Dok. Unsplash
Dengan diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) semakin menambah jumlah perusahaan yang harus menerapkan kerja dari rumah. Namun tentu, mengharuskan karyawan untuk tiba-tiba bekerja dari rumah bisa jadi sangat menantang, terutama bagi tim yang biasanya bekerja bersama di kantor.
Untuk bisa bekerja lebih efektif, berikut hal-hal yang perlu Anda lakukan dan hindari saat bekerja dari jarak jauh :
1. Bagikan jadwal kerja Anda pada tim
Biarkan rekan kerja, tim atau bahkan keluarga tahu jadwal dan jam kerja Anda. Komunikasi yang terbuka dan jelas akan membantu tim Anda untuk tahu kapan bisa dihubungi dan kapan harus menghindari interupsi yang tidak terlalu penting.
2. Jangan mengenakan baju tidur
Walau bekerja dari rumah bukan berarti Anda bisa santai. Bangun pagi seperti biasa, mandi dan kenakanlah busana yang rapi seperti saat harus pergi ke kantor, untuk membedakan kapan waktu kerja dan kapan waktu pribadi. Selalu siap berpakaian rapi juga akan mempersiapkan diri Anda ketika tiba-tiba atasan ingin melakukan meeting virtual.
3. Tetapkan area kerja
Siapkan satu area tertentu sebagai tempat kerja Anda. Memiliki tempat kerja yang konsisten akan membantu Anda lebih produktif dan bekerja secara lebih efisien. Jika memungkinkan, area yang memiliki meja dan kursi untuk memberikan kenyamanan Anda bekerja, seperti layaknya sedang bekerja di kantor. Sebuah meja dan bangku kerja yang ergonomis dapat membuat Anda nyaman sekaligus mencegah sakit punggung.
4. Jangan lupa makan siang
Kita akan sangat mudah lupa untuk makan siang ketika sedang sibuk bekerja. Berbeda dengan ketika di kantor ketika ada teman yang mengajak untuk makan siang bersama, di rumah mungkin tak ada lagi yang bisa mengingatkan. Pasanglah alarm untuk makan siang dan konsumsilah makanan yang sehat untuk membantu menambah tenaga sepanjang hari.
5. Memiliki waktu rehat
Ketika bekerja di kantor kita biasanya memiliki rehat tiba-tiba atau waktu ketika berbincang-bincang santai dengan rekan kerja lainnya. Sayangnya, waktu rehat seperti itu akan sulit terjadi ketika bekerja dari rumah, walau sebenarnya rehat tersebut dapat membantu produktivitas.
Untuk mengatasinya, cobalah ambil waktu rehat 5-7 menit setiap 30 menit bekerja atau 20 menit rehat setiap 1-2 jam waktu kerja. Waktu rehat ini akan membantu mengembalikan fokus kerja. (f)
BACA JUGA :
Sukses Wawancara Pekerjaan di Masa Pandemik
Kenali Tanda Burnout Karena Bekerja Dari Rumah
5 Alasan Kerja Dari Rumah Terasa Lebih Melelahkan
Topic
#workfromhome, #produktivitas