
Foto: Dok. McDonald's Indonesia
Dijual habis di beberapa negara, BTS Meal hadir sebagai menu kolaborasi yang amat ditunggu ARMY. Gegap gempitanya pun menyita perhatian lini masa hari peluncurannya di Indonesia dengan berbagai pro-kontra.
Apa sih yang membuatnya spesial? Sebelum Anda berkomentar, ada baiknya simak 7 fakta BTS Meal di Indonesia yang telah Femina rangkum ini.
1. Terdiri dari makanan favorit BTS

Foto: Dok. McDonald's Indonesia
Apa sih isinya? Isi BTS Meal adalah McNuggets, Medium Cola, Medium French Fries, Sweet Chili sauce, dan Cajun Sauce. Pada rilis yang Femina Terima, McDonald’s Indonesia mengatakan bahwa BTS Meal adalah menu favorit dari para personil BTS!
Buat para ARMY pasti paham betul kalau Kim Taehyung atau yang dikenal dengan nama panggung V BTS amat menggemari Oreo McFlurry McDonalds. Lantas mengapa Oreo McFlurry tidak termasuk di BTS Meal?
Menurut Femina, menu seperti McNuggets dan kentang goreng bisa lebih mudah untuk berbagi, cocok untuk grup dengan anggota 7 orang seperti BTS. Terlebih untuk disandingkan dengan dua saus spesial Sweet Chili dan Cajun yang terinspirasi dari menu khusus McDonald’s Korea Selatan.
Tak heran bila BTS yang merupakan duta budaya termuda peraih gelar Hwagwan Order of Cultural Merit dari pemerintah Korea Selatan ini memilih McNuggets dan kentang goreng yang cocok dicocol ke saus khas McDonald’s Korea Selatan. Bahkan para pegawai McDonald’s di seluruh dunia mengenakan seragam khusus dengan aksara Korea loh!
2. Memiliki kemasan khusus berwarna ungu

Foto: McDonald's Indonesia
Warna ungu memang identik dengan BTS. Hal ini bukan tanpa sebab, V BTS berfilosofi bahwa Ungu sebagai warna terakhir dari pelangi sekan sebuah janji untuk saling percaya dan mencintai untuk waktu yang lama. Semenjak itu ungkapan ‘borahae’ ataupun ‘I purple you’ selalu menghiasi lini masa para ARMY di seluruh dunia. Tentunya selain berwarna ungu, kemasan BTS Meal di Indonesia juga berbubuhkan logo halal.
Banyak yang beranggapan bahwa menu ini hanya sekadar kemasannya yang beda, padahal memang itu yang ARMY cari. Kemasan ungu ini memang menjadi benda ikonik mengingat harga merchandise BTS lainnya yang boleh dikatakan sulit dijangkau harganya untuk mayoritas ARMY dimana pun. Jadi tak heran bila terjadi antrean panjang untuk mendapatkannya ataupun beberapa oknum yang melihat peluang bisnis untuk menjual kembali kemasan yang banyak dilirik untuk menjadi koleksi ini.
Walaupun memang dikatakan BTS Meal hanya tersedia selama persediaan masih Ada, bukan berarti McDonald’s yang melihat antuasias para pembeli tidak akan menambah ataupun mencetak kembali kemasan ungu yang bahkan beberapa ARMY telah abadikan dengan bingkai dan pelindung kaca.
Banyak yang beranggapan bahwa menu ini hanya sekadar kemasannya yang beda, padahal memang itu yang ARMY cari. Kemasan ungu ini memang menjadi benda ikonik mengingat harga merchandise BTS lainnya yang boleh dikatakan sulit dijangkau harganya untuk mayoritas ARMY dimana pun. Jadi tak heran bila terjadi antrean panjang untuk mendapatkannya ataupun beberapa oknum yang melihat peluang bisnis untuk menjual kembali kemasan yang banyak dilirik untuk menjadi koleksi ini.
Walaupun memang dikatakan BTS Meal hanya tersedia selama persediaan masih Ada, bukan berarti McDonald’s yang melihat antuasias para pembeli tidak akan menambah ataupun mencetak kembali kemasan ungu yang bahkan beberapa ARMY telah abadikan dengan bingkai dan pelindung kaca.
3. Di Indonesia hanya dapat 9 McNuggets

Foto: Dok. McDonald's Indonesia
Nah, salah satu hal yang unik dari penjualan BTS Meal di Indonesia, adalah jumlah McNuggets yang hanya 9 buah dalam paketnya, sedangkan di mayoritas negara lain mendapatkan 10 buah McNuggets dalam paketnya.
Tak ada penjelasan resmi mengenai hal ini, tapi memang beberapa negara menjual McNuggets dalam paket 4 buah, 6 buah, 10 buah, bahkan beberapa negara menyediakan pilihan 20 dan 50 buah. Sementara itu, McDonald’s Indonesia menyediakan pilihan 4, 6, dan 9 buah dalam 1 paket. Jadi tak heran bila BTS Meal di Indonesia memiliki jumlah 9 buah McNuggets dalam 1 paketnya.
Hal ini jugalah yang membuat kemasan McNuggets yang hanya 9 ini menjadi unik dan semakin menjadi incaran para ARMY, bahkan dari luar negeri. Karena kemasan McNuggets BTS Meal dari Indonesia menjadi sebuah benda koleksi yang langka dan tidak mudah ditemukan di negara lain.
4. Menu paket kolaborasi McDonalds pertama yang dijual global

Foto: Dok. McDonald's Indonesia
Kalau kaget dengan gegap gempitanya serbuan ARMY untuk mendapatkan BTS Meal, sebenarnya ini bukan kali pertama McDonald’s berkolaborasi dengan selebriti. Pada tahun 1992, McDonald’s pernah melansir McJordan dengan menggaet legenda basket dan aktor, Michael Jordan. Namun McJordan memang hanya dipasarkan di McDonald’s cabang Chicago saja.
Pada tahun 2020, McDonald’s menggaet rapper Travis Scott dan penyanyi J Balvin untuk melansir menu favorit mereka yang dipasarkan dengan kemasan khusus. Keduanya hanya dipasarkan pada area Amerika Serikat saja. Alasan McDonald’s cukup sederhana, dari segi produksi mereka tidak perlu memberi pelatihan untuk membuat menu baru, karena set menu ini berdasarkan menu makanan dan minuman yang sudah ada di McDonald’s.
Baru tahun 2021 ini BTS Meal dihadirkan oleh McDonald’s untuk dapat dipasarkan di 50 negara, menjadikan BTS Meal sebagai menu kolaborasi McDonald’s pertama yang dipasarkan secara global. Terlebih, BTS yang kembali menapaki puncak billboard top 100 memang dikenal memiliki penggemar banyak di seluruh dunia, menjadikan keputusan McDonald’s ini sebuah langkah bisnis yang tepat.
5. Tidak bisa dibeli langsung!

Foto: Dok. McDonald's Indonesia
Kehebohan yang terjadi di beberapa gerai McDonald’s memang disayangkan. Nampaknya tim dari McDonald’s Indonesia cukup kewalahan dengan banjirnya antusiasme ARMY. Padahal sebagai pencegahan adanya penumpukan pembeli pada tiap gerai, McDonald’s Indonesia hanya melayani pembelian melalui sistem Drive Thru, pesan antar melalui aplikasi, Gofood, Grabfood, dan Shopeefood.
Sayangnya, pihak McDonald’s Indonesia kurang mengantisipasi adanya lonjakan pemesanan melalui ojol yang mengakibatkan tetap terciptanya kerumunan pada beberapa gerai dan berimbas ditutupnya beberapa gerai dengan alasan pelanggaran prokes.
Perlu diingat, BTS Meal dipasarkan selama satu bulan penuh, jadi Anda tidak perlu berebutan dan berlomba untuk mendapatkan menu spesial ini pada hari pertama. Anda dapat memesan menggunakan aplikasi McDonald’s yang memiliki fitur antrean virtual, memudahkan Anda dalam memesan dan menghindari penumpukan pada gerai. Bila tetap ingin memesan melalui jasa ojek online, sebaiknya Anda juga memikirkan waktu pemesanan diluar jam ramai untuk menghindari adanya tumpukan keramaian.
6. Ada Merchandise yang dijual khusus

Foto: McDonald's Indonesia
Anda termasuk yang kecewa karena menu BTS Meal tidak memberi foto ataupun mainan lucu di dalamnya? Jangan merasa tertipu, semua promo menu kolaborasi McDonald’s memang tidak termasuk merchandise apapun dari para selebriti terlibat. Penting untuk diingat, BTS Meal memang bukan Happy Meal yang dipasarkan dengan tambahan mainan anak di dalamnya. Meskipun tidak mendapatkannya di dalam paket BTS Meal, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan merchandise khusus.
Selain BTS Meal, BTS juga berkolaborasi dengan McDonald’s untuk melansir serangkaian merchandise yang dipasarkan khusus pada situs Weverse Shop, situs resmi penjualan berbagai pernak-pernik dari BTS. Jadi, Silahkan langsung cek kanal BTS pada aplikasi Weverse Shop untuk melihat berbagai atribut kolaborasi gemas yang bisa dipilih.
Bila Anda tertarik, sebaiknya segera membelinya karena beberapa item telah habis terjual. Jangan pula kaget dengan harganya, karena semua pernak-pernik BTS memang tergolong premium dan membuat Anda merogoh kocek agak dalam.
Selain BTS Meal, BTS juga berkolaborasi dengan McDonald’s untuk melansir serangkaian merchandise yang dipasarkan khusus pada situs Weverse Shop, situs resmi penjualan berbagai pernak-pernik dari BTS. Jadi, Silahkan langsung cek kanal BTS pada aplikasi Weverse Shop untuk melihat berbagai atribut kolaborasi gemas yang bisa dipilih.
Bila Anda tertarik, sebaiknya segera membelinya karena beberapa item telah habis terjual. Jangan pula kaget dengan harganya, karena semua pernak-pernik BTS memang tergolong premium dan membuat Anda merogoh kocek agak dalam.
7. ARMY galang dana untuk para pengemudi ojol

Foto: Dok. McDonald's Indonesia
Bila Anda masih merasa bahwa ARMY itu sekadar ABG fanatik yang kurang kerjaan, Anda perlu lebih membuka pikiran Anda. Selain komunitas BTS ARMY memiliki rentang usia yang luas, mereka juga kerap melakukan gerakan filantropi yang tak main-main.
Tercatat berbagai komunitas ARMY di Indonesia telah melakukan beberapa penggalangan dana secara online yang telah disalurkan untuk perlindungan satwa, penanaman pohon, bantuan anak yatim-dhuafa, bantuan sosial untuk korban bencana, penyaluran buku pelajaran ke pelosok, dan masih banyak lagi.
Aksi ini selaras dengan ARMY di belahan dunia lain yang kerap menyumbang untuk berbagai kesempatan seperti gerakan Black Lives Matter, penanganan COVID di India, gempa di Korea Selatan, dan masih banyak lagi. Tentunya hal ini didasari dari berbagai kerja sosial personil BTS sendiri yang banyak dicontoh para ARMY.
ARMY di Indonesia nampaknya cukup sadar untuk dapat mendapatkan BTS Meal, mereka akan amat bergantung pada jasa pengemudi ojek online yang mengantre lama di berbagai gerai. Maka dari itu, beberapa ARMY berinisiatif untuk menggalang dana yang nantinya akan dibelikan makanan dan minuman kecil untuk dibagikan bagi para pengemudi online yang mengantre untuk mereka.
“Niat awalnya kita hanya ingin meringankan dan menghargai kerja keras para ojol untuk mendapatkan BTS Meal, kita berniat menggalang dana sebesar sepuluh juta rupiah untuk dibelikan makanan dan minuman untuk langsung dibagikan,” ujar Hani, salah seorang admin BTS ARMY Indonesia yang membuka penggalangan di situs Kitabisa.
Hani pun tak menyangka bila keesokan harinya nominal yang terkumpul telah mencapai Rp157.000.000, jauh melebihi target perkiraan dan terus bertambah. Hani pun berharap dapat menjalin kerjasama dengan dua perusahaan ojek online besar di Indonesia untuk dapat mempermudah pembagian makanan dan sembako bagi para pengemudi, terutama mereka yang tercatat melakukan jasa dalam pembelian menu BTS Meal.
“Tapi, beberapa ARMY sudah membagikan air mineral, nasi bungkus, dan makanan ringan untuk para ojol yang mengantre. Sebagian nominalnya akan kami bagikan langsung dalam bentuk makanan, dan hingga kini sebagian besar sumbangan sedang kami bahas teknis pembagiannya,” Ujar Hani yang mengaku masih menggodok rencana pembagian bersama para rekannya. “Sepertinya akan dibagikan di beberapa titik atau beberapa kota besar,” lanjutnya.
Ojol memang profesi yang sentimental bagi para ARMY. Hal ini tak terlepas dari masa lalu Min Yoongi (SUGA BTS) yang pernah bekerja sambilan sebagai kurir pesan antar dikala masih menjadi trainee dan mengalami kecelakaan saat bekerja. Untuk itu, ARMY melakukan aksi solidaritas ini sebagai bentuk penghargaan terhadap profesi ojek online yang menjadi garda depan di masa pandemi ini sekaligus berterima kasih atas kerja keras mereka.
SUGA sendiri beberapa kali membuat bingkisan kecil dengan tulisan tangan pribadinya untuk para ARMY pada perayaan ulang tahunnya, jadi tak heran bila Anda melihat beberapa foto makanan kecil dan minuman untuk ojol dengan pesan menyentuh dari ARMY bersliweran di lini masa media sosial sejak BTS Meal dipasarkan.
Selaku admin BTS ARMY Indonesia, Hani pun berpesan untuk sahabat ARMY lainnya, “Jangan panic buying, dan sebisa mungkin memberikan reward untuk ojol, juga cari waktu yang santai agar tidak terjadi penumpukan,” ujarnya yang juga mengaku sengaja belum membeli BTS Meal pada hari pertama karena tahu akan adanya penumpukan pembeli. “Dan untuk para pengemudi online, stay safe walau padat di gerai McDonald’s, tetap jaga jarak, dan tetap semangat,” tutupnya pada Femina. (f)
Baca Juga
Viral! Ini Rasanya Saus Cajun dan Asam-Manis BTS Meal Kata Jurnalis Boga FeminaTercatat berbagai komunitas ARMY di Indonesia telah melakukan beberapa penggalangan dana secara online yang telah disalurkan untuk perlindungan satwa, penanaman pohon, bantuan anak yatim-dhuafa, bantuan sosial untuk korban bencana, penyaluran buku pelajaran ke pelosok, dan masih banyak lagi.
Aksi ini selaras dengan ARMY di belahan dunia lain yang kerap menyumbang untuk berbagai kesempatan seperti gerakan Black Lives Matter, penanganan COVID di India, gempa di Korea Selatan, dan masih banyak lagi. Tentunya hal ini didasari dari berbagai kerja sosial personil BTS sendiri yang banyak dicontoh para ARMY.
ARMY di Indonesia nampaknya cukup sadar untuk dapat mendapatkan BTS Meal, mereka akan amat bergantung pada jasa pengemudi ojek online yang mengantre lama di berbagai gerai. Maka dari itu, beberapa ARMY berinisiatif untuk menggalang dana yang nantinya akan dibelikan makanan dan minuman kecil untuk dibagikan bagi para pengemudi online yang mengantre untuk mereka.
“Niat awalnya kita hanya ingin meringankan dan menghargai kerja keras para ojol untuk mendapatkan BTS Meal, kita berniat menggalang dana sebesar sepuluh juta rupiah untuk dibelikan makanan dan minuman untuk langsung dibagikan,” ujar Hani, salah seorang admin BTS ARMY Indonesia yang membuka penggalangan di situs Kitabisa.
Hani pun tak menyangka bila keesokan harinya nominal yang terkumpul telah mencapai Rp157.000.000, jauh melebihi target perkiraan dan terus bertambah. Hani pun berharap dapat menjalin kerjasama dengan dua perusahaan ojek online besar di Indonesia untuk dapat mempermudah pembagian makanan dan sembako bagi para pengemudi, terutama mereka yang tercatat melakukan jasa dalam pembelian menu BTS Meal.
“Tapi, beberapa ARMY sudah membagikan air mineral, nasi bungkus, dan makanan ringan untuk para ojol yang mengantre. Sebagian nominalnya akan kami bagikan langsung dalam bentuk makanan, dan hingga kini sebagian besar sumbangan sedang kami bahas teknis pembagiannya,” Ujar Hani yang mengaku masih menggodok rencana pembagian bersama para rekannya. “Sepertinya akan dibagikan di beberapa titik atau beberapa kota besar,” lanjutnya.
Ojol memang profesi yang sentimental bagi para ARMY. Hal ini tak terlepas dari masa lalu Min Yoongi (SUGA BTS) yang pernah bekerja sambilan sebagai kurir pesan antar dikala masih menjadi trainee dan mengalami kecelakaan saat bekerja. Untuk itu, ARMY melakukan aksi solidaritas ini sebagai bentuk penghargaan terhadap profesi ojek online yang menjadi garda depan di masa pandemi ini sekaligus berterima kasih atas kerja keras mereka.
SUGA sendiri beberapa kali membuat bingkisan kecil dengan tulisan tangan pribadinya untuk para ARMY pada perayaan ulang tahunnya, jadi tak heran bila Anda melihat beberapa foto makanan kecil dan minuman untuk ojol dengan pesan menyentuh dari ARMY bersliweran di lini masa media sosial sejak BTS Meal dipasarkan.
Selaku admin BTS ARMY Indonesia, Hani pun berpesan untuk sahabat ARMY lainnya, “Jangan panic buying, dan sebisa mungkin memberikan reward untuk ojol, juga cari waktu yang santai agar tidak terjadi penumpukan,” ujarnya yang juga mengaku sengaja belum membeli BTS Meal pada hari pertama karena tahu akan adanya penumpukan pembeli. “Dan untuk para pengemudi online, stay safe walau padat di gerai McDonald’s, tetap jaga jarak, dan tetap semangat,” tutupnya pada Femina. (f)
Baca Juga
Tidak Hanya Aktivis, 5 Bintang K-Pop Ini Juga Peduli Lingkungan
Crash Landing On You, BTS, TREASURE, V BTS hingga Lee Min Ho, Jadi yang Terpopuler di Korea Selama 2020
Topic
#BTSMeal, #BTS, #McDonalds, #BTSARMY, #Koreancorner