Food Trend
Kopi Kenangan Bikin Brand Roti, Serta Bakal Buka Kafe di Malaysia dan Thailand

22 Jan 2021


dok.femina


Tas anyam berisi seliter Kopi Kenangan Mantan dan seliter 100% Cokelat dari Kopi Kenangan tiba di meja para wartawan di perayaan awal tahun Kopi Kenangan. 

Tahun lalu, brand ini telah menerima investasi seri B, senilai US$109 juta. 

Berlangsung virtual, tiga pendiri Kopi Kenangan (KK), Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunissa sharing pencapaiannya di masa pandemi ini. 

Brand Cerita Roti hadir, sebagai jodohnya kopi. Roti sobek ini disebutkan melibatkan teknik ala Prancis. Edward mengajak media mencoba roti yang juga ada di dalam 'keranjang' piknik tadi. 

"Roti ini ada di 33 gerai Kopi Kenangan, termasuk di outlet independen di Kota Kasablanka dan Pacific Place," ujar Edward. 

Distribusinya sudah diperluas hingga 73 outlet KK. Serupa dengan KK, strategi ekspansi ini menjaga konsumen tidak 'pindah ke lain hati'. 

Produksi rotinya telah mencapai 5000 buah per hari. Istimewa untuk sebuah portfolio baru. Di kuartal pertama 2021, targetnya adalah 20.000 roti per hari.  

Kabar lainnya, Cerita Roti bakal disusul dua sister brand, yakni dengan spesialiasi cookies dan ayam goreng. 

Kemajuan lainnya, dari 1 juta gelas minuman terjual per bulan, kini 4 juta, disumbang terbesar dari pembelian langsung. Trennya, outlet di area residensial alami peningkatan sales. Penurunan penjualan juga dialami oleh Kopi Kenangan pada gerai-gerai Kopi Kenangan yang berlokasi di pusat perbelanjaan dan perkantoran.

Target 2021: 800 jumlah gerai KK. Hingga kini, sudah 10,500 barista bernaung di bawahnya. 

Misi awal membawa kopi Indonesia ke dunia akan terwujud dengan dibukanya Kopi Kenangan Heritage di Malaysia dan Thailand. Pendekatannya, kafe keren dengan minuman kopi Indonesia berkualitas dan lebih 'serius'. Biji kopi dengan scoring tinggi dan sangraian sarat karakter ditonjolkan. 

Ketiga pendiri juga bangga telah membina 10.000 karyawan di Kenangan Academy. 

"Akademi diresmikan di Hari Mantan Nasional ke-3, yakni Agustus 2020, he.. he.. he..." ujar James, berkelakar. Branding kopinya memang diasosiasikan dengan mellow-nya suasana patah hati. Kedekatan yang 'ngena' ke konsumen muda.

Chynthia berbagi berita big step lainnya, yakni sertifikasi halal MUI . 

"Ada tahapan panjang dan 11 kriteria MUI yang dilalui. Bahkan KK masuk kategori A, artinya nilainya sangat baik," ujarnya. 

Kopi Kenangan juga penjual kopi susu kekinian yang pertama raih sertifikasi ini, dan menjadi  peraih Brand of the Year dari World Branding Awards itu. (f)

 

Baca juga: 
Mi Samyang Resmi Mengantongi Sertifikat Halal MUI
Resep Kimchi Pancake. Gampang dan Enak
IG Live @feminaMagazine, Jumat 27 November 2020: Crispy Chicken with Samyang Green


 

Trifitria Nuragustina


Topic

#kopikenangan, #kedaikopijaksel