Trending Topic
Meningkatkan Nilai Bisnis bagi Wanita Wirausaha

22 Nov 2019


Foto: NORA

Mengangkat tema Profit with Purposes, Indonesian Women's Forum 2019 pada hari kedua menghadirkan perbincangan menarik mengenai peningkatan nilai bisnis yang dimiliki wanita wirausaha. Sesi ini digawangi oleh Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ari Satria, S.E., M.A., Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, dan tiga wanita finalis #SheMeansBusiness. 

#SheMeansBussiness adalah forum pelatihan dan pengembangan bisnis bagi wanita Indonesia yang diinisiasi oleh Facebook Indonesia bekerja sama dengan Femina.  Petty S. Fatimah., Editor in Chief Femina dan Editorial Director PT Dinamika Sejahtera yang menjadi moderator pada sesi konferensi ini mengatakan bahwa masih ada masalah utama yang dimiliki oleh wanita wirausaha saat menjalankan bisnis. "Dua masalah besar yang dihadapi oleh para wanita wirausaha di Indonesia adalah lack of business knowledge dan lack of network, "ujarnya.

Ruben Hattari mengatakan bahwa melalui #SheMeansBusiness, Facebook Indonesia berusaha menjawab masalah yang dikemukakan oleh Petty sebelumnya. Mereka memberikan edukasi bisnis mengenai pengembangan produk sekaligus strategi memasarkan. Ruben mengatakan bahwa banyak produk kreasi wanita dalam negeri yang memiliki kualitas baik dan unik, akan tetapi biasanya terhambat lantaran masalah pemasaran.

Ruben memaparkan hasil riset yang diadakan oleh internal Facebook Indonesia bahwa,  92% setuju bahwa aplikasi-aplikasi facebook telah meluaskan pasar UKM dan 75% setuju bahwa aplikasi-aplikasi facebook mengurangi biaya pemasaran.

Ruben memberi bocoran bahwa salah satu kunci meningkatkan nilai bisnis adalah dengan memiliki akun Facebook Business Manager atau Business Account Instagram. Menurutnya di dalam akun bisnis tersebut, sudah ada perangkat-perangkat yang mempermudah produsen untuk lebih menemukan pasarnya.

 
Foto: NORA

Ruben berpesan agar para wanita wirausaha membuat konten yang menarik dan melakukan branding yang memikat. "Kita harus membuat cara bagaimana untuk mengikat orang agar kembali lagi pada kita, "ujarnya.

Maya Donna, salah satu #SheMeansBusiness Hero, pemilik My Bakery Palembang mengamini apa yang dikatakan oleh Ruben. Ia menceritakan pengalamannya bahwa setelah membuka akun bisnis Facebook, My Bakery yang ia kelola mampu meraih omset hingga berkali-kali lipat dan lebih dikenal konsumen, bahkan sampai di luar Palembang.
 


Topic

#iwf, #iwf2019, #IndonesianWomensForum2019, #indonesianwomensforum, #SheMeansBusiness, #facebook