Money
Ingin Dalami Peluang Bisnis Ekspor? Ini Tip Bagi Pemula

21 Aug 2021

Kiat ekspor UMKM
Foto: Freepik


Kini mengekspor produk keluar negeri tak lagi sulit. Itu sebabnya, para pebisnis lokal mulai melirik peluang untuk melebarkan sayap dengan menjual produknya ke negara lain. Apalagi banyak kemudahan dan dukungan yang diberikan oleh pemerintah agar para pelaku UMKM dapat Go Digital dan Go Global. Ada cukup banyak kebijakan pemerintah dalam menunjang kemudahan melakukan bisnis ekspor kepada pelaku usaha kecil, menengah, maupun perusahaan besar. Hal ini dikarenakan bisnis ekspor mendorong perekonomian negara.

Dalam pidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPD RI dan DPR RI tahun 2021 sebagai kegiatan rutin tahunan menjelang Perayaan HUT RI ke-76 pada Senin (16/8), Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa poin terkait bidang perekonomian, khususnya UMKM. Salah satunya adalah peningkatan kelas pengusaha UMKM. Dalam hal ini, perluasan akses pasar menjadi prioritas pemerintah.

Menurut Presiden, partisipasi UMKM dalam ekonomi digital sangat penting karena menjadi pintu UMKM untuk masuk dalam rantai perdagangan global. Pemerintah pun tengah giat mengangkat UMKM naik kelas lewat program-program kewirausahaan yang dilakukan bekerjasama dengan berbagai pihak. Tentunya ini angin segar bagi pelaku UMKM sekaligus kesempatan untuk meluaskan bisnis hingga pasar global.

Ingin bisnis Anda menjangkau pasar global? Terutama bagi pelaku UMKM yang masih pemula, jangan khawatir, saat ini ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa untuk memasarkan produk ekspor ke negara lain, bahkan dengan kuantitas yang hanya sedikit. Salah satu bisnis ekspor bermodal kecil yang sering ditemukan adalah ekspor produk kerajinan tangan.

Anda juga ingin mendalami peluang berbisnis ekspor? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan bisnis ekspor sebagai pemula.

1/ Pilih produk ekspor yang menjanjikan

Pelajari dan lakukan analisa produk secara detail dari mulai bahan baku, tempat penyimpanan, maupun cara penggunaannya. Sebaiknya Anda memilih produk yang tidak memiliki masa kadaluarsa atau yang waktu kadaluarsanya panjang, serta bisa digunakan atau dikonsumsi oleh orang dalam jumlah banyak. Anda juga bisa memilih produk yang proses penjualannya menggunakan sistem pre-order sebagai solusi minim modal.

2/ Tetapkan negara tujuan ekspor

Pilih negara berdasarkan karakter dan budaya masyarakatnya, atau yang Anda tahu pasti merupakan segmen pasar yang cocok dan akan menyukai produk yang Anda ekspor. Lakukan analisa pasar dan jika perlu informasi penjualan mengenai produk pesaing (jika ada), dan juga tata cara pelaksanaan ekspor di negara tersebut. Misalnya, peluang ekspor produk halal, tidak hanya ke negara-negara dengan mayoritas masyarakat beragama Islam tapi juga dapat mlirik negara-negara di luar itu, karena peminatnya produk halal cukup banyak. 

3/ Lengkapi dokumen ekspor

Jika dokumen yang Anda miliki tidak lengkap, ada kemungkinan produk Anda tidak bisa dipasarkan ke luar negeri. Dokumen ekspor yang lengkap, seperti invoice, packing list, dan bill of landing ini juga akan memudahkan proses administrasi ketika produk Anda memasuki negara tujuan. Selain itu penting juga untuk UMKM siap ekspor memiliki sertifikasi sesuai dengan produk yang Anda miliki, serta cari tahu juga sertifikasi apa saja yang diminta oleh negara tujuan ekspor Anda. 

4/ Daftarkan situs bisnis

Kemajuan teknologi membuat para pelaku UMKM jauh lebih mudah untuk memasarkan bisnisnya. Lengkapi informasi tentang produk yang Anda jual di situs bisnis sehingga bisa muncul di internet saat orang mencarinya. Daftarkan juga situs bisnis Anda ke dalam portal bisnis internasional adalah agar produk mudah ditemukan oleh calon pelanggan (importir). Buat katalog online yang menarik dengan mencantumkan informasi mengenai produk seperti deskripsi, harga, dan kontak.

5/ Ikut pameran produk ekspor

Mengikuti pameran produk ekspor dan menggunakan fitur business meeting yang disediakan oleh penyelenggara pameran produk ekspor sangat bermanfaat untuk memperkenalkan produk Anda kepada para pengunjung pameran yang sebagian besar adalah calon pembeli dari negara lain. Tak hanya brand awareness produk yang akan semakin meningkat, Anda juga dapat memperluas jaringan bisnis dan mendapatkan informasi yang valid seputar tata cara ekspor.

Selain itu, kini bergabung dengan e-commerce yang memiliki jaringan world wide juga membuka peluang dan memudahkan UMKM untuk masuk ke rantai pasar global. (f) 


Baca Juga: 
Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM di Pasar Ekspor
Pemenang Good Design Indonesia 2021 Siap Bersaing Menembus Pasar Ekspor
Strategi Tas Kulit Rorokenes Menembus Pasar Ekspor

 

 



Topic

#UMKM, #bisnisekspor, #ekspor