
Foto: Fotosearch
Ketika perusahaan terpaksa harus ditutup, PR juga memegang peranan penting sebagai ujung tombak proses komunikasi. Bedanya, mereka lebih diperlukan untuk komunikasi eksternal.
Seperti halnya HRD yang harus memantau pergerakan isu di internal perusahaan, tim PR atau divisi komunikasi perusahaan memiliki tugas memantau pergerakan isu sekaligus memberikan informasi-informasi yang positif kepada pihak luar, seperti pelanggan, klien, rekan bisnis, dan lainnya.
Dalam hal ini PR menjadi corong resmi perusahaan untuk menyampaikan isu-isu yang berkembang, diterapkan strategi komunikasi yang berimbang baik secara informatif maupun persuasi, dengan melihat siapa penerima pesannya dan tujuan apa yang ingin dicapai.
Meski begitu, komunikasi yang informatif akan lebih bermanfaat bagi pihak luar yang memang membutuhkan informasi seputar apa yang terjadi di lingkungan perusahaan.
Dalam hal ini, dibutuhkan penyampaian secara deduktif dimana komunikasi dibuka dengan poin-poin penting atau inti dari komunikasi secara berurutan. Barulah kemudian memberikan penjelasan lebih rinci dari tiap poin yang disampaikan. “Sebagai penutup, dan untuk menguatkan maksud dari pesan yang disampaikan, poin-poin yang sudah dijelaskan tadi, diulang kembali,” ungkap Ferry.
Setelah itu, ditentukan pilihan cara menyampaikan komunikasi eksternal tersebut, apakah dengan cara lisan atau tertulis. Apakah perlu media massa atau komunikasi dilakukan lewat situs resmi perusahaan. Jika lewat media massa, apakah dengan konferensi pers atau cukup menggunakan press release. Seorang leader PR yang baik, akan mempersiapkan semua detail strategi komunikasi ini dengan terencana dan bertahap.
Ketika Ford menutup unit usahanya di Indonesia awal tahun ini, maka untuk menginformasikan kepada pihak eksternal, dalam hal ini pelanggan, salah satu yang dilakukan FORD Indonesia adalah menyampaikan berita lewat website resmi perusahaan.
Pemberitahuan berupa surat yang ditandatangani oleh Managing Director Ford Indonesia ini tidak hanya menginformasikan tentang penutupan operasional termasuk penutupan dealership Ford, sekaligus juga menjelaskan tentang komitmen mereka untuk tetap menyediakan dukungan pelayanan, servis, dan garansi yang berkesinambungan. Dan ditutup dengan ucapan terima kasih atas dukungan yang sudah diberikan selama ini. Menurut Ferry, langkah yang dilakukan Ford Indonesia ini menjadi salah satu contoh strategi komunikasi yang baik yang dilakukan divisi PR pada situasi sulit.
Faunda Liswijayanti
Topic
#perusahaanditutup