
Foto: Pixabay
Karakter si sulit bisa ditemui di mana saja, termasuk di dunia kerja. Di buku Dealing with Difficult People, Rick Brinkman dan Rick Kirschner membantu kita mengenali beberapa tipe dan trik ampuh menghadapinya.
1/ Tipe Granat
Tipe ini mudah sekali meledak ke segala penjuru tanpa sebab jelas.
Kiat: Dengan penuh empati, tanyakan sumber kemarahannya. Setelah dia lega menumpahkan unek-unek, biasanya lebih mudah untuk mengajaknya bekerja sama.
2/ Tipe Serba Tahu
Pengetahuan dan kemampuannya memang banyak, makanya mereka sering mengendalikan orang lain dengan cara menguasai percakapan.
Kiat: Akui kebenaran pendapatnya terlebih dahulu, sebelum Anda menyumbangkan alternatif lain.
3/ Tipe Penunda Keputusan
Tipe ini cenderung menunda-nunda keputusan karena ingin menghindari penolakan, atau takut disalahkan.
Kiat: Bantu dia untuk memahami bahwa setiap keputusan membawa konsekuensi. Untuk meminimalkan risiko, ajak rekan membuat daftar kelebihan dan kekurangan dari keputusan. (f)
Baca juga:
- Belajar Menyeimbangkan Sisi Maskulin dan Feminin dari Claire Underwood di House of Cards
- 3 Trik Menghadapi Atasan yang Senang Mempermalukan Anak Buah
- Strategi Menghadapi Rekan Kerja yang Tiran dan Semena-Mena
Topic
#TipKarier