui komunikasi yang bersifat pribadi. Tujuan Anda membuat akun bisnis WhatsApp tentunya juga untuk memudahkan konsumen Anda, bukan? Sebelum Anda dapat berkomunikasi dengan mereka, penting sekali untuk mengidentifikasi siapa pelanggan Anda. Untuk itulah, penyampaian konten, strategi pemasaran, dan gaya berkomunikasi Anda pun dapat disesuaikan dengan target konsumen Anda. Identifikasi target pasar ini sama halnya dengan yang Anda lakukan saat membuat halaman Facebook dan Instagram bisnis. Akun bisnis WhatsApp dibuat sebagai kanal untuk saluran berkomunikasi dengan mereka. Pertanyaan yang perlu Anda dalami adalah “Kebutuhan apa yang mungkin mereka tanyakan ke WhatsApp Business Anda?”, “Apa ekspektasi dari pelanggan Anda?”, dan “Apa yang Anda harapkan dari mereka dalam menanggapi kampanye WhatsApp Anda?”

3/ Bersikap responsif
Sapa setiap konsumen yang masuk ke akun bisnis WhatsApp secepat mungkin, jangan sampai menunda dan membiarkan konsumen terlalu lama menunggu jawaban. Tulislah pesan sebagaimana Anda berbicara. Jangan terlalu kaku dan terkesan seperti template otomatis. Anda juga bisa menggunakan emoji untuk membuat teks balasan terkesan lebih akrab. 

4/ Menghadapi Keluhan Konsumen dengan Bijak
Hal yang perlu dipahami, WhatsApp adalah tool. Sebagai pebisnis, Anda perlu memahami mindset customer service yang baik. Dan, hal ini bisa difasilitasi lewat WhatsApp. Anda perlu mempelajari bagaimana cara menjawab pertanyaan-pertanyaan sensitif dari pelanggan. “Pada saat seorang pelanggan mengajukan komplain, itu artinya pelanggan peduli dengan Anda sehingga Anda mendapat feedback yang berguna untuk memperbaiki bisnis. Setiap ada solusi, catatlah. Sehingga jika ada komplain berulang, Anda bisa respons dengan cara yang sama,” jelas Rono.

5/ Gunakan Fitur Label
Tumpukan pesan pada saat yang bersamaan, bisa menyulitkan Anda dalam mengelolanya. Fitur ini dibuat untuk mengatur dan merapikan setiap pesan yang masuk ke dalam masing-masing kategori dan memudahkan Anda untuk mencarinya kembali. Contoh, Anda bisa membuat kategori pelanggan baru, pesanan baru, pembayaran tertunda, pesan dibayar, pesanan selesai, dan sebagainya. Sehingga, kapan pun Anda perlu berkomunikasi dengan pelanggan, atau saat menghadapi keluhan salah seorang pelanggan, Anda bisa mengeceknya kembali lewat fitur label ini. Praktis dan tidak menghabiskan banyak waktu Anda.

Untuk diketahui, pelatihan daring Memaksimalkan Akun Bisnis WhatsApp adalah webinar kolaborasi antara Facebook #SheMeansBusiness dan Wanita Wirausaha Femina. Sejak tahun 2019, Wanita Wirausaha Femina telah bekerjasama dengan Facebook #SheMeansBusiness menggelar workshop untuk UMKM wanita di kota-kota di Indonesia.

Tahun ini, mengikuti kondisi masyarakat, workshop offline tersebut berpindah platform, dilaksanakan di ruang digital lewat Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina.

Diharapkan melalui berbagai talkshow virtual yang diadakan dengan menghadirkan sejumlah pembicara inspiratif ini, dapat memberikan pengetahuan, jaringan, keterampilan serta teknologi yang dibutuhkan para wanita wirausaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka.

Dan Anda pun bisa mendapatkan keistimewaan untuk bergabung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital, dimana menjadi wadah bagi wanita wirausaha untuk berjejaring dan mendapatkan ilmu-ilmu digital marketing baru guna mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Ayo segera gabung di FB Group Wanwir Mahir Digital, caranya:
1. Klik link https://www.facebook.com/groups/wanwirmahirdigital/ 
2. Klik permintaan JOIN GROUP
3. Lalu ISI DATA USAHA yang diminta (wajib diisi)
4. Klik Setuju (Agree) rules admin
5. Tunggu approval dari Admin Femina 
(f) 


Baca Juga: 

Trik Agar Facebook Shop Lebih Menarik bagi Calon Konsumen
Tingkatkan Peluang Usaha di Pasar Global dengan Facebook Shop
Ramai Pesta Diskon di Market Place, Apa Untungnya Bagi UMKM?
 



Topic

#instagram, #Facebook, #whatsapp, #digitalmarketing, #onlinetraining, #shemeansbusiness, #wanwir