Foto: Pixabay
Imilia – Surabaya
Menurut konsultan karier, Nuke Siska Puspita, tentunya situasi ini sangat mengagetkan Anda, karena tanpa ada peringatan terlebih dahulu, Anda diminta mengundurkan diri dari perusahaan. Langkah awal Anda sudah tepat dengan meminta penjelasan dari pihak perusahaan mengenai keputusan yang mereka buat untuk Anda. Anda tak perlu ragu untuk berdiskusi dan mencari tahu akar permasalahan yang ada kepada pihak manajemen. Tanyakan hal-hal apa saja yang melatarbelakangi pihak perusahaan mengambil keputusan tersebut.
Jika alasan yang diajukan oleh perusahaan memang benar adanya, Anda harus bisa menerimanya dengan lapang dada dan menyikapinya dengan bijaksana. Jadikan hal ini sebagai pembelajaran. Jangan sampai hal ini membuat Anda terpuruk dan putus asa. Segera fokus pada masa depan Anda, mulailah mencari lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan kriteria Anda.
Lain ceritanya jika alasan yang diberikan perusahaan tidak jelas atau tidak sesuai dengan kenyataan. Terlebih selama ini Anda tidak pernah melakukan suatu kesalahan atau pelanggaran. Kinerja Anda pun sudah sesuai dengan harapan perusahaan dan perusahaan tidak dalam kondisi pailit. Beranikan diri Anda untuk bertahan dan membela diri terutama jika Anda yakin berada di pihak yang benar. Utarakan dengan baik-baik apa yang menjadi keberatan Anda. Cobalah melakukan negosiasi dengan pihak perusahaan agar mendapatkan win win solution bagi kedua belah pihak. (f)
Baca juga:
Ini Cara Menyikapi Kebijakan Perusahaan Keluarga yang Suka Berubah-ubah
Ini Alasan Anda Harus Punya Mentor di Dunia Kerja
Ingin Sukses Berkarier? 4 Tip Membuat Karier Melesat
Stephanie Mamonto
Topic
#TipKarier