Foto: Shutterstock
Sudah beberapa waktu membuat dan mempromosikan Halaman Bisnis Facebook tapi rasanya ‘toko’ masih sepi-sepi saja? Atau sempat ramai tapi kemudian makin sepi?
“Kegagalan UKM yang menggunakan Halaman Bisnis Facebook biasanya terjadi karena kurang konsisten. Semangat hanya di awal-awal membuat Halaman Bisnis Facebook, atau setelah mengikuti training, tetapi kemudian karena berbagai sebab semakin jarang membuat konten,” ujar Niko Atmaja, trainer dalam Online Training Digital Marketing Angkatan 3, Sesi 2 : Jangkau Pasar Global Dengan Strategi Insight Facebook Bisnis. Acara ini merupakan kolaborasi Wanita Wirausaha Femina dengan Facebook #shemeansbusiness dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tahun 2021, angkatan ke 3.
Menurut Niko, pelaku usaha harus konsisten memberikan konten yang menarik dan bermutu, serta membuat interaksi dengan pemirsa meningkat. Dengan demikian lambat laun pemirsa Anda akan bertambah dan penjualan pun ikut meningkat. Untuk meningkatkan kinerja Halaman Bisnis Facebook, Anda perlu mempelajari Page Insight atau Wawasan Halaman.
Untuk melihatnya, Anda tinggal memasuki Halaman Bisnis Anda dan pilih tab Insight/Wawasan Halaman pada bagian menu. Anda bisa memantaunya lewat ponsel saat mobile atau desktop/laptop untuk melihat Wawasan Halaman yang lebih luas.
Guna mendapatkan informasi yang lebih luas, Niko menyarankan untuk membuka Wawasan Halaman pada komputer desktop atau laptop. Di sini Anda akan mendapat gambaran besar tentang kinerja Halaman Bisnis Anda selama 28 hari terakhir. Begitu masuk ke Wawasan Halaman, Anda akan disajikan dashboard, berupa grafik kinerja Halaman Bisnis Facebook Anda, mulai dari jumlah follower, jumlah like, berapa lama postingan video Anda ditonton, juga berapa banyak orang yang tidak menyukai atau meninggalkan Halaman Bisnis Anda.
Berikut beberapa pengukuran yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki Halaman Bisnis Facebook Anda:
Yang penting dilihat dari informasi ini bukan hanya siapa saja yang suka, tapi juga siapa yang batal suka. Jika pada suatu hari Anda menemukan banyak yang batal suka, ini bisa jadi indikator, konten apa yang tidak disukai pemirsa. Sebaliknya, kita juga bisa melihat apa yang menyebabkan konten kita disukai.
Pada Wawasan Halaman Anda juga bisa tahu tombol Tindakan di Halaman mana yang paling disukai di Halaman Bisnis Facebook Anda. Apakah klik petunjuk arah, beli ke situs web, nomor telepon, percakapan lewat whatsapp, dan lain sebagainya. Indikator ini kita gunakan untuk menganalisa, kira-kira tombol ajakan bertindak apa yang paling berfungsi baik dan tepat untuk pemirsa Anda. Jika sudah tahu, Anda bisa mengatur ulang Halaman Bisnis Anda.
# Penemuan
Pada bagian Jangkauan kita bisa melihat jangkauan yang dihasilkan dari postingan kita, baik itu jangkauan yang organik dan yang berbayar. Dengan melihat informasi ini Anda bisa membuat mengetahui apakah konten Anda sudah mencapai hasil yang Anda inginkan atau belum. Misal, Anda ingin membuat acara, tapi setelah beberapa waktu terlihat jangkauan organiknya tidak memuaskan, maka dari situ Anda bisa melakukan strategi lain untuk membuatnya menjangkau lebih luas. Misal, dengan menggunakan jangkauan berbayar atau membaginya lewat grup whatsapp. Setelah itu, Anda bisa memantau hasilnya kembali di Wawasan Halaman.
# Postingan Video
Dari informasi yang didapat Anda bisa merancang strategi, video yang bagaimana agar ditonton orang lebih lama. Misal, dengan memasukkan elemen-elemen menarik pada seperti kalimat “Raih kesempatan mendapatkan voucher di akhir video.”
# Post Insight & Audience Insight
Menurut data Facebook, 75% data yang lalu lalang tahun 2021 adalah data video. Niko pun menyarankan untuk menambah konten video jika ingin interaksi Halaman Bisnis Facebook Anda meningkat. “Salah satu informasi penting yang Anda bisa dapat adalah kapan waktu online pengikut Halaman Bisnis Facebook Anda, baik hari maupun jamnya. Dari situ Anda bisa tahu waktu posting yang paling tepat. Tentu saja dengan menggunakan fitur penjadwalan sesuai grafik yang Anda dapat.” Dari pengukuran ini Anda juga bisa tahu apakah pengikut Halaman Bisnis Facebook Anda betul-betul orang atau robot web.
# Mengamati Gerak-gerik Kompetitor
Baca Juga:
5 Cara Optimalkan Akun Bisnis WhatsApp Untuk Mendongkrak Penjualan
Strategi Sukses Beriklan di Instagram Ads
6 Strategi Sukses Marketing dengan Akun Bisnis Instagram
Topic
#webinar, #onlinetraining, #digitalmarketing , #Facebook, #shemeansbusiness, #wanwir, #wanwirxfacebook, #bisnis, #feminalive