Foto: Dok. Atsiri diSarinah
Sejak resmi kembali dibuka pada Maret lalu, Sarinah menjadi salah satu destinasi yang sedang hype di Jakarta saat ini. Menyasar generasi muda ibu kota, Sarinah dengan wajah baru menjadi pilihan lokasi yang tepat untuk hangout. Mengusung konsep Panggung Karya Indonesia, Sarinah juga memiliki latar belakang historis yang panjang dalam memperkenalkan produk-produk lokal ke pasar global.
Terbaru, telah hadir di Sarinah, wellness destination untuk warga Jakarta yang padat aktivitas, Atsiri diSarinah. Atsiri diSarinah merupakan perpanjangan dari Rumah Atsiri Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1963, di daerah Karanganyar, Jawa Tengah.
Menurut Founder Rumah Atsiri Indonesia, Natasha Clairine, Atsiri diSarinah merupakan aromatic wellness playground pertama di Indonesia yang memperkenalkan kekayaan aroma nusantara. “Cikal bakal Rumah Atsiri sudah ada sejak tahun 1963 dan Sarinah dibangun tahun 1962, jadi ada kedekatan, sisi sisterhood, inilah yang kemudian membawa Atsiri diSarinah ini hadir. Selain, tentunya mendekatkan juga Atsiri dengan konsumennya yang lebih dari 60 persen berasal dari Jakarta,” ungkap Natasha dalam acara Pembukaan Atsiri diSarinah pada Kamis (2/6/2022).
Hadir pula dalam acara peresmian Atsiri diSarinah, Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki Leonard Theosabrata, Komisaris PT Sarinah, Fetty Kwartati, Direktur Utama PT Sarinah, Raden Prisya, Mindfulness & Well Being Coach, dan Andien Aisyah, Healthy Lifestyle Enthusiast & Public Figure.
Foto: Dok. Atsiri diSarinah
Atsiri diSarinah memiliki luas 300meter persegi merupakan miniatur Rumah Atsiri dengan konsep yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar lebih muda, “Kami mencoba mengedukasi masyarakat muda tentang kekayaan minyak atsiri nusantara dengan pendekatan yang playful (menyenangkan) dan eksperimental,” ungkapnya.
Terletak di Lantai 5 Gedung Sarinah, pengunjung bisa menjelajah tiga pengalaman sekaligus. Pertama, mini museum atsiri yang interaktif. Pengunjung diajak mengenal lebih dekat aneka tanaman aromatik yang ditanam dengan cara kokodema. Ada juga ruangan aura, dimana pengunjung bisa melihat aura berdasarkan aroma sesuai kepribadian. Sebelumnya pengunjung bisa mengisi sebuah kuis untuk mengetahui aroma kepribadiannya.
Kedua, pengalaman bersantap di Atsiri Eat. Di sini telah disiapkan aneka set menu yang sudah disesuaikan dengan wellness plate ratio. Suasana resto pun dibuat aromatik, dengan meja yang dipenuhi aneka tanaman kering aromatik.
Ketiga, Atsiri Shop, yang tentu saja menjadi pusat penjualan aneka produk Rumah Atsiri Indonesia, dari minyak essential oil hingga produk teh dan camilan. Bahkan di sini, pengunjung bisa membuat sendiri racikan produk sesuai dengan kepribadian dari preferensi diri sendiri. Ada puluhan aroma yang bisa Anda jelajahi dengan indra penciuman.
Foto: Dok. Atsiri diSarinah
Meski memiliki konsep berbeda dengan Rumah Atsiri yang terletak di kaki Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah pengunjung Atsiri diSarinah tetap bisa merasakan pengalaman aromatik yang utuh. Sekaligus menjadi salah satu tempat alternatif untuk menenukan kembali mindfull living.
Menteri Teten dalam sambutannya menyebutkan sektor wellness saat ini menjadi salah satu sektor yang sangat menjanjikan dan berpotensi mendatangkan nilai ekonomi yang besar. “Geliat pasar wellness ini membuka peluang, bukan tidak mungkin Indonesia dapat menjadi sektor wisata kesehatan yang unggul bahkan di pasar Global. Kehadiran Atsiri diSarinah dapat menjadi destinasi baru Aromatic Wellness di Ibukota yang mengusung potensi kearifan lokal nusantara,” jelas Teten.
Dalam kesempatan yang sama Fetty Kwartati, Direktur Utama PT Sarinah, juga menyampaikan apresiasi atas kehadiran Atsiri diSarinah yang semakin melengkapi deretan brand lokal unggulan. “Sarinah yang telah bertransformasi, salah satu pilar utamanya adalah menyediakan wadah kreasi brand lokal keren termasuk produk gaya hidup dan wellness, terutama yang konten lokal kreasinya khas bahan-bahan nusantara. Atsiri adalah salah satu brand lokal unggul yang cocok dengan portfolio tenant Sarinah, apalagi brand ini telah berkualitas global dan bisa menjadi salah satu primadona wellness brand global. Kami bangga dapat bermitra dengan Atsiri dan berharap usaha ini berlanjut, kolaboratif, dan berkembang secara global,” jelas Fetty.
Foto: Dok. Femina
Sebagai informasi, Rumah Atsiri Indonesia merupakan transformasi dari pabrik Citronella, pabrik penyulingan terbesar di Asia dengan mimpi agar Indonesia menjadi produsen minyak atsiri yang diperhitungkan dalam industri global. Sejak tahun 2018, pabrik ini membuka pintu bagi pengunjung dan menjadi sebuah destinasi aromatic wellness berkelas dunia.
Rumah Atsiri Indonesia menjadi tempat bernaungnya berbagai kegiatan terkait minyak atsiri dan wellness yang senantiasa berusaha mengembangkan produk turunan dan menyediakan fasilitas keramahtamahan untuk menunjang harmonisasi tubuh, jiwa, dan spiritual melalui pengalaman aromatic sensory.
Tertarik menjelajah Rumah Atsiri di Jawa Tengah, coba dulu kunjungi Atsiri diSarinah, yang akan memberikan pengalaman wellness di tengah hiruk pikuk Ibu Kota. (f)
Baca Juga:
Yuk, coba Pijat Kaki Di Rumah
Usir Nyamuk di Rumah dengan Tanaman Lavender, Serai dan Akar Wangi
Cegah Sakit dengan Terapi Warisan Nabi
Faunda Liswijayanti
Topic
#minyakatsiri, #sarinah, #wellness, #healing, #jakarta, #essentialoil