Foto: Dok. MR.D.I.Y.
Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, MR.D.I.Y. Indonesia, retail peralatan rumah tangga terbesar di Indonesia, bersama dengan Kami., jenama modest fashion pionir di Indonesia, menggelar program Perempuan Kreatif Finansial.
Program ini ingin memberdayakan perempuan melalui edukasi literasi keuangan dan pelatihan keterampilan tangan, sebagai upaya untuk mendorong kemandirian finansial dan kreativitas perempuan Indonesia.
Kegiatan ini tidak hanya menjadi bentuk apresiasi terhadap perempuan Indonesia, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam mendukung peningkatan kualitas hidup mereka. MR.D.I.Y. Indonesia dan Kami percaya bahwa dengan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang tepat, perempuan dapat memiliki peluang lebih besar untuk memulai usaha dan mengelola keuangan dengan lebih baik.
“Kami percaya bahwa perempuan memiliki potensi besar dalam dunia bisnis kreatif,” ungkap Istafiana Candarini, CEO & Founder Kami, dalam acara yang berlangsung pada 8 Maret 2024.
Salah satu fokus utama dari program ini adalah edukasi literasi keuangan. Dalam sesi ini, para peserta mendapatkan pembekalan mengenai strategi pricing, pengelolaan modal, dan perencanaan keuangan bersama tiga narasumber. Istafiana Candarini, yang akrab disapa Irin, membagikan pengalamannya dalam memulai usaha dan mengelola keuangan dengan efektif.
Irin bercerita bagaimana mereka memulai Kami dari produk aksesori berbahan kain, karena keterbatasan modal saat itu. Mereka berjualan dengan memanfaatkan Facebook dan tidak segan untuk mengetok ‘pintu’ para blogger untuk memperkenalkan produk Kami.
Kerja keras yang membuahkan hasil, karena jenama Kami jadi cepat dikenal. Mereka juga bisa masuk ke lingkungan fashion dan bertemu banyak mentor, hingga mendorong Kami berkembang seperti saat ini.
Irin juga mengaku membuat keputusan yang tepat ketika ia mengajak sang adik untuk bergabung dengan Kami dan menangani urusan keuangan. Karena dengan catatan keuangan dan pembukuan yang baik, bisnis mereka bisa berkembang lebih pesat.
Foto: Dok. MR.D.I.Y.
Sementara itu, Ria Sutrisno, Head of Marketing MR.D.I.Y. Indonesia, memberikan materi tentang strategi pemasaran yang efektif, termasuk memahami target pasar, membangun branding yang kuat, serta memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan penjualan.
Rini Indriani, Sharia Community Head CIMB Niaga Syariah, juga memberikan tip dan trik perencanaan keuangan khusus untuk memulai bisnis. Dengan bekal pengetahuan ini, diharapkan para peserta dapat lebih percaya diri dalam menjalankan usaha mereka dan mampu mengelola keuangan dengan lebih baik.
Selain edukasi literasi keuangan, program ini juga menyelenggarakan pelatihan keterampilan tangan, yang dirancang untuk memberikan perempuan peluang usaha kecil, terutama di bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri. Para peserta diajarkan salah satu kreasi membuat hamper eksklusif, menggunakan hijab hasil kolaborasi MR.D.I.Y. dan Kami serta beberapa aksesori yang disediakan oleh MR.D.I.Y.
Dengan keterampilan yang didapat, para peserta diharapkan dapat memulai usaha kecil mereka sendiri, sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan berkontribusi pada perekonomian lokal. Program ini juga sejalan dengan komitmen MR.D.I.Y. Untuk Indonesia dalam mendukung produk dan usaha lokal serta memberdayakan perempuan dalam ekosistem wirausaha.
Foto: Dok. MR.D.I.Y.
“Melalui MR.D.I.Y. untuk Indonesia, kami ingin berkontribusi positif kepada masyarakat Indonesia, khususnya perempuan, untuk memiliki kesempatan meningkatkan edukasi keuangan serta keterampilan tangan. Hal ini kami khususkan sebagai dukungan agar perempuan Indonesia turut memiliki pilihan untuk lebih mandiri secara finansial dan mampu mengembangkan kreativitas mereka menjadi peluang bisnis,” ujar Ria.
Perayaan Hari Perempuan Internasional dan Ramadan sekaligus menjadi momentum kolaborasi MR.D.I.Y dan Kami dengan meluncurkan produk hijab Kami yang bisa didapatkan di toko-toko MR. D.I.Y. di seluruh Indonesia.
“Melalui program MR.D.I.Y. untuk Indonesia, kami berharap untuk dapat terus menemani masyarakat Indonesia bertumbuh dan mendapatkan kesempatan yang lebih luas dalam meningkatkan kemampuan mereka agar dapat membawa dampak positif tidak hanya bagi diri mereka sendiri, tetapi juga bagi keluarga, komunitas, dan masyarakat di sekitar mereka,” kata Ria Sutrisno. (f)
Baca juga:
4 Alasan Kenapa Wanita Harus Melek Finansial
Laporan Women in Business 2025, Kesenjangan Gender Masih Tinggi
Kisah Inspiratif MR.D.I.Y. Indonesia Capai 1.000 Toko
Faunda Liswijayanti
Topic
#iwd2025, #keuangan