
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya menjadi kampus pertama yang dikunjungi dalam rangkaian Roadshow Wajah Femina 2015, pada Senin (11/05). Selain dapat langsung mendaftar pemilihan Wajah Femina 2015, para mahasiswi juga mengikuti talkshow mengenai self branding yang tepat dalam dunia profesional.
"Karakteristik masing-masing pribadi yang berbeda, merupakan ciri khas yang bisa dijadikan sebagai personal branding bagi kita. Karakteristik itu bisa dilihat dari inner beauty, identitas diri, dan penampilan fisik," ujar Wahyu Wiwoho, fasilitator Talkinc., sekaligus produser dan news anchor di Metro TV.
Ia menambahkan, untuk menjadikan tampilan menarik, tak melulu berdasarkan dari mahalnya barang-barang yang kita pakai. "Yang penting rapi, bersih, dan enak dilihat. Ada baiknya menyesuaikan tampilan dengan bidang pekerjaan. Tampilan pekerja industri kreatif tentunya akan berbeda dengan pakaian yang dikenakan para pekerja di industri yang lebih formal,” paparnya.
Sedangkan menurut Harly Valentina Bastiaans, pemenang Best Presenting Wajah Femina 2012 yang ikut berbagi pengalamannya di dunia jurnalisme, mengungkapkan bahwa untuk memiliki personal branding yang kuat, bisa dimulai dengan menggali bakat dan potensi diri.
“Saya memperoleh bekal ilmu presenting ketika masa karantina, yang bisa diaplikasikan dalam profesi saya sekarang. Dan nama besar Wajah Femina, seakan menjadi jaminan, sehingga saya dipercaya membawakan suatu program acara,” jelas Harly yang kini menjalani kesibukan sebagai pembaca berita Reportase Trans TV.
Bersaing di dunia jurnalisme, Harly sadar harus terus belajar dan menantang diri. Ia pun tak ingin hanya dianggap sebagai ‘presenter salon’. “Meski baru 7 bulan, saya tak mau cuma jadi anak bawang yang tak punya value apa-apa. Dari awal saya sudah belajar membuat naskah dan ikut meliput dan tidak sekadar membaca berita saja,” ujar Harly.
Woro Hartari Trianti
Topic
#personalbranding