Money
Tingkatkan Peluang Lebih Dikenal dan Laris Dengan Mempelajari Insight Halaman Bisnis Facebook

9 Jul 2021


Foto: Shutterstock


Sudah beberapa waktu membuat dan mempromosikan Halaman Bisnis Facebook tapi rasanya ‘toko’ masih sepi-sepi saja? Atau sempat ramai tapi kemudian makin sepi? 

“Kegagalan UKM yang menggunakan Halaman Bisnis Facebook biasanya terjadi karena kurang konsisten. Semangat hanya di awal-awal membuat Halaman Bisnis Facebook, atau setelah mengikuti training, tetapi kemudian karena berbagai sebab semakin jarang membuat konten,” ujar Niko Atmaja, trainer dalam Online Training Digital Marketing Angkatan 3, Sesi 2 : Jangkau Pasar Global Dengan Strategi Insight Facebook Bisnis. Acara ini merupakan kolaborasi Wanita Wirausaha Femina dengan Facebook #shemeansbusiness dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tahun 2021, angkatan ke 3.

Menurut Niko, pelaku usaha harus konsisten memberikan konten yang menarik dan bermutu, serta membuat interaksi dengan pemirsa meningkat. Dengan demikian lambat laun pemirsa Anda akan bertambah dan penjualan pun ikut meningkat. Untuk meningkatkan kinerja Halaman Bisnis Facebook, Anda perlu mempelajari Page Insight atau Wawasan Halaman. 

Untuk melihatnya, Anda tinggal memasuki Halaman Bisnis Anda dan pilih tab Insight/Wawasan Halaman pada bagian menu. Anda bisa memantaunya lewat ponsel saat mobile atau desktop/laptop untuk melihat Wawasan Halaman yang lebih luas. 
Cara lain adalah melalui aplikasi Facebook Business Suite. Lewat aplikasi Facebook Business Suite, Anda bahkan bisa memantau Wawasan Halaman pada Halaman Bisnis dan Instagram Bisnis Anda sekaligus. 

Guna mendapatkan informasi yang lebih luas, Niko menyarankan untuk membuka Wawasan Halaman pada komputer desktop atau laptop. Di sini Anda akan mendapat gambaran besar tentang kinerja Halaman Bisnis Anda selama 28 hari terakhir. Begitu masuk ke Wawasan Halaman, Anda akan disajikan dashboard, berupa grafik kinerja Halaman Bisnis Facebook Anda, mulai dari jumlah follower, jumlah like, berapa lama postingan video Anda ditonton, juga berapa banyak orang yang tidak menyukai atau meninggalkan Halaman Bisnis Anda.
“Jika warna indikatornya masih hijau atau biru, Anda boleh tenang. Tapi jika sudah berwarna merah, itu adalah warning atau hati-hati. Kira-kira apa yang bisa segera diperbaiki dalam Halaman Bisnis Facebook Anda. Cara memperbaikinya, dengan membaca dan menganalisa informasi yang disajikan Wawasan Halaman,” ujar Niko. 

Berikut beberapa pengukuran yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki Halaman Bisnis Facebook Anda:
# Aktivitas Halaman
Halaman Anda akan dilacak oleh Facebook. Siapa saja yang suka (likes), pengikut (follower), dan tindakan apa yang dilakukan di Halaman Bisnis Anda (action to page). Perhatikan perbedaan antara suka dan pengikut. Bisa saja ia hanya suka tapi tidak jadi pengikut. Sebaliknya, bisa juga orang jadi pengikut tapi tidak suka halaman bisnis Anda. Pada kasus terakhir, ini biasa dilakukan kompetitor untuk mengamati bisnis serupa. 

Yang penting dilihat dari informasi ini bukan hanya siapa saja yang suka, tapi juga siapa yang batal suka. Jika pada suatu hari Anda menemukan banyak yang batal suka, ini bisa jadi indikator, konten apa yang tidak disukai pemirsa. Sebaliknya, kita juga bisa melihat apa yang menyebabkan konten kita disukai. 

Pada Wawasan Halaman Anda juga bisa tahu tombol Tindakan di Halaman mana yang paling disukai di Halaman Bisnis Facebook Anda. Apakah klik petunjuk arah, beli ke situs web, nomor telepon, percakapan lewat whatsapp, dan lain sebagainya. Indikator ini kita gunakan untuk menganalisa, kira-kira tombol ajakan bertindak apa yang paling berfungsi baik dan tepat untuk pemirsa Anda. Jika sudah tahu, Anda bisa mengatur ulang Halaman Bisnis Anda. 


# Penemuan
Di sini akan ditampilkan informasi bagaimana orang menemukan Halaman Bisnis Facebook Anda. Di dalamnya tercakup Jangkauan (reach) dan Tayangan Halaman (page views). 

Pada bagian Jangkauan kita bisa melihat jangkauan yang dihasilkan dari postingan kita, baik itu jangkauan yang organik dan yang berbayar.  Dengan melihat informasi ini Anda bisa membuat mengetahui apakah konten Anda sudah mencapai hasil yang Anda inginkan atau belum. Misal, Anda ingin membuat acara, tapi setelah beberapa waktu terlihat jangkauan organiknya tidak memuaskan, maka dari situ Anda bisa melakukan strategi lain untuk membuatnya menjangkau lebih luas. Misal, dengan menggunakan jangkauan berbayar atau membaginya lewat grup whatsapp. Setelah itu, Anda bisa memantau hasilnya kembali di Wawasan Halaman.

Lewat grafik Tayangan Halaman kita bisa melihat berapa banyak orang yang melihat Halaman Bisnis Facebook Anda. Selain tahu seberapa populer Halaman Bisnis Facebook Anda, lebih penting lagi untuk mengetahui dari mana orang tahu/ datang. Apakah dari Facebook, email blast yang Anda kirim ke banyak orang, dari mesin pencari, atau dari iklan yang Anda pasang di portal berita. Intinya, ini bisa menjadi indikator, sumber teratas orang menemukan Halaman Bisnis Facebook Anda. Misal, ini bisa jadi indikator untuk meneruskan memasang iklan di tempat yang sama. 


# Postingan Video
Anda akan diarahkan untuk masuk ke aplikasi Facebook Creator Studio, dimana Anda bisa melihat seluruh konten video yang Anda unggah dan bagaimana kinerjanya. Anda bisa melihat seberapa lama video Anda ditonton, video mana yang paling populer, bahkan pada detik keberapa biasanya orang cenderung berhenti menonton video Anda.  

Dari informasi yang didapat Anda bisa merancang strategi, video yang bagaimana agar ditonton orang lebih lama. Misal, dengan memasukkan elemen-elemen menarik pada seperti kalimat “Raih kesempatan mendapatkan voucher di akhir video.”
Anda juga bisa melihat pemirsa dan interaksinya. Jika tidak sesuai target pemirsa yang Anda tuju, ini bisa jadi pelajaran untuk memperbaikinya di lain waktu. 


# Post Insight & Audience Insight
Pada bagian Postingan, Anda bisa melihat semua postingan yang Anda buat, jangkauan, dan interaksi yang dihasilkan. Dari situ Anda bisa melihat postingan yang mana yang bisa memberi dampak pada Halaman Bisnis Facebook Anda, seperti yang paling banyak mendorong orang untuk melakukan tindakan seperti memutar video, mengunduh konten Anda, atau bertanya tentang produk Anda. Tentu ini yang paling Anda harapkan, bukan? 

Menurut data Facebook, 75% data yang lalu lalang tahun 2021 adalah data video. Niko pun menyarankan untuk menambah konten video jika ingin interaksi Halaman Bisnis Facebook Anda meningkat. “Salah satu informasi penting yang Anda bisa dapat adalah kapan waktu online pengikut Halaman Bisnis Facebook Anda, baik hari maupun jamnya. Dari situ Anda bisa tahu waktu posting yang paling tepat. Tentu saja dengan menggunakan fitur penjadwalan sesuai grafik yang Anda dapat.” Dari pengukuran ini Anda juga bisa tahu apakah pengikut Halaman Bisnis Facebook Anda betul-betul orang atau robot web. 


# Mengamati Gerak-gerik Kompetitor
Anda bisa masuk ke postingan populer dari Halaman yang Anda awasi. Dari situ Anda bisa belajar, konten apa yang banyak mengundang interaksi di Halaman Bisnis Facebook kompetitor. (f)


Baca Juga: 

5 Cara Optimalkan Akun Bisnis WhatsApp Untuk Mendongkrak Penjualan
Strategi Sukses Beriklan di Instagram Ads
6 Strategi Sukses Marketing dengan Akun Bisnis Instagram


Topic

#webinar, #onlinetraining, #digitalmarketing , #Facebook, #shemeansbusiness, #wanwir, #wanwirxfacebook, #bisnis, #feminalive