
Foto: Dok. BATA
Manifesto Baru
Sebuah perhelatan akhir minggu, Bata Fashion Weekend, yang mengesankan berlangsung di jantung Kota Praha yang antik, seperti di halaman buku cerita anak-anak itu. Ada sekitar 200-an tamu media, selebritas, dan perwakilan Bata dari seluruh benua turut hadir. Bermacam acara digelar sejak Jumat sore itu. Untuk menuju show case pertama, para tamu diajak walking tour mengelilingi Praha menuju pelataran Czech National Theater di down town yang ramai. Di areal outdoor dengan latar belakang gedung-gedung bersejarah berlangsung fashion show produk terbaru Bata untuk spring-summer2017/18 yang dikenakan model ‘orang biasa’. Hal ini untuk memberi penekanan pada arahan baru, The Manifesto: Me #comfortablewithit.
Sore harinya acara utama digelar di sebuah hipster venue yang sedang menjadi pembicaraan di kota ini. La Fabrika, sebuah gedung dua lantai bergaya industrial, disulap menjadi ruang pamer dan ruang show utama, serta creative corner untuk semua umur. Di ruang ekshibisi ditampilkan produk Bata ikonis, produk terbaru, desain sepatu karya para finalis Bata Young Designer Challenge, dan live show pembuatan sepatu di era modern. Pada malam harinya sebuah fashion show yang penuh energi digelar, dilanjutkan pesta cocktail hingga larut malam. Acara-acara di La Fabrika juga bisa dinikmati oleh warga Praha sepanjang minggu itu.
Sebuah perhelatan akhir minggu, Bata Fashion Weekend, yang mengesankan berlangsung di jantung Kota Praha yang antik, seperti di halaman buku cerita anak-anak itu. Ada sekitar 200-an tamu media, selebritas, dan perwakilan Bata dari seluruh benua turut hadir. Bermacam acara digelar sejak Jumat sore itu. Untuk menuju show case pertama, para tamu diajak walking tour mengelilingi Praha menuju pelataran Czech National Theater di down town yang ramai. Di areal outdoor dengan latar belakang gedung-gedung bersejarah berlangsung fashion show produk terbaru Bata untuk spring-summer2017/18 yang dikenakan model ‘orang biasa’. Hal ini untuk memberi penekanan pada arahan baru, The Manifesto: Me #comfortablewithit.
Sore harinya acara utama digelar di sebuah hipster venue yang sedang menjadi pembicaraan di kota ini. La Fabrika, sebuah gedung dua lantai bergaya industrial, disulap menjadi ruang pamer dan ruang show utama, serta creative corner untuk semua umur. Di ruang ekshibisi ditampilkan produk Bata ikonis, produk terbaru, desain sepatu karya para finalis Bata Young Designer Challenge, dan live show pembuatan sepatu di era modern. Pada malam harinya sebuah fashion show yang penuh energi digelar, dilanjutkan pesta cocktail hingga larut malam. Acara-acara di La Fabrika juga bisa dinikmati oleh warga Praha sepanjang minggu itu.

Foto: Dok. BATA
Perhelatan tiga hari itu merupakan momentum yang bersejarah bagi Bata, Selama 123 tahun beroperasi dan menjadi pemain utama produsen dan retail sepatu dunia, baru kali ini mereka membuka pintunya bagi media. Ada arahan baru digaungkan oleh CEO baru Bata, Alexis Nasard, tentang perlunya keterbukaan perusahaan pada hal-hal yang sudah dilakukan dan patut diketahui oleh publik. Sebagai sebuah perusahaan keluarga, Bata memang tampak sangat low profile dan hanya fokus pada pengembangan produk serta ekspansi perusahaan. Hal ini juga bisa terlihat dari gesture para pemilik. Dalam acara tiga hari tersebut, femina sempat bertemu dan berbincang dengan Thomas Archer Bata, cicit (generasi ke-4) dari pendiri, yang sejak Desember 2015 menjabat sebagai Chief Marketing Officer Global Bata. Penampilannya sangat kasual dengan polo shirt, blazer ringan, dan jeans atau celana khaki serta Bata Bullet warna kuning tua. Ia berbaur tanpa jarak dengan tetamu dan karyawan yang juga rata-rata berbusana kasual. Di era keterbukaan dan persaingan saat ini personal branding sangat penting. Hal itu yang dibawa Alexis pada perusahaannya ini, Secara marketing, ada arahan baru yang disebut The Manisfesto: Me #comfortablewithit. Ini semacam selebrasi bagi wanita dan kehidupannya yang menakjubkan.

Foto: Dok. BATA
Alexis dalam pidatonya menyatakan bahwa Bata ingin mendorong tumbuhnya rasa percaya diri wanita yang sehat dan menjadi dirinya sendiri. “Semua berhak menjadi seksi dan nyaman, comfortable sexy and comfortable!” katanya, memberi penekanan. Secara produk, manifesto ini memberi garansi semua produk Bata yang makin stylish dan inovatif, nyaman dikenakan, bersahabat dengan tiap bentuk kaki. Dalam desain, arahan baru ini juga menunjuk pada perubahan signifikan Bata, yang bekerja sama dengan desainer sepatu top dunia, seperti Alberto Del Biondi, Tommaso Gallina, dan Andrea Guarnier, untuk mengakomodasi selera konsumen muda.

Foto: Dok. BATA
Pada kesempatan wawancara dengan femina, Roberto Longo menyampaikan bahwa fokus pasar Bata kini adalah konsumen yang dipersonifikasikan sebagai Angela dan Roberto, berusia antara 25-35 tahun, dan gaya hidupnya. “Kami berusaha menciptakan koleksi alas kaki yang bisa mengakomodasi gaya hidup kedua orang ini sehari-hari,” jelas Roberto, pria Italia dari keluarga pembuat sepatu ini. Keterangan Roberto sekaligus menjelaskan mengapa toko Bata umumnya menyediakan kebutuhan alas kaki untuk seluruh keluarga. Lebih jauh Roberto --yang sehari-hari berkantor di Singapura-- menjelaskan, ada tiga kriteria utama dalam pembuatan sepatu di perusahaan ini: desain, physical comfort (teknologi pembuatan sepatu diarahkan untuk kenyamanan pemakai), dan mental dimentional comfort. Poin ketiga menyangkut persepsi bahwa sepatu yang nyaman hanya yang berbentuk tertentu. Seyogianya semua bentuk sepatu memang harus nyaman dipakai konsumennya. I am #comfortablewithit.

Foto: Dok. PET
Petty S. Fatimah
Topic
#bata, #sepatu, #praha