Foto: Shutterstock
Menjangkau calon pelanggan sesuai dengan segment pasar adalah sebuah keharusan dalam dunia usaha bila ingin usaha yang dijalankan ingin naik kelas. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media sosial seperti Facebook.
Apalagi dalam masa pandemi COVID-19 ini, pola permainan di dunia bisnis dari strategi marketing hingga consumer behavior telah berubah. Kebijakan physical distancing atau social distancing membuat konsumen lebih banyak berada di rumah dan pergerakannya menjadi terbatas.
Memaksimalkan penggunaan media sosial dan fitur-fiturnya sebagai salah satu cara paling ampuh untuk menyasar konsumen di era sekarang ini.
Secara khusus Anda pun bisa membuat dan menggunakan Facebook Page (Halaman Bisnis Facebook). Layanan ini dulu dikenal sebagai Facebook Fanspage, dihadirkan oleh Facebook untuk tujuan bisnis atau komersial. Anda dapat mempromosikan bisnis dan produk Anda secara gratis atau berbayar dengan harga yang sangat terjangkau.
Namun, pada kenyataannya, masih banyak pelaku UMKM belum memaksimalkan fitur-fitur Halaman Bisnis Facebook. Padahal, Halaman Bisnis Facebook sangat membantu untuk mengenalkan atau meningkatkan penjualan.
Melihat pentingnya memaksimalkan penggunaan fitur-fitur Halaman Bisnis Facebook, maka Facebook #SheMeansBusiness dan Wanita Wirausaha Femina mengadakan Digital Marketing Online Training (webinar) dan disiarkan langsung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital dengan topik: Memulai Bisnis dengan Halaman Bisnis Facebook pada Selasa, 14 Juli 2020 lalu.
Selama kurang lebih satu jam, Rono Jatmiko, trainer dari Facebook Indonesia memaparkan tentang beberapa hal. Pertama tentang fitur-fitur Halaman Bisnis Facebook. Kedua, berkomunikasi dengan pelanggan. Ketiga, mengelola dan mengukur halaman.
“Saat ini masih banyak pelaku UMKM masih mengandalkan Facebook profil pribadi. Padahal, fitur-fitur pada profil pribadi sangat terbatas. Pada profil pribadi, teman pun hanya bisa maksimal 5000. Sementara, pengusaha membutuhkan target pasar yang luas,” kata Rono membuka sesi webinar yang diikuti oleh 158 orang peserta ini.

Foto: Dok. Femina Media
Rono memaparkan, pada Halaman Bisnis Facebook, ada beragam fitur untuk digunakan dalam mengembangkan usaha yaitu, fitur admin, event, lowongan kerja, penjadwalan postingan, balasan instan, dan fitur insight (wawasan).
Khusus bagi yang memiliki beragam jenis bisnis dan ingin mengelola Halaman Bisnis Facebook-nya dalam satu aplikasi, bisa menggunakan aplikasi Facebook Page Manager yang dapat diunduh di perangkat berbasis Android atau iOS. Dalam aplikasi ini, banyak hal yang bisa dilakukan seperti membalas pesan instan dan membalas direct message (DM) dari Instagram bisnis yang sudah terhubung dengan Halaman Bisnis Facebook.
Bagi pengusaha yang tidak bisa mengelola Halaman Bisnis Facebook, dapat menambahkan orang lain pada fitur admin sebagai pengelola.

Foto: Dok. Femina Media
Rono menambahkan salah satu kunci sukses pebisnis yang mengandalkan pemasaran online, terutama lewat media sosial adalah komunikasi dua arah. Di Halaman Bisnis Facebook, produsen dan konsumen dapat melakukan komunikasi secara dua arah.
“Untuk membangun komunikasi dua arah ini, maka perlu untuk rutin dan teratur memposting konten yang berkaitan dengan bisnis, menarik, dan bermanfaat. Konten sendiri ada tiga elemen, yaitu teks, video dan foto,” ujarnya.
Fitur terakhir yang dijelaskan Rono adalah mengelola dan mengukur halaman. Ia menuturkan bahwa seperti halnya toko offline, pada Halaman Bisnis Facebook, sangat penting bagi seorang pengusaha untuk mengetahui kapan tokonya ramai kapan (hari dan jam) dan siapa yang datang (jenis kelamin dan rentang usia).
“Data-data ini bisa diakses pada fitur insight (wawasan). Data itu nanti menjadi pedoman bagi pengusaha untuk membuat konten dan cara komunikasi yang sesuai atau dekat dengan pelanggan,” katanya.
Untuk diketahui, Digital Marketing Online Training dengan topik Luaskan Pasar Dengan Facebook Ads adalah online training perdana dari kolaborasi #SheMeansBusiness Facebook dan Wanita Wirausaha Femina.
Sejak tahun 2019, Wanita Wirausaha Femina telah bekerjasama dengan #SheMeansBusiness Facebook menggelar workshop untuk UMKM wanita di lima di Indonesia. Tahun ini, mengikuti kondisi masyarakat, workshop offline tersebut berpindah platform, dilaksanakan di ruang digital lewat Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina. Dan sejak bulan Maret 2020, Facebook telah melakukan online training yang menjangkau hingga 26.696 pemirsa.
Diharapkan melalui online training yang diadakan dengan menghadirkan pelatih-pelatih dari Facebook di Indonesia, dapat memberikan pengetahuan, jaringan, dan keterampilan di bidang teknologi yang dibutuhkan para wanita wirausaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka.
Dan Anda pun bisa mendapatkan keistimewaan untuk bergabung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital, dimana menjadi wadah bagi wanita wirausaha untuk berjejaring dan mendapatkan ilmu-ilmu digital marketing baru guna mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Ayo segera gabung di FB Group Wanwir Mahir Digital, caranya:
1. Klik link https : //www.facebook.com/groups/wanwirmahirdigital/
2. Klik permintaan JOIN GROUP
3. Lalu ISI DATA USAHA yang diminta (wajib diisi)
4. Klik Setuju (Agree) rules admin
5. Tunggu approval dari Admin Femina. (f)
Baca Juga:
Ini Karakteristik yang Dibutuhkan Para Pebisnis dalam Menghadapi Masa Sulit
Bisnis Berdampak Sosial Lebih Disukai, Ini Manfaatnya Bagi Bisnis Anda
Pola Konsumsi Masyarakat Berubah Pasca Pandemi COVID-19, Ini yang Perlu Diperhatikan UMKM
Topic
#shemeansbusiness, #facebook, #wanwirfemina