
Foto: Akun Youtube Resmi Margiela
Merasa tak cukup dengan sekadar video mode, couturier Tiongkok, Guo Pei, menambahkan sesi wawancara dan penjelasan koleksinya di awal presentasi. Setelahnya baru dilanjutkan dengan video mode di studio yang disusun secara artistik.
Sementara duo perancang mode adibusana dari Belanda, Viktor Horsting dan Rolf Snoeren, menggunakan sistem show digital seperti Alexis Mabille yang ditambah dengan penjelasan kedua perancang pada tiap look yang dipresentasikan. Unik!
Rumah mode Schiaparelli, kini dibawah arahan Daniel Roseberry yang masih berusia 33 tahun juga cukup menarik untuk disimak. Pasalnya, presentasi Schiaparelli musim ini hanya dalam bentuk ilustrasi saja, tanpa model sama sekali. Pendekatan yang sesuai untuk rumah mode Elsa Schiaparelli yang kerap berkolaborasi dengan para seniman-seniman surrealis di masanya. Hal serupa juga ditempuh rumah mode Ralph & Russo yang menggunakan model buatan grafis komputer. Canggih dan breaking boundaries.
Dari semua presentasi haute couture musim ini, mungkin presentasi dari rumah mode Margiela menjadi yang paling penting untuk disimak. Semenjak John Galliano ditahbiskan sebagai direktur kreatif pada 2014, rumah mode Martin Margiela yang dikenal misterius dan tertutup ini perlahan membuka diri terhadap kamera. Sebelumnya, nyaris tidak ada yang pernah tahu siapa gerangan direktur kreatif Margiela.
John Galliano melakukan proses kreatifnya untuk koleksi Maison Margiela Artisanal musim ini selama pandemi terjadi yang diabadikan dengan bantuan Nick Knight. Mulai dari footage rapat virtual dan situasi di rumah produksi pun kemudian ditayangkan sebagai film berdurasi hampir satu jam, yang mengulik dengan detail proses riset, pencarian referensi, hingga akhirnya menjadi potongan baju, fitting ke model, dan pengambilan gambar akhir. Sesuatu yang amat penting untuk disimak, terutama bagi para siswa sekolah mode. (f)
Baca Juga
Power Dressing di Masa New Normal
Loungewear, Baju Rumah Naik Kelas
Masker Adibusana Adrian Gan
Topic
#ModeFemina, #HauteCouture, #ParisCoutureAW2021, #COVID19, #DigitalFashionShow