Trending Topic
Bangga, 3 Mahasiswi Indonesia Juarai Kompetisi Inovasi Tingkat Dunia

6 Jul 2022

Ilmuwan muda
Foto: Dok. L'Oreal Indonesia


Prestasi tiga mahasiswi Indonesia yaitu Angela Thrisananda Kusuma (School of Business Management ITB); Salma Yasyifa (Fakultas Sains dan Teknologi Farmasi, Sekolah Farmasi ITB); dan Yumna Dzakiyyah (Teknik Elektro di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB) yang tergabung dalam tim bernama Mon Soleil ini sangat membanggakan. 

Dengan latar belakang keilmuan yang beragam, ketiganya berhasil menjuarai ajang kompetisi inovasi terbesar berskala internasional, L’Oréal Brandstorm 2022. Prestasi tim Mon Soleil menjadi semakin istimewa karena di babak final kategori bergengsi ‘Tech Track’ berhasil mengungguli tim yang berasal dari negara dengan basis teknologi terdepan, yakni Amerika Serikat dan Italia. 

Temuan yang membawa ketiganya keluar sebagai Pemenang diberi nama “HyperSync” yang memanfaatkan teknologi untuk menghubungkan hormon dengan serum yang sesuai kebutuhan kulit. 

“Kami bangga bisa mewakili dan mengharumkan nama Indonesia melalui L’Oréal Brandstorm 2022. Mendapat kesempatan untuk mengusung gagasan kami ke kancah Internasional merupakan sebuah pencapaian yang sangat kami syukuri. Semoga inovasi kami, HyperSync, bisa memberikan manfaat nyata bagi masa depan industri kecantikan,” kata Angela Thrisananda Kusuma, mewakili Mon Soleil.

L’Oréal Brandstorm yang tahun ini mengusung tema “Disrupt Beauty 2030”, diharapkan dapat melahirkan serangkaian inovasi sebagai solusi masa depan untuk permasalahan sosial yang dihadapi oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam dunia kecantikan. 

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, L’Oréal Brandstorm 2022 terbuka bagi seluruh bidang studi dan menerima peserta dengan batas usia hingga 30 tahun. Selain itu, mulai tahun ini juga ada tiga kategori yang dipertandingkan yaitu “Inclusion Track” mengemukakan produk dan jasa yang dapat mendukung inklusivitas di dunia kecantikan; “Green Track”menciptakan sebuah solusi yang semakin berkelanjutan bagi dunia kecantikan; dan “Tech Track”merevolusi dunia kecantikan dengan bantuan teknologi. 

Ajang ini mendapat antusiasme besar dari generasi muda Indonesia. Terbukti dari jumlah peserta tingkat nasional di Indonesia yang melebihi angka 1.500 dan lebih dari 83.000 peserta secara global.

Indonesian pride! L’Oréal Indonesia sangat bangga dengan prestasi yang diukir tim Mon Soleil dari Indonesia di ajang Brandstorm tingkat internasional tahun ini. Ini adalah kemenangan kedua dari perwakilan Indonesia setelah sebelumnya pada tahun 2019 perwakilan Indonesia juga berhasil menang di tingkat internasional. Kita kembali membuktikan bahwa talenta muda Indonesia bisa bersaing di level dunia dan inovasi yang dihasilkan talenta-talenta terbaik Indonesia ini dapat mendorong transisi menuju masa depan yang lebih baik dari aspek sosial, teknologi, maupun lingkungan,” ujar Umesh Phadke, President Director L’Oréal Indonesia.

Selain Mon Soleil, Indonesia juga mengirimkan wakil di kategori Inclusion yaitu Stealth Squad dari ITB dengan inovasinya SunQuare terkait sinar UV untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif terhadap matahari seperti pengidap albino dan vitiligo. 

Sementara untuk kategori Green, Indonesia diwakili oleh tim Musaceae dari Indonesia International Institute for Life-Sciences (i3L) dengan inovasinya yang menggunakan Banana Pseudostem dalam memberikan alternatif baru untuk kertas minyak yang terbuat dari selulosa

Ketiga tim mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari para ahli dari L’Oréal di bidangnya untuk menghadapi tahap semifinal internasional pada bulan Mei 2022 dan akhirnya Mon Soleil berhasil masuk sebagai perwakilan Indonesia di final internasional pada 1 Juli 2022.

Prestasi tim Mon Soleil menjadi bukti kapasitas perempuan Indonesia di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika (science, technology, engineering and mathematics/STEM). (f) 



Baca Juga: 
Cinta Laura Bicara Mengenai Women Empowerment
Wawancara Eksklusif Bersama Carina Joe: Ilmuwan Muda Indonesia di Tim Peneliti Vaksin COVID-19 Oxford-AstraZeneca
Sharlini Eriza Putri, Lahirkan Inovasi Dari Empati


Faunda Liswijayanti


Topic

#ilmuwan, #ilmuwanmuda

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?