Trending Topic
Pola Konsumsi Masyarakat Berubah Pasca Pandemi COVID-19, Ini yang Perlu Diperhatikan UMKM

23 Jun 2020




Dok. Facebook Page Wanita Wirausaha Femina

 

Peluang Manis untuk Brand Lokal

Di sisi lain, karena alasan mobilitas dan kesehatan, kini masyarakat juga cenderung lebih memilih untuk membeli barang-barang yang berada dalam jangkauan. Hal ini dilihat oleh Yuswohady sebagai peluang bagi UMKM lokal untuk mengambil tempat. 

Menurutnya, pandemi ini antitesis dari globalisasi, masyarakat jadi takut untuk membeli barang-barang dari luar negeri, karena berpotensi menularkan virus. Efeknya perdagangan internasional jadi terhambat, tapi pasar lokal terbuka.

"Justru kelokalan itu akan tumbuh.
Blessing in disguise, dengan adanya pandemi ini, diharapkan kalau pemain lokal ini cepat menangkap peluang saya kira brand lokal pertumbuhannya akan lebih cepat, karena konsumen lebih suka sourcing-nya yang dekat," jelasnya.

Diingatkan oleh Yuswohady, bagi para UMKM bahwa ini adalah kesempatan dan momentum yang baik bagi brand lokal agar bisa kembali melawan brand global. Jangan pesimis melihat pandemi, karena akan memunculkan peluang-peluang bisnis baru yang menguntungkan bagi UMKM lokal. 

Di tengah keadaan yang berubah karena pandemi, penting bagi para pebisnis untuk bisa beradaptasi agar lebih relevan dengan situasi. Banyak adaptasi yang perlu dilakukan oleh para wirausahawan dan pendekatan bisnis pun turut mengikuti keadaan. Baik itu dari segi menjalankan bisnis maupun bagaimana berkomunikasi dengan konsumen mengikuti perubahan pola konsumsi masyarakatnya.

Untuk membantu para wirausaha wanita mengembangkan bisnisnya, mulai Mei hingga September 2020 ini, beragam talkshow akan dipublikasikan secara Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina. Sejumlah pakar dan para wanita wirausaha sukses di berbagai bidang akan membagikan ilmu mereka secara cuma-cuma.

Untuk diketahui,
Potensi Bisnis Setelah COVID-19* adalah virtual talk kolaborasi kedua antara #SheMeansBusiness Facebook dan Wanita Wirausaha Femina. Sebelumnya, virtual talk mengangkat tema Last Minute Shopping* yang membahas tentang cara meningkatkan penjualan jelang Hari Raya. (*Semua tayangan live talkshow bisa diakses di galeri video Facebook Pages Wanita Wirausaha Femina).

Sejak tahun 2019, Wanita Wirausaha Femina telah bekerjasama dengan #SheMeansBusiness Facebook menggelar workshop untuk UMKM wanita di kota-kota di Indonesia. Tahun ini, mengikuti kondisi masyarakat, workshop offline tersebut berpindah platform, dilaksanakan di ruang digital lewat Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina. 

Diharapkan melalui berbagai
talkshow virtual yang diadakan dengan menghadirkan sejumlah pembicara inspiratif ini, dapat memberikan pengetahuan, jaringan, keterampilan serta teknologi yang dibutuhkan para wanita wirausaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka. 

Dan Anda pun bisa mendapatkan keistimewaan untuk bergabung di
Facebook Group Wanwir Mahir Digital, dimana menjadi wadah bagi wanita wirausaha untuk berjejaring dan mendapatkan ilmu-ilmu digital marketing baru guna mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Ayo segera gabung di FB Group Wanwir Mahir Digital, caranya:

1. Klik link https://www.facebook.com/groups/wanwirmahirdigital/
2. Klik permintaan JOIN GROUP
3. Lalu ISI DATA USAHA yang diminta (wajib diisi)
4. Klik Setuju (Agree) rules admin
5. Tunggu approval dari Admin Femina


 
BACA JUGA : 
Maksimalkan Penjualan Online Selama Masa COVID19 untuk Lancarkan Bisnis
Linda Anggrea, Pendiri Buttonscarves Andalkan Facebook untuk Memperluas Pasar
Jangkau Calon Pelanggan Lebih Luas, Pasang Iklan di Media Sosial



 


Topic

#corona, #newnormal, #wanwir, #facebook, #mahirdigital, #shemeansbusiness