Money
Pahami Pemirsa di Halaman Bisnis Facebook

9 Jul 2021


Foto: Shutterstock


Setelah beberapa waktu membuat Halaman Bisnis Facebook, Anda tentu penasaran seperti apa perkembangan toko virtual Anda, bukan? Fitur Page Insight atau Wawasan Halaman bisa menjawab rasa ingin tahu Anda. 

Wawasan Halaman adalah salah satu fitur yang diberikan secara cuma-cuma bagi pelaku bisnis yang membuat Halaman Bisnis Facebook. Di sini Anda bisa memantau perkembangan dan kinerja Halaman bisnis Anda selama periode waktu tertentu, yatu hari ini, kemarin, tujuh hari terakhir, atau dua puluh delapan hari terakhir. 

“Banyak orang menganggap Insight atau Wawasan Halaman itu nggak penting. Setelah bikin Halaman bisnis Facebook dan konten, mereka tidak pernah melihat Wawasan Halaman. Padahal fitur ini penting sekali untuk mengukur sejauh mana keberhasilan Halaman Bisnis Anda. Apakah berhasil, apakah naik, apakah turun. Sempatkan untuk mengunjungi Wawasan Halaman Anda, mungkin tidak setiap hari, tetapi secara berkala, mungkin seminggu sekali, sebulan dua kali, tapi tetap dikunjungi,” ujar Niko Atmaja, trainer dalam Online Training Digital Marketing Angkatan 3, Sesi 2 : Jangkau Pasar Global Dengan Strategi Insight Facebook Bisnis. Acara ini merupakan kolaborasi Wanita Wirausaha Femina dengan Facebook #shemeansbusiness dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tahun 2021, angkatan ke 3.

Untuk melihatnya, Anda tinggal memasuki Halaman Bisnis Anda dan pilih tab Insight/Wawasan Halaman pada bagian menu. Anda bisa memantaunya lewat ponsel saat mobile atau desktop/laptop untuk melihat Wawasan Halaman yang lebih luas. 

Cara lain adalah melalui aplikasi Facebook Business Suite. Lewat aplikasi Facebook Business Suite, Anda bahkan bisa memantau Wawasan Halaman pada Halaman Bisnis dan Instagram Bisnis Anda sekaligus. 

Ada banyak hal yang bisa pelaku bisnis temukan dalam Wawasan Halaman. Niko menjelaskan, setidaknya ada tiga informasi penting yang bisa diketahui, yaitu informasi tentang demografi orang-orang yang mengakses Halaman Bisnis Facebook Anda, informasi tentang bagaimana pemirsa alias pengunjung toko Anda berinteraksi dengan Halaman Bisnis Facebook Anda, serta informasi tentang postingan mana yang memiliki kinerja paling baik berikut jangkauannya.

Layaknya seorang pemilik toko fisik yang terus memantau pengunjung, Wawasan Halaman secara otomatis membuat Anda bisa memantau siapa saja yang datang dan mengintip produk jualan, menyukai toko Anda, orang yang sekadar bertanya, hingga orang yang membeli produk yang Anda jual di Halaman Bisnis Facebook Anda. Anda juga bisa tahu dari kota dan negara mana saja mereka berasal. 

Seperti dikatakan Niko, pada survei internal yang dilakukan Facebook ditemukan fakta, 30% UKM yang memiliki Halaman Bisnis di Facebook punya pengikut dari negara lain. Ini tidak mengherankan, mengingat Facebook bisa diakses dari seluruh dunia. Jika Anda memiliki rencana melakukan ekspor, Anda bisa menjajaki pasar yang potensial dengan mengamati Wawasan Halaman. 

Selain itu usia, jenis kelamin, hingga minat dari pemirsa Halaman Bisnis Facebook Anda bisa diketahui dalam Ringkasan yang dilaporkan dalam Wawasan Halaman. Dengan mengetahui siapa dan bagaimana pemirsa Halaman Bisnis Facebook Anda, maka Anda bisa menyesuaikan konten, sehingga interaksi dengan pemirsa semakin meningkat, dan tentu saja harapannya ikut meningkatkan penjualan. (f)



Baca Juga: 
Pelaku UKM, Yuk, Cari Tahu Peluang Ekspor Produk Halal
Ekstrak Vanilla Ini Menjadikan Label Halal dan Keaslian Sebagai Unggulan
6 Strategi Sukses Marketing dengan Akun Bisnis Instagram



Topic

#webinar, #onlinetraining, #Facebook, #shemeansbusiness, #wanwir, #wanwirxfacebook, #digitalmarketing, #bisnis, #feminalive