Home Interior
Berkantor Di Rumah (1)

13 May 2012


Bekerja di rumah atau memiliki kantor di rumah bisa jadi pilihan tepat untuk masyarakat perkotaan saat ini. Terutama untuk alasan praktis menghemat waktu: menghindari kemacetan, lokasi kantor yang jauh dari rumah, membagi waktu dengan urusan keluarga, dan sebagainya.  Yang perlu diingat, meskipun memiliki jam kerja yang sangat fleksibel,  bekerja dari rumah membutuhkan kedisiplinan  tinggi dan pengaturan waktu yang efisien. Untuk itu, agar lebih fokus dan konsentrasi bekerja, sebaiknya dibuat ruangan atau sudut  khusus  kerja  yang terpisah  dari kegiatan anggota keluarga lain di rumah.

Merancang SOHO (small office home office) perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:


1   LOKASI. Pilihlah  area atau ruangan di dalam rumah yang terpisah dari kegiatan anggota keluarga lain di rumah. Misalnya,  di kamar tidur tamu yang hanya dipakai sewaktu-waktu,  menyulap gudang yang tidak terpakai, di sudut ruang keluarga, dan sebagainya. Jika rumah  memiliki area taman  lumayan besar, bisa juga dibuat bangunan kecil  khusus untuk kantor Anda.










2.    PEMISAH RUANG/PARTISI. Jika kantor ini hanya memanfaatkan sudut ruang, buatlah   pemisah ruang  berupa tirai, sketsel,  atau  pintu. Sebaiknya penempatan kursi duduk tidak membelakangi pintu atau penyekat ruang. Tempatkan meja dan kursi yang memungkinkan Anda bisa bebas melihat pintu atau pemisah ruangan.










3.    PENCAHAYAAN. Perhatikan aspek pencahayaan agar dapat bekerja secara maksimal. Selain lampu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah jendela yang bisa memberikan cahaya alami dan udara segar  ke  area kerja. (f)