Career
8 Cara Merapikan Meja Kerja

9 May 2016


Foto: Fotosearch
 
Kerapian dan kebersihan meja kerja bisa memengaruhi produktivitas kerja kita. Menurut Lisa Zaslow, konsultan karier dari Gotham Organnizer, New York—seperti dilansir Money.cnn.com—penelitian menunjukkan bahwa orang kehilangan rata-rata 1 jam waktunya per hari gara-gara meja kerja yang berantakan.
 
Padahal perubahan kecil mampu membantu meja kerja terasa lebih nyaman. Jadi, saatnya perhatikan lagi meja kerja kita dan rapikan—kalau perlu, buang—beberapa barang dengan cara-cara berikut.
 
1. Temukan spot “bermasalah”
Memang sulit menemukan “masalah” meja kerja. Untuk membantu, coba foto dulu meja kerja Anda yang masih  berantakan. Foto dari berbagai sudut bila perlu untuk menemukan cara merapikan meja tersebut.
 
2. Pilih alat-alat tulis
Peralatan yang digunakan setiap hari letakkan di atas meja kerja. Mencari-cari pensil atau paper clip dapat membuyarkan konsentrasi pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Sedangkan barang-barang yang hanya digunakan beberapa kali dalam seminggu, bisa disimpan di dalam laci saja.
 
3. Tidak perlu menumpuk memo
Menempelkan memo di sepanjang pinggir monitor komputer bukan cara yang efektif. Terlalu banyak ‘pengingat’ malah membingungkan dan tetap bisa terlewatkan. Gunakan memo hanya sebagai pengingat jangka pendek. Begitu selesai, langsung singkirkan.
 
4. Jaga barang-barang pribadi
Foto keluarga, souvenir liburan atau kado pemberian teman memang bisa memberikan perasaan positif selama bekerja. Tapi terlalu banyak barang pribadi justru memecah konsentrasi. “Mata kita langsung menangkap apa yang ada di hadapan kita—tanpa disadari, otak akan bekerja mengidentifikasi barang tersebut. Fokus kita pun terbagi,” jelas Lisa. Disarankan tidak lebih dari tiga barang pribadi yang dipajang.
 
5. Kelompokkan barang-barang kecil
Kumpulkan barang-barang kecil tapi sering berserakan, seperti paku payung, paper clip, dan lainnya. Tempatkan pada kotak plastik atau kaca supaya tetap terlihat dan mudah dijangkau.
 
6. Buat pemisah dalam laci
Selain menggunakan kotak, barang-barang kecil tadi bisa disimpan dalam laci di tempat khusus yang memisahkan satu sama lain. Kita bisa membeli kotak-kotak plastik. Jika tidak, potong bagian bawah botol minuman kemasan besar sehingga menjadi semacam mangkuk. Susun masing-masing dalam laci dan simpan barang-barang kecil (gunting, penjepit, USB, kunci, paper clip—yang sudah dikelompokkan—di dalamnya).
 
7. Buang sisanya
Barang-barang yang hanya digunakan sebulan sekali atau bahkan lebih jarang, jangan diletakkan di atas meja. Malah, barang-barang yang yang tidak sering digunakan sebaiknya benar-benar “disingkirkan” supaya meja tetap lapang. (Kalau butuh peralatan kantor, tinggal minta tempat khusus alat-alat yang disediakan oleh kantor).
 
8. Tinggalkan dalam keadaan rapi
Selalu rapikan dan bersihkan meja di penghujung hari kerja sehingga esoknya kita dapat mulai bekerja dalam keadaan fresh—tanpa dihadang kertas-kertas yang berantakan.(f)
 


Topic

#produktivitaskerja