
Foto: Pixabay
Walaupun topik komunikasi efektif telah banyak ditulis dan dibicarakan, hal ini tetap kerap menjadi salah satu tantangan dalam berkomunikasi di berbagai situasi, termasuk di tempat kerja. Penting diingat pula bahwa komunikasi yang efektif seringkali adalah soal bagaimana Anda mengatakan sesuatu, dan bukan apa yang Anda katakan. Untuk itu, Anda membutuhkan hal-hal berikut:
1/ Rasa peduli
Kepedulian yang tulus terhadap lawan bicara akan membuat Anda beroleh respek dari mereka. Hal ini juga berarti diskusi yang lebih produktif, karena pertukaran ide berlangsung dua arah. Lain halnya dengan komunikasi satu arah, di mana yang ada adalah pemberi dan penerima perintah.
2/ Sikap rendah hati
Lingkungan kerja di Asia seringkali diisi oleh orang-orang dari berbagai budaya yang berbeda. Kualitas komunikasi organisasi dalam lingkungan seperti ini membutuhkan kerendahan hati untuk menyesuaikan diri dengan gaya komunikasi orang lain. Dengan demikian, jarak antarbudaya akan berkurang, sehingga membantu membangun hubungan dengan kolega.
3/ Kebijaksanaan
Sebelum mengutarakan sesuatu, berpikirlah terlebih dulu akan bagaimana hal tersebut akan berdampak pada orang lain. Mengalami hari yang buruk bukanlah pembenaran bagi Anda untuk melampiaskannya pada orang lain di tempat kerja. Kehati-hatian ini dapat mengubah pendekatan Anda dalam berinteraksi.
4/ Bertanggung jawab
Ketika terjadi kesalahpahaman, saling menyalahkan orang lain tidaklah produktif ataupun menyelesaikan masalah. Ini justru saatnya Anda mengambil tanggung jawab Anda dan terus melangkah. Untuk membangun budaya bertanggung jawab dalam tim, berfokuslah pada solusi produktif ketika seseorang berbuat kesalahan, dan dukunglah mereka agar dapat belajar dari kesalahan tersebut.
5/ Empati
Konfrontasi untuk menyelesaikan masalah bukan berarti bersiap menciptakan permusuhan. Dengan berempati pada situasi lawan bicara, Anda dapat mempertahankan nada dan pendekatan yang netral. Amati permasalahan dari sudut pandang mereka dan dengarkan penjelasan mereka agar Anda bisa lebih memahami masalah, bukan untuk mencari bahan berargumentasi. Ingatlah bahwa memperlakukan seseorang dengan hormat akan membuat Anda lebih disukai, sehingga rekan-rekan Anda di kantor pun akan lebih senang mengikuti perintah Anda. (f)
Baca juga:
Topic
#TipKarier