Trending Topic
Meta Rilis Buku Panduan Praktis Perkuat Kehadiran UKM di Paltform Digital

25 Aug 2023


Foto: Dok. Meta


Potensi perkembangan UKM di platform digital menunjukkan tren yang positif. Sebanyak 82% orang dewasa online di Indonesia berkirim pesan ke bisnis setidaknya sekali seminggu. Di sisi lain, sebanyak 80% orang dewasa di Indonesia mengatakan bahwa mereka ingin berkomunikasi dengan para bisnis yang mereka tuju dengan cara yang sama seperti komunikasi yang dilakukan dengan keluarga atau teman. Perpesanan bisnis pun menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan para pemilik bisnis, khususnya UKM di Indonesia, untuk menjawab tren pasar tersebut. 

Meta melihat bahwa fitur iklan Click to Message pada platform-platform Meta mampu mempermudah bisnis untuk menjalin koneksi dengan para pelanggan sehingga bisnis mereka lebih disukai. Faktanya, sebanyak 40% pengiklan Meta secara global sudah menggunakan fitur ini untuk menunjang performa bisnis mereka. 

Fakta tersebut terungkap dalam Meta Marketing Summit 2023 yang berlangsung pada Kamis (24/8/2023) di Jakarta dengan membawa tema besar “Setiap Koneksi adalah Peluang”. Lewat tema besar tahun ini, Meta hendak mengajak para praktisi, pemilik bisnis, hingga Pemerintah Indonesia untuk memperoleh ide dan wawasan dalam mempererat hubungan yang lebih bermakna dengan orang-orang, meningkatkan potensi bisnis, serta hal lain yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. 

Untuk semakin memperkuat inisiatifnya dalam mendukung pertumbuhan UKM lokal, Meta juga merilis salah satu inisiatifnya untuk UKM di Indonesia, yakni Buku Panduan #BertemudiMeta: Panduan Praktis Sukses Berbisnis di Meta untuk UKM di Indonesia. Buku ini ditargetkan untuk memberdayakan UKM di Indonesia dengan pengetahuan praktis dalam memperkuat kehadiran digital mereka di Facebook, Instagram dan Whatsapp. 

“Meta percaya bahwa koneksi membantu penciptaan nilai yang lebih baik karena mampu mendorong kreasi dan konversi. Ini juga yang menjadi alasan utama kami menghadirkan tema yang berfokus seputar koneksi dan kami berharap melalui Meta Marketing Summit 2023 ini, orang-orang dapat saling belajar dari satu sama lain, serta memperoleh ide dan wawasan baru untuk menjalin hubungan yang lebih bermakna dengan bisnis, komunitas, dan hal-hal yang paling penting bagi mereka,” jelas Pieter Lydian, Country Director Meta di Indonesia.

Meta Marketing Summit 2023, merupakan salah satu inisiatif dalam mengamplifikasi signifikansi peran koneksi dalam mendorong pertumbuhan bisnis. Topik bahasan dari acara ini berfokus kepada tiga area, yakni pertumbuhan video pendek atau Reel, peran AI dalam mendukung solusi-solusi kinerja Meta seperti A+ Shopping Campaign, dan penciptaan koneksi yang lebih erat melalui perpesanan bisnis.

Seluruh rangkaian program dan inisiatif #BertemudiMeta tersedia di laman Facebook Indonesia serta Facebook dan Instagram para mitra. (f) 


Baca Juga: 
Tantangan Kreativitas UKM Perempuan dan Peluang Ke Depan
Studi Terbaru, Mayoritas Pengguna Sosial Media di Indonesia Gunakan Fitur Keamanan Data Pribadi
Customer Service di Era Media Sosial adalah Standar Bisnis


Faunda Liswijayanti


Topic

#meta, #digitalmarketing, #marketing, #ukm