Lee Chan juga idol di era keemasan K-pop, tuh. Foto ilustrasi: TVING/tvN (My Bias, My Boss)
Dalam wawancara dengan media AS, The Hollywood Reporter, Vernon Seventeen mengatakan kalau ia merasa K-pop kini terdengar seperti American pop.
Ucapan Vernon hadir ketika K-pop sudah jadi bagian dari musik global, dan banyak lagu ditulis dan diproduseri oleh musisi internasional, namun mulai disentil isu kehilangan identitas atau “rasa original”-nya.
K-pop “rasa original” merujuk pada K-pop yang dirilis di era 2010-an, yang disebut-sebut sebagai era keemasan K-pop, sekaligus melejitnya para K-pop idols Gen 2 dan 3—sering menggabungkan banyak genre dalam satu lagu, dihiasi elemen elektronik, dan pengulangan melodi yang adiktif.
Di momen itulah K-pop mulai ‘menginvasi’ dunia sebagai bagian dari Hallyu—setelah fenomena Gangnam Style tahun 2012.
I Am the Best (2NE1), The Chaser (Infinite), Fantastic Baby (Bigbang), Mr. Simple (Super Junior), I Got A Boy (Girls Generation), hingga Call Me Baby (EXO), Blood Sweat & Tears (BTS), TT (Twice), dan Ddu-du Ddu-du (Blackpink) jadi beberapa lagu yang bisa jadi contoh K-pop rasa OG dengan popularitas global.
Kini, beberapa lagu baru yang dirilis tahun 2026, terutama dari comeback-nya para idol senior dan sentuhan segar idol Gen 4 dan 5, menyelipkan K-pop dengan vibes era 2010-an.
Lima lagu ini bisa membawa kamu sedikit bernostalgia (kalau kamu K-popper lama) atau justru bikin kamu tahu gaya K-pop di masa jayanya (untuk para newbies).
1/ BiiG - Bigbang
The OG K-pop mendunia yang kini tampil dalam format trio. Single comeback mereka ini menghadirkan versi lebih rumit dari K-pop di era 2010-an.
2/ Pop Off Pop Off - KiiiKiii
Di era 2010-an, para member girl group ini masih terlalu imut untuk memahami esensi K-pop. Lewat lagu ini, mereka mengaku mencoba mendalami vibes di era itu.
3/ Redred - Cortis
Musik campuran hip-hop, electropop, and pop rap yang memasukkan elemen 80-an, mengingatkan kita pada energi K-pop di era 2010-an.
4/ Singasong - V8
Duet member Seventeen Vernon dan The 8 itu, menurut Vernon, terinspirasi gaya bermusik LMFAO dari AS (terkenal di era 2010-an), serta musik K-pop “rasa original.”
5/ Sugar Honey Ice Tea - Babymonster
Sejak lagu ini terdengar, kita auto teringat pada party music ala K-pop di era 2010-an, lengkap dengan efek autotune dan electronic beats penuh energi. (f)
Brianna Relisha
Topic
#koreancorner




