Profile
2 Wanita Wirausaha Kenamaan Ungkap Kiatnya Ekspansi Bisnis hingga Ke Pelosok Negeri

13 Aug 2020


Dok. Feny Mustafa & Nilamsari




Tentu, impian bagi banyak pelaku Usaha Kecil dan Menengah adalah bisa mengekspansi bisnisnya lebih meluas. Membuat bisnisnya makin dikenal khalayak luas dan memiliki toko di kota-kota lain. 

Namun, untuk bisa ekspansi bisnis secara meluas bukanlah perkara mudah. Butuh jalan yang panjang, persiapan yang tidak sedikit dan tentunya mental yang kuat jika menghadapi kegagalan. Banyak hal yang perlu dilakukan untuk bisa ekspansi bisnis dengan meminimalisir risiko yang ada. 

Hal ini disampaikan oleh
Feny Mustafa (Founder Shafira, Zoya Fashion dan Zoya Cosmetics) dan Nilamsari (CEO dan Founder Kebab Turki Baba Rafi) pada di acara virtual talkshow kerjasama Wanita Wirausaha Femina dengan Facebook #SheMeansBusiness bertajuk Buy Local yang disiarkan di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina pada Selasa, 21 Juli 2020 lalu.

Produk busana muslim Shafira yang didirikan Feny pada tahun 1989 sendiri butuh persiapan yang tidak sedikit dan melalui jatuh bangun untuk bisa ekspansi hingga akhirnya memiliki 21 showroom di kota-kota besar di Indonesia. Ia pun turut mengembangkan bisnisnya dengan membuat label baru bernama Zoya Fashion dan Zoya Cosmetics yang kini tersebar di seluruh penjuru negeri dengan memiliki 120 showroom dari Sabang sampai Merauke.

Selama 31 tahun berdiri, hal yang dipahami oleh Feny dalam mendirikan perusahaannya menjadi begitu besar adalah bahwa bisnis itu seperti halnya ilmu sains. Terlebih lagi jika ingin mengekspansi bisnis ke pasar yang jauh lebih luas lagi. 

“Kita harus mempelajari dulu bahwa ada hitung-hitungannya, harus survey dulu, baru kemudian membuka (toko) di kota lain. Jadi kita nggak akan tiba-tiba buka toko baru, tapi kita harus melihat pasarnya terlebih dahulu,” jelas Feny yang menggunakan jasa lembaga survey untuk lebih memahami kondisi pasar pada kota yang dituju. 

Riset pasar penting dilakukan untuk melihat visibilitas seberapa optimis atau pesimis lingkungan tersebut terhadap produk yang akan dijual. Termasuk mengetahui perilaku konsumen agar bisa menyesuaikan penjualan produk di tempat yang akan disasar.

Kendati tiap tempat bisa memiliki perilaku konsumen atau hasil riset pasar yang berbeda-beda, namun Feny mengaku bahwa produk Shafira maupun Zoya yang ada di berbagai daerah ini memiliki harga yang hampir sama atau tidak jauh berbeda. Ini diakuinya menjadi kekuatan produknya dengan standar harga yang sama.

Namun di sisi lain, selama lebih dari 3 dekade berdiri, salah satu yang tak boleh dilupakan dalam langkah ekspansi bisnis adalah strategi pemasaran yang tepat. Diakui Feny, bahwa bisnis yang dibangunnya tersebut sudah melakukan pemasaran di berbagai platform yang ada. Mulai dari beriklan di televisi, media cetak hingga pemasaran online. 

“Selama 31 tahun berdiri, penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp itu sangat membantu sekali dalam ekspansi bisnis. Dan lebih baiknya lagi adalah lebih murah dibandingkan zaman dulu,” tuturnya.

Tak kalah hebatnya, Kebab Turki Baba Rafi adalah salah satu bisnis makanan franchise asal Indonesia yang berkembang sangat pesat dan cepat. Bagaimana tidak, sejak tahun 2003 didirikan hingga sekarang, Kebab Turki Baba Rafi sudah memiliki 1300 kedai di seluruh Indonesia dari Aceh sampai Papua, dan 68 outlet di 10 negara di dunia. Bahkan brand lokal ini didapuk sebagai brand dengan jumlah outlet terbanyak di dunia.


Nilamsari, CEO dan Founder Kebab Turki Baba Rafi, memaparkan bahwa salah satu modal yang menurutnya harus dimiliki oleh para pebisnis jika ingin mengekspansi usahanya, adalah niat dan harus kuat mental.

“Karena bisnis itu banyak celah jatuh dan bangun. Tapi ketika ada masa krisis, selalu ada peluang di sana,” ujarnya menekankan.

Sejak pertama berdiri, Nilam mengakui bahwa salah satu fokus dari Kebab Turki Baba Rafi adalah ingin mengekspansi bisnis dengan cara berbagi. Pasalnya ia mengerti betul bahwa jika ingin ekspansi bisnis dengan buka outlet sendiri, maka perkembangannya tentu akan lama, sedangkan mereka berlomba dengan waktu untuk semakin dikenal. Maka pada akhirnya, Kebab Turki Baba Rafi pun setuju untuk menggunakan sistem
franchise pada tahun 2007. 

“Basically franchise itu kan kita menjual IP (intellectual property) kita dengan menggunakan modal orang lain. Menggunakan nama, license dan knowledge kita yang sudah proven bisnisnya dan kita duplicate.” ujar Nilam lagi yang juga menggunakan media seperti kontainer sebagai tempat jual untuk meminimalisir risiko rugi. Apabila terjadi kerugian, tinggal pindah tempat tanpa harus meninggalkan toko jadi dengan biaya yang mahal.

Di sisi lain, berdasarkan pengalaman Nilam membesarkan Kebab Turki Baba Rafi, ada poin penting lainnya yang tak boleh ditinggalkan ketika harus ekspansi bisnis. Yaitu menggunakan platform media digital untuk mengenalkan produk ke pasar seluas-luasnya.

“Jauh lebih efektif menurut saya adalah memasarkan lewat website, media sosial seperti Facebook. Jadi kita punya alat untuk mengembangkan branding dari perusahaan kita selama 24 jam, setiap saat. At the end of the day, orang yang akan membuka Kebab Turki Baba Rafi adalah karena mencari kita melalui media sosial atau website,” papar Nilam yang mengaku penggunaan Facebook banyak membantu mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi.


Untuk diketahui, Buy Local adalah virtual talk kolaborasi kelima antara #SheMeansBusiness Facebook dan Wanita Wirausaha Femina. Sebelumnya, virtual talk mengangkat tema Peluang Ekspor untuk UKM* yang membahas tentang dampak pandemi COVID-19 terhadap peluang ekspor untuk UKM. (*Semua tayangan live talkshow bisa diakses di galeri video Facebook Pages Wanita Wirausaha Femina).

Sejak tahun 2019, Wanita Wirausaha Femina telah bekerjasama dengan #SheMeansBusiness Facebook menggelar
workshop untuk UMKM wanita di kota-kota di Indonesia. Tahun ini, mengikuti kondisi masyarakat, workshop offline tersebut berpindah platform, dilaksanakan di ruang digital lewat Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina. 

Diharapkan melalui berbagai
talkshow virtual yang diadakan dengan menghadirkan sejumlah pembicara inspiratif ini, dapat memberikan pengetahuan, jaringan, keterampilan serta teknologi yang dibutuhkan para wanita wirausaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka. 

Dan Anda pun bisa mendapatkan keistimewaan untuk bergabung di
Facebook Group Wanwir Mahir Digital, dimana menjadi wadah bagi wanita wirausaha untuk berjejaring dan mendapatkan ilmu-ilmu digital marketing baru guna mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Ayo segera gabung di FB Group Wanwir Mahir Digital, caranya:

1. Klik link di sini
2. Klik permintaan JOIN GROUP
3. Lalu ISI DATA USAHA yang diminta (wajib diisi)
4. Klik Setuju (Agree) rules admin
5. Tunggu approval dari Admin Femina

 


Topic

#wanwir, #mahirdigital, #facebook, #shemeansbusiness, #nilamsari, #fenymustafa