Foto: Shutterstock
Bagi para pejuang usaha online – maupun bagi UKM yang baru bertransformasi digital - ketersediaan Facebook Shop pastinya sangat membantu mempromosikan dan meningkatkan penjualan produk. Namun, serupanya toko offline, toko virtual di Facebook Shop ini juga harus dikelola sedemikian rupa, agar bisa menarik minat calon konsumen.
Hal ini disampaikan langsung oleh Niko Atmadja, trainer digital marketing di acara Online Training Digital Marketing: Laris Jualan dengan Buka Toko Virtual di Facebook Shop, yang diadakan pada Selasa, 10 November 2020 lalu.
Menurut Niko, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh para pelaku usaha yang memiliki Facebook Shop, agar toko virtual mereka lebih menarik bagi calon konsumen.
Dalam membuat katalog, Niko menyarankan untuk menggunakan nama yang sama dengan nama toko Anda. Hal ini penting dilakukan agar konsumen tidak bingung dan tidak merasa khawatir akan risiko penipuan.
“Praktik terbaik untuk mengisi katalog produk Anda adalah menampilkan semuanya dengan akurat. Karena ingatlah bahwa ini adalah sebuah toko online, yang tidak ada SPGnya, sehingga foto produk dan deskripsinya adalah yang akan merepresentasikan toko Anda,” papar Niko mengingatkan bahwa kesan pertama penting, agar calon konsumen mau mencari tahu lebih dalam tentang produk dan berminat untuk membelinya.
Untuk menarik perhatian calon konsumen, bukan hanya foto produk yang menarik saja yang harus dimiliki dan dicantumkan dalam katalog di Facebook Shop. Ternyata, deskripsi produk adalah salah satu hal yang tak boleh diabaikan begitu saja. Niko menyarankan untuk membuat deskripsi produk dengan alur yang bercerita, sebelum masuk ke spesifik produk yang bersifat lebih teknikal.
“Orang Indonesia itu suka bercerita dan mendengarkan cerita. Jadi pastikan deskripsinya juga disukai oleh calon konsumen. Setelahnya, barulah lengkapi dengan spesifikasi produk yang juga tak kalah penting,” tambahnya lagi.
Menurut Niko, ada beberapa hal yang kerap diabaikan oleh para pelaku usaha yang memiliki Facebook Shop, yaitu kurang mengelola dan memperbarui katalognya. Misal, ada calon konsumen yang tertarik pada produk tertentu, namun ketika ditanya ketersediaan barangnya, ternyata produk tersebut habis atau tidak ada.
“Jadi rajin-rajinlah update stok produk di katalognya. Anda juga bisa mengatur stok ini di setelan dalam Commerce Manager-nya,” jelas Niko lagi.
Untuk diketahui, pelatihan daring Laris Jualan dengan Buka Toko Virtual di Facebook Shop adalah webinar kolaborasi antara Facebook #SheMeansBusiness dan Wanita Wirausaha Femina. Sejak tahun 2019, Wanita Wirausaha Femina telah bekerjasama dengan Facebook #SheMeansBusiness menggelar workshop untuk UMKM wanita di kota-kota di Indonesia. Tahun ini, mengikuti kondisi masyarakat, workshop offline tersebut berpindah platform, dilaksanakan di ruang digital lewat Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina.
Diharapkan melalui berbagai talkshow virtual yang diadakan dengan menghadirkan sejumlah pembicara inspiratif ini, dapat memberikan pengetahuan, jaringan, keterampilan serta teknologi yang dibutuhkan para wanita wirausaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka.
Dan Anda pun bisa mendapatkan keistimewaan untuk bergabung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital, dimana menjadi wadah bagi wanita wirausaha untuk berjejaring dan mendapatkan ilmu-ilmu digital marketing baru guna mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Ayo segera gabung di FB Group Wanwir Mahir Digital, caranya:
1. Klik link https://www.facebook.com/groups/wanwirmahirdigital/
2. Klik permintaan JOIN GROUP
3. Lalu ISI DATA USAHA yang diminta (wajib diisi)
4. Klik Setuju (Agree) rules admin
5. Tunggu approval dari Admin Femina
(f)
Baca Juga:
Cara Membuat Desain Produk Berkualitas untuk Pasar Internasional
Lindungi Merek dan Produk UKM dengan HAKI
Siasat Agar Bisnis Fashion Tak Tergilas Pasar
Topic
#wanitawirausaha, #wanwir, #ukm, #Facebook, #shemeansbusiness