
Foto: Fotosearch
Sering kali kita terpaku pada ungkapan bahwa klien adalah raja sehingga kita terjebak pada hubungan kerja yang tidak setara, terutama di industri jasa. kadang-kadang mereka bersikap rewel dan sewenang-wenang, meski faktanya kita telah memberikan yang terbaik dan sesuai perjanjian awal. Sampai batas mana perlu dituruti?
Kita dapat mengikuti keinginan klien sepanjang sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui bersama. Kita juga bisa memberikan nilai tambah bagi klien dengan memberikan pelayanan 'beyond their expectation' selama kita tidak dirugikan, misalnya memberikan hasil sebelum tenggat, memperlakukan mereka layaknya bagian dari tim (personal touch).
Untuk menghindari hubungan yang tidak setara, cobalah membangun hubungan kerja yang 'win-win solution' dengan klien. Antara lain, definisikan kesepakatan kerja dengan jelas, update proses yang dilakukan, apa saja tantangan yang dihadapi, dan sejauh mana usaha yang sudah dilakukan.
Pahami ekspektasi klien. Jika ada perbedaan pendapat, gunakan jalan musyawarah. Kunci mendapatkan keharmonisan hubungan dengan klien adalah kesabaran menangani klien dan sadari bahwa masing-masing klien unik dan harus diperlakukan dengan cara tersendiri. (f)
Baca juga:
Tip Bekerja dengan Ekspatriat
6 Seni Menjual Diri Saat Wawancara Kerja
Topic
#TipKarier