BizNews
Ukur Kinerja Iklan untuk Dapatkan Hasil yang Diinginkan

14 Jan 2021


Foto: Shutterstock

Dengan perkembangan teknologi digital, mengiklankan produk dan jasa atau usaha jauh lebih mudah dan efektif. Setiap pengusaha, mulai dari usaha kecil, menengah hingga besar dapat mengiklankan usaha atau produknya lewat media sosial seperti Facebook dengan sangat mudah, murah dan terukur.

Facebook Ads merupakan salah satu layanan pada halaman bisnis Facebook (Facebook Page) yang bila dimaksimalkan akan memberikan manfaat bagi bisnis. Setiap pebisnis dapat memilih target iklan sesuai dengan pangsa pasar dari produknya. Misalnya, bila menjual produk kecantikan, maka bisa dipilih target khusus wanita saja.

Menariknya, dengan beriklan di Facebook, pengiklan punya kesempatan agar materi yang diiklankan tampil di Instagram, WhatsApp, Messenger, dan Audience Network yang merupakan aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook.

Agar lebih maksimal dalam penggunaannya, Facebook #SheMeansBusiness dan Wanita Wirausaha Femina mengadakan Digital Marketing Online Training dengan topik Memaksimalkan Penjualan dengan Facebook Ads secara virtual dan disiarkan langsung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital pada Selasa, 27 Oktober 2020 lalu.

Selama kurang lebih satu jam, Niko Atmadja, pelatih digital marketing training memaparkan beberapa hal yaitu, pengelola iklan, tujuan kampanye atau beriklan, menentukan pemirsa, format iklan, mengukur kinerja, dan mengoptimalkan iklan.
 
Niko mengatakan bahwa setiap orang ingin brand-nya dikenal luas, ingin pembeli dan pelanggan baru, ingin bisnisnya maju. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan itu adalah dengan beriklan.

Beriklan di Facebook atau dengan menggunakan Facebook Ads memang sudah terbukti meluaskan pasar dan meningkatkan penjualan karena menjangkau calon pembeli lebih banyak.

Namun, beriklan saja tidak menjamin keberhasilan beriklan. Setiap pebisnis harus memahami strategi. Tidak semua iklan yang dirasa bagus cocok untuk diiklankan.

Menentukan pemirsa, format iklan, mengukur kinerja dan mengoptimalkan iklan, serta memahami tujuan iklan adalah strategi agar terwujudnya keberhasilan dalam beriklan.

Niko menambahkan, salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan ketika beriklan di Facebook adalah mengukur kinerja iklan.
 
“Jangan diamkan begitu saja ketika Anda sudah memasang iklan di Facebook. Lihat laporannya, apakah hasilnya sudah sesuai dengan harapan,” katanya.

Melihat kinerja iklan dapat dilakukan saat sedang berjalan. Ketika tidak sesuai dengan yang diinginkan, iklan bisa diubah, misalnya mengubah targetnya atau dihentikan.

Laporan iklan atau kampanye sendiri, bisa dilihat pada bagian Ads Manager. Di sana terlihat daftar iklan yang sudah berjalan, sedang berjalan atau sudah dijadwalkan.

“Pengiklan bisa melihat angka seperti result, reach, impressions, dan cost per result. Dari laporan itulah pengiklan bisa mengevaluasi untuk mengoptimalkan iklan berikutnya,” katanya.

Sebagai penutup sesi belajar yang diikuti oleh ratusan wanita wirausaha di berbagai kota dan daerah di Indonesia ini, Niko berpesan, sebelum beriklan ada baiknya mempelajari beberapa hal, seperti tujuan, pemirsa dan alat atau fitur yang digunakan untuk beriklan.

“Lakukan uji coba secara berulang untuk menemukan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan dari kampanye iklan,” tuturnya.

Untuk diketahui, Digital Marketing Online Training dengan topik Memaksimalkan Penjualan dengan Facebook Ads adalah online training dari kolaborasi #SheMeansBusiness Facebook dan Wanita Wirausaha Femina.

Sejak tahun 2019, Wanita Wirausaha Femina telah bekerjasama dengan #SheMeansBusiness Facebook menggelar workshop untuk UMKM wanita di lima di Indonesia. Tahun ini, mengikuti kondisi masyarakat, workshop offline tersebut berpindah platform, dilaksanakan di ruang digital lewat Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina. Dan sejak bulan Maret 2020, Facebook telah melakukan online training yang menjangkau hingga 26.696 pemirsa.

Diharapkan melalui online training yang diadakan dengan menghadirkan pelatih-pelatih dari Facebook di Indonesia, dapat memberikan pengetahuan, jaringan, dan keterampilan di bidang teknologi yang dibutuhkan para wanita wirausaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka.
 
Dan Anda pun bisa mendapatkan keistimewaan untuk bergabung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital, dimana menjadi wadah bagi wanita wirausaha untuk berjejaring dan mendapatkan ilmu-ilmu digital marketing baru guna mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Ayo segera gabung di FB Group Wanwir Mahir Digital, caranya:

1/ Klik link https : //www.facebook.com/groups/wanwirmahirdigital/ 
2/ Klik permintaan JOIN GROUP
3/ Lalu ISI DATA USAHA yang diminta (wajib diisi)
4/ Klik Setuju (Agree) rules admin
5/ Tunggu approval dari Admin Femina. (f)

Baca Juga:

Berkah Tahu Petis Yudhistira di Masa Pandemi

Cara 2 Wanita Wirausaha Penuhi Sertifikasi Keberlanjutan Lingkungan Sebelum Ekspor

Memetakan Peluang dan Tantangan Ekspor Kopi dan Furnitur dari Indonesia

 


Topic

#shemeansbusiness, #wanwir, #facebook