
Dok. Pexels
Memasuki penghujung tahun 2018, Google Indonesia mengeluarkan Year in Search: Insight for Brands 2018 yang berisi seputar data dan panduan tentang konsumen online di Indonesia. Temuan yang menarik menyebutkan bahwa konsumen online di Indonesia adalah pembeli yang penasaran, lebih banyak mau dan tidak sabaran.
Konsumen kini juga lebih teliti saat memutuskan untuk membeli dengan melakukan penelusuran. Faktanya, 62% konsumen Indonesia menggunakan Google penelusuran untuk mencari informasi tentang produk dan layanan yang akan mereka beli. Berikut ini kata-kata yang paling sering digunakan dalam penelusuran di Google:
1/ Review
Kata kunci ini paling banyak digunakan netizen saat menelusuri Youtube. Kenaikan penelusuran kata kunci ini yang mencapai 1,4 kali tak lepas dari perilaku konsumen masa kini yang semakin cerdas saat melakukan belanja online. Kebanyak konsumen menggunakan penelusuran untuk membandingkan merek sekaligus mencari informasi lebih rinci tentang suatu merek.
2/ Promo
Siapa yang bisa menolak promo? Tak heran jika kata kunci ini juga menjadi satu dari beberapa kata lainnya yang digunakan netizen saat berselancar di Google. Bahkan, pertumbuhan penelusuran dengan menggunakan kata ‘Promo’ naik hingga 2,5 kali. Lewat penelusuran ini konsumen online ingin mencari diskon yang menarik serta harga yang kompetitif.
3/ Pengiriman Cepat
Ada kenaikan sebanyak 1,4 kali penelusuran untuk kata kunci ‘pengiriman cepat’. Hal ini menjadi gambaran konsumen kini yang mengharapkan pengalaman instan dan tanpa kendala termasuk dalam hal pengiriman cepat dan lancar.
4/ Terdekat
Kata ‘terdekat’ menjadi kata yang paling sering digunakan dalam penelusuran di Google sepanjang tahun 2018. Kenaikannya bahkan cukup signifikan hingga 12 kali dari sebelumnya. Hal ini bisa jadi didorong oleh semakin maraknya penggunaan jasa transportasi online untuk layanan pesan antar. (f)
Baca Juga:
Pengalaman, Kata Kunci Wisata Gastronomi
Pentingnya Entrepreneur Mengubah Pola Pikir Dari Offline Ke Online
IWF2018: Mendorong Wanita Agar Mandiri Ekonomi
Faunda Liswijayanti
Topic
#bisnis, #perilakukonsumen, #konsumenonline, #google