
Dok. Feny Mustafa
Tentu, impian bagi banyak pelaku Usaha Kecil dan Menengah adalah bisa mengekspansi bisnisnya lebih meluas. Membuat bisnisnya makin dikenal khalayak luas dan memiliki toko di kota-kota lain.
Namun, untuk bisa ekspansi bisnis secara meluas bukanlah perkara mudah. Butuh jalan yang panjang, persiapan yang tidak sedikit dan tentunya mental yang kuat jika menghadapi kegagalan. Banyak hal yang perlu dilakukan untuk bisa ekspansi bisnis dengan meminimalisir risiko yang ada.
Produk busana muslim Shafira yang didirikan Feny Mustafa pada tahun 1989 sendiri butuh persiapan yang tidak sedikit dan melalui jatuh bangun untuk bisa ekspansi hingga akhirnya memiliki 21 showroom di kota-kota besar di Indonesia. Ia pun turut mengembangkan bisnisnya dengan membuat label baru bernama Zoya Fashion dan Zoya Cosmetics yang kini tersebar di seluruh penjuru negeri dengan memiliki 120 showroom dari Sabang sampai Merauke.
Selama 31 tahun berdiri, hal yang dipahami oleh Feny dalam mendirikan perusahaannya menjadi begitu besar adalah bahwa bisnis itu seperti halnya ilmu sains. Terlebih lagi jika ingin mengekspansi bisnis ke pasar yang jauh lebih luas lagi.
“Kita harus mempelajari dulu bahwa ada hitung-hitungannya, harus survey dulu, baru kemudian membuka (toko) di kota lain. Jadi kita nggak akan tiba-tiba buka toko baru, tapi kita harus melihat pasarnya terlebih dahulu,” jelas Feny yang menggunakan jasa lembaga survey untuk lebih memahami kondisi pasar pada kota yang dituju.
Riset pasar penting dilakukan untuk melihat visibilitas seberapa optimis atau pesimis lingkungan tersebut terhadap produk yang akan dijual. Termasuk mengetahui perilaku konsumen agar bisa menyesuaikan penjualan produk di tempat yang akan disasar.
Kendati tiap tempat bisa memiliki perilaku konsumen atau hasil riset pasar yang berbeda-beda, namun Feny mengaku bahwa produk Shafira maupun Zoya yang ada di berbagai daerah ini memiliki harga yang hampir sama atau tidak jauh berbeda. Ini diakuinya menjadi kekuatan produknya dengan standar harga yang sama.
Namun di sisi lain, selama lebih dari 3 dekade berdiri, salah satu yang tak boleh dilupakan dalam langkah ekspansi bisnis adalah strategi pemasaran yang tepat. Diakui Feny, bahwa bisnis yang dibangunnya tersebut sudah melakukan pemasaran di berbagai platform yang ada. Mulai dari beriklan di televisi, media cetak hingga pemasaran online.
“Selama 31 tahun berdiri, penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp itu sangat membantu sekali dalam ekspansi bisnis. Dan lebih baiknya lagi adalah lebih murah dibandingkan zaman dulu,” tuturnya.
Ingin bisnis Anda naik kelas seperti Feny Mustafa? Dapatkan kesempatan untuk mengembangkan bisnismu dengan mengikuti Scale-Up Program persembahan Femina dan Facebook #SheMeansBusiness.
Segera daftarkan diri Anda dengan klik link berikut : https://bit.ly/3p0u0wv
(*) batas waktu pendaftaran : 27 November 2020
Program ini GRATIS dan hanya diperuntukkan bagi 100 wanita wirausaha yang akan dikurasi oleh tim Femina.
Syarat & Ketentuan Berlaku :
- Wanita Wirausaha / Business Owner kategori Fashion dan Food
- Usia minimal 21 tahun
- WNI, berdomisili di Indonesia
- Memiliki usaha aktif minimal 2 tahun
- Wajib memiliki izin usaha (NIB/CV/PT, dll)
- Memiliki karyawan minimal 3 orang
- Produk kreasi sendiri
- Aktif menggunakan Facebook & Instagram
- Mengisi formulir dengan lengkap dan bersedia mengikuti program Scale Up 6x dalam periode Desember 2020 - Februari 2021.
BACA JUGA :
Nilamsari Scale-Up Bisnis Kebab Turki Baba Rafi dengan Terapkan Sistem Franchise
Uma Hapsari Scale Up Bisnis Amazara dengan Mengembangkan Desain Produk
Kiat Quality Control Sebelum Ekspor dari 2 Wanita Wirausaha Sukses
Topic
#fenymustafa, #wanitawirausaha, #bisnis