Money
Alasan Beriklan di Instagram Ads

19 Jun 2021


Foto: Shutterstock
 

Kenapa sih, sebagai pebisnis UKM kita perlu memasang iklan di Instagram? Pertanyaan yang mungkin banyak muncul di antara para pemilik usaha yang tengah galau untuk mempromosikan bisnis mereka lewat Instagram.

Sesi 6 Digital Marketing Online Training Facebook #SheMeansBusiness bersama dengan Wanita Wirausaha Femina, dengan topik Maksimalkan Jangkauan Penjualan dengan Instagram Ads yang disiarkan langsung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital pada Selasa, 12 Januari 2021 lalu menjawab pertanyaan tersebut. Trainer Niko Atmadja membeberkannya. 

1/ Jangkauan lebih luas. Menurut Niko, dalam berbisnis, Anda tidak bisa hanya mengandalkan jangkauan tangan Anda sendiri. Lagipula, jumlah teman atau follower Anda ada batasnya. Meski Anda sudah punya kanal bisnis di media sosial, Anda tetap memerlukan iklan sebagai ‘perpanjangan tangan’, supaya menjangkau lebih banyak konsumen, mendapatkan konsumen baru, dan lebih terhubung dengan konsumen lama agar mereka menjadi lebih loyal lagi dengan Anda.


2/ Punya strategi marketing ‘SMART’. Kepanjangan dari: specific, measurable, achievable, dan relevant. Beriklan juga bisa menjadi cara Anda merumuskan strategi marketing yang lebih profesional untuk bisnis Anda. SMART juga bisa menjadi cara agar dalam beriklan Anda bisa lebih fokus dan terukur. 

Spesific (spesifik). Sebelum beriklan, Anda perlu merumuskan tujuan, agar dana yang dialokasikan untuk beriklan tidak terbuang sia-sia. Tujuan harus spesifik. Misalnya:

  • Untuk meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan transaksi penjualan 
  • Menjangkau pemirsa atau konsumen baru
  • Membangun reputasi bisnis, dan sebagainya 

Measurable (dapat diukur). Ada cara untuk mengukur kinerja dari tujuan yang telah Anda tetapkan tersebut. 

Achievable (dapat diraih). Dalam membuat target, tidak sekadar mengawang-awang. Pastikan konsep iklannya sesuai dengan tujuan Anda. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan transaksi penjualan, buat offer (tawaran) yang akan sulit ditolak oleh konsumen.  

Relevant (relevan). Tujuan iklan sesuai dengan tujuan besar perusahaan atau merek Anda. Jangan sampai pesan iklan tersebut tidak relevan.  

Time bound (terikat waktu). Tentukan durasi yang sesuai dengan target iklan Anda. Contohnya, penjualan naik selama masa libur lebaran, sehingga Anda bisa mengelola durasi yang tepat untuk target tersebut.


3/ Dapatkan Insights (wawasan). Instagram Insights memberi Anda akses ke metrik kinerja iklan Instagram Anda, seperti engagement, jangkauan (reach), demografi follower, tayangan (impression), dan berapa banyak viewer dari iklan Anda. Gunakan informasi ini untuk menyempurnakan strategi Anda. Semakin banyak wawasan yang Anda peroleh, semakin Anda akan tahu iklan apa yang paling pas, disukai, dan memenuhi harapan konsumen Anda.

Mengukur hasil dari Instagram Ads lewat Insights. 

  • Cek performa. Rajin-rajinlah mengecek Insights, jika dalam waktu 2-3 hari masa beriklan, iklan Anda kurang berhasil, Anda bisa buru-buru menggantinya. Di fitur Ads Manajer, Anda bisa cek apakah konten Anda buruk performanya (underperformance) dan cari tahu alasannya bagaimana Anda bisa meningkatkan kinerja iklan tersebut. 
  • Sesuaikan dengan tujuan. Anda bisa mengukurnya dari jangkauan (reach), tayangan (impression, satu orang berapa kali melihat iklan tersebut), pertumbuhan follower (follower growth)
  • Terhubung dengan komunitas dan mempelajari apa saja yang mereka suka. Anda bisa mengukur interaksi konten: berapa banyak jumlah likes, komentar, hasil polling, berapa kali diklik orang, sudah dilihat berapa banyak orang, dan sebagainya. 
  • Buat tabel evaluasi kinerja iklan. Anda bisa mengamati dari beberapa iklan yang Anda buat, dan membandingkannya dalam sebuah tabel. Untuk iklan dengan konten seperti apa yang mendapat engagement tinggi dari konsumen, iklan seperti apa yang mendatangkan banyak follower, dan sebagainya. 

Untuk diketahui, sejak tahun 2019, Wanita Wirausaha Femina telah bekerjasama dengan Facebook #SheMeansBusiness menggelar workshop untuk UMKM wanita di kota-kota di Indonesia. Sejak tahun lalu, mengikuti kondisi masyarakat, workshop offline tersebut berpindah platform, dilaksanakan di ruang digital lewat Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina.

Diharapkan melalui berbagai talkshow virtual yang diadakan dengan menghadirkan sejumlah pembicara inspiratif ini, dapat memberikan pengetahuan, jaringan, keterampilan serta teknologi yang dibutuhkan para wanita wirausaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka. 

Dan Anda pun bisa mendapatkan keistimewaan untuk bergabung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital, dimana menjadi wadah bagi wanita wirausaha untuk berjejaring dan mendapatkan ilmu-ilmu digital marketing baru guna mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Ayo segera gabung di FB Group Wanwir Mahir Digital, caranya:
1. Klik link https://www.facebook.com/groups/wanwirmahirdigital/ 
2. Klik permintaan JOIN GROUP
3. Lalu ISI DATA USAHA yang diminta (wajib diisi)
4. Klik Setuju (Agree) rules admin
5. Tunggu approval dari Admin Femina
(f) 


Baca Juga: 
6 Strategi Sukses Marketing dengan Akun Bisnis Instagram
Trik Agar Facebook Shop Lebih Menarik bagi Calon Konsumen
Tingkatkan Peluang Usaha di Pasar Global dengan Facebook Shop



 



Topic

#instagram, #Facebook, #digitalmarketing, #onlinetraining, #shemeansbusiness, #wanwir