Health & Diet
Pendampiangan Patient Navigator Bantu Proses Pengobatan Pasien Kanker Payudara

28 Oct 2020


Foto: Freepik


Keberadaan Patient Navigator, yang terdiri dari mereka yang telah berpengalaman dalam penanganan kanker, sangat penting dalam mencapai misi untuk memastikan akses perawatan kanker yang layak dan tepat waktu bagi pasien kanker payudara.

Layanan Patient Navigation menjadi strategi penting dalam memajukan akses pasien terhadap perawatan kanker payudara yang berkelanjutan, mulai dari skrining, deteksi, diagnosis, perawatan dan seterusnya, termasuk bagi pasien HR positif, HER2 negatif yang merupakan kasus kanker payudara tertinggi di dunia.

Pasien yang terdiagnosa kanker menjadi lebih rentan stres dari biasanya. Faktor pemicunya beragam seperti perubahan pada dinamika keluarga; batasan-batasan asupan makanan, waktu dan fungsional; hambatan keuangan, perubahan dalam pekerjaan, hubungan dengan anak buah, perubahan peran, perubahan pada fungsi seksual, dampak obat-obatan, hingga bayangan akan kematian.

“Hal tersebut menjadikan pasien cenderung lebih pasif, sangat tergantung, oversensitif, menjadi manja, dan bahkan kerap bersedih,” jelas Yohana Domikus, M.Si, Psikolog, dalam paparannya tentang Konseling Pendampingan Pasien Kanker.

Lebih lanjut Yohana menjelaskan, “tantangan ini akan menjadi lebih ringan jika didukung oleh lingkungan yang membantu dari kesejahteraan fisik, psikologis, sosial dan spiritual yang dapat dilakukan oleh Patient Navigator, dan pengobatan oleh Tim Kesehatan.”

Prof. Dr. dr. Soehartati A. Gondhowiardjo, Sp.Onk.Rad(K), Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Onkologi Radiasi Indonesia (PORI) menjelaskan bahwa peran seorang Patient Navigator sangatlah sentral dalam memfasilitasi hubungan dengan pasien, komunitas dari berbagai lingkungan yang relevan, maupun dengan Tim Kesehatan.

Patient Navigator bisa siapa saja, mulai dari tenaga sosial, perawat, dokter, terapis, dan sukarelawan.  “Tugasnya mengkoordinasi proses mendapatkan beragam pelayanan, mulai dari transportasi, pembiayaan, akses terhadap obat, membuat janji dengan dokter, dan lain-lain,” jelas Prof. Soehartati.

Lebih lanjut, Prof. Soehartati menjelaskan bahwa Patient Navigator berperan dalam memberikan informasi, memfasilitasi kebutuhan pelayanan kesehatan, memfasilitasi untuk membuat keputusan, memberikan dukungan psikologis, membantu untuk mencarikan bantuan, hingga identifikasi dan mengembangkan community support.

“Dengan dukungan Patient Navigator, diharapkan pasien dapat meningkatkan kesiapan emosional dan informasi terkait pengobatan dan setelah pengobatan, meningkatkan kepercayaan pasien terhadap keberhasilan terapi, serta kepuasan terhadap pelayanan dan pengobatan, sehingga pasien lebih percaya diri dan memiliki harapan dengan adanya dukungan sosial,” ujar Prof. Soehartati.

Melihat pentingnya peran Patient Navigator sebagai faktor pendukung meningkatkan kualitas hidup pasien kanker, khususnya kanker payudara, Ketua Umum CISC (Cancer Information and Support Center Association), Aryanthi Baramuli Putri dalam rangka bulan Peduli Kanker Payudara, mengatakan CISC terus mengadakan pelatihan bagi peserta program Focus Group kanker payudara, untuk  menjadi Patient Navigator atau pendamping, sehingga pasien kanker payudara dapat hidup lebih berkualitas, berarti dan bersemangat.

Patient Navigation merupakan wujud peran serta masyarakat secara aktif dan kreatif, dengan pengetahuan yang dipelajari untuk disebarkan, melalui kerjasama yang lebih erat dengan semua stakeholder kanker, khususnya sesama pasien kanker payudara dan dokter onkologi untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker payudara,” ujar Aryanthi.

Saat ini CISC telah meluncurkan program pelatihan Patient Navigator secara virtual yang didukung Pfizer Indonesia untuk anggota yang berada di DKI Jakarta, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur. Rencananya pada tanggal 31 Oktober 2020 pelatihan ini akan berlangsung untuk wilayah Semarang, Yogyakarta, menyusul Batam, Padang, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, dan Manado.

Dalam pelatihan diberikan sejumlah tip sebagai Patient Navigator. Pertama, memahami dan berempati terhadap pasien serta menjadi pendengar yang aktif.  Kedua, mengajak patient group agar dapat saling mendukung. Ketiga, memotivasi dan  membantu pasien dalam merencanakan pengobatan yang benar sesuai saran dokter. Keempat, memberi masukan perencanaan pembiayaan pengobatan seperti syarat dan administrasi BPJS. Kelima, mendukung dan memberi masukan ke caregiver (keluarga) dalam membantu aktivitas sehari-hari pasien. Keenam,  memiliki kemampuan  komunikasi yang baik seperti berkomunikasi dengan layanan kesehatan. (f)


Baca Juga: 
Pola Hidup Sehat dan Bugar untuk Cegah Kanker
Hibah Bagi Rumah Sakit Kanker Dharmais Bantu Pasien Kanker Payudara
Stella McCartney Ciptakan Bra PostMastektomi


Faunda Liswijayanti


Topic

#kankerpayudara, #kanker