
Foto: Fotosearch
Reyna – Jakarta
Menurut konsultan karier, Hayu Prima Indrastuti, setiap karyawan adalah brand ambassador dari perusahaan, oleh karena itu setiap karyawan juga dituntut untuk mampu menampilkan image yang sejalan dengan image yang ingin dibangun oleh perusahaan tersebut. Namun, bukan berarti Anda harus berganti identitas ataupun jati diri agar sama persis dengan image yang ingin ditampilkan perusahaan. Anda tetap bisa memberikan ‘warna’ yang sesuai dengan jati diri atau kepribadian Anda di dalamnya.
Anda bisa memadukan karakter positif yang Anda miliki dengan karakter positif yang ingin dibangun dalam image perusahaan Anda. Gali kembali karakter positif dalam diri Anda dan temukan hal apa yang bisa sejalan dengan image tersebut. Dengan memadukan keduanya, Anda bisa memberikan nilai tambah untuk image yang Anda tampilkan dan tetap bisa menjadi diri sendiri.
Image tersebut bukan lagi artifisial, namun muncul karena sesuai dengan kepribadian dan jati diri Anda. Pisahkan juga antara diri Anda di kantor dan diri Anda di lingkungan sekeliling. Anda bisa lebih ekspresif di lingkungan sosial Anda dengan tuntutan sikap yang lebih minimal dibandingkan saat Anda di kantor. Pemisahan tersebut akan membantu Anda untuk tetap seimbang. (f)
Baca juga:
Bagian Personal Branding Perusahaan
Membangun Personal Branding
Stephanie Mamonto
Topic
#TipKarier