
Foto: Fotosearch
Dalam Essential Managers, pakar konsultansi manajemen Inggris, Robert Heller, menekankan bahwa manajemen dengan motivasi bertumpu pada pendelegasian tugas. Ada dua risiko yang harus dihadapi, delegasi gagal atau tugasnya yang gagal. Untuk memaksimalkan kemungkinan berhasil, kita harus memahami sifat risiko. Sebagai manajer yang baik, pastikan Anda memahami 4 hal ini:
1/ Buat perhitungan dulu, jangan coba-coba. Pastikan staf yang menerima delegasi tugas mendapatkan pengarahan sebelum memulai tugas.
2/ Nilai situasi dan hanya bertindak bisa segala kemungkinan telah dipertimbangkan dengan sistematis dan kemungkinan berhasil besar. Kalau tidak, berarti manajemen Anda buruk.
3/ Beri pujian pada staf jika hasil kerjanya baik, walau ada target yang luput.
4/ Bahas kesalahan secara tegas tapi pantas; jangan salahkan orang. Belajar dari kegagalan berguna tidak hanya untuk staf terkait, tapi juga untuk organisasi. Diskusikan sebab kegagalan, agar bisa diatasi. Menanggapi kegagalan secara simpatik dan membangun kembali bisa memotivasi staf. Anda tipe manajer yang suka berteriak dan mengancam staf? Menghukum kegagalan dan motivasi dengan ancaman, tidak akan membawa keberhasilan jangka panjang. (f)
Topic
#TipKarier