Foto: 123RF
Perubahan tersebut tercermin pada hasil riset yang dijalankan Accenture terhadap 28.000 responden di 28 negara, termasuk Indonesia. Berikut ini 5 tren perubahan perilaku konsumen digital di Indonesia.
1/ Multiplier Effect
Penggunaan perangkat pintar di Indonesia ternyata cenderung lebih tinggi dari 27 negara lain yang ikut dalam survei ini. Sekitar 99 persen konsumen tanah air telah menggunakan aplikasi mobile untuk layanan komunikasi, sementara total negara lain secara global hanya 87 persen. Dari jumlah tersebut, 75 persen konsumen Indonesia telah memahami layanan transaksi pembayaran mobile dan 53 persen di antaranya memanfaatkan layanan kursus online. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi berperan besar dalam kehidupan konsumen digital. Bukan hanya untuk berkomunikasi, tetapi juga berbagai kegiatan lain yang sebelumnya bisa dilakukan tanpa internet seperti nonton film atau main game, dan mencari informasi.
2/ You, Me, and Internet of Things
3/ Lost in Transmission
Bukan konsumen digital namanya kalau mereka tidak menuntut keterhubungan secara real time dengan dunia melalui koneksi internet yang mulus dan cepat. Namun, riset ini menunjukkan bahwa 78 persen konsumen digital di Indonesia juga mementingkan keamanan bertransaksi finansial dan 60 persen menomorsatukan privasi saat berselancar di dunia maya.
4/ The Way You Make Me Feel
Nama besar sebuah merek saja tak lagi mempan meluluhkan hati konsumen digital. Misal saja, riset yang menunjukkan bahwa hanya 16 persen konsumen digital yang bersedia membeli gawai terbaru dari merek terkenal sekalipun. Itu pun kalau harganya tidak melebihi anggaran belanja mereka yang kurang dari 10 persen. Bukan karena pelit, tetapi karakter digital native sekarang memang lebih kritis dibanding generasi sebelumnya. Informasi teknologi telah membuat mereka lebih menyadari bahwa produk yang baik bukan hanya canggih, tapi juga disertai servis yang paripurna dan bisa diandalkan.
5/ Brand Engagement
Konsumen digital saat ini cukup mudah berpaling ke lain ‘hati’. Para pebisnis mohon jangan sakit hati dulu. Hal itu bukan karena mereka tidak setia pada merek produk tertentu, melainkan karena mereka kini lebih fokus pada layanan yang tepat, kesederhanaan dalam penyampaian pesan, kesesuaian identitas diri, kualitas, privasi, dan produk. Bahkan, 73 persen konsumen digital di Indonesia menyatakan siap berpindah ke penyedia jasa lain demi mendapatkan layanan yang lebih baik. (f)