BizNews
Culinary And Shopping Festival Kembali Digelar

2 Oct 2019


Foto: Shutterstock

Dikenal sebagai surganya kuliner dan berbelanja, Indonesia memiliki destinasi-destinasi yang mempunyai produk kuliner dan belanja unggulan. Walau di era digital berbelanja semakin praktis melalui sistem online, pengalaman belanja offline tetap dibutuhkan. Oleh karena itu belanja harus mampu menjadi atraksi yang memberikan pengalaman bagi wisatawan.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia, kembali menggelar ajang Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2019. Agenda rutin dari event Wonderful Indonesia setiap tahunnya, beberapa program menarik disiapkan, seperti Dessert Festival, Lesehan Malam, Kuliner Kampung Halaman, Mooncake Festival, Kelas Membatik, Gebyar Batik Nasional hingga music performance yang akan dikemas apik dan modern akan dinikmati selama sebulan penuh dari tanggal 27 September hingga 27 Oktober 2019, serentak di sekitar 300 mal diseluruh Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, kuliner memberikan kontribusi tertinggi bagi PDB ekonomi kreatif. Yang pertama itu, kuliner 42%, yang kedua fashion 18%, dan yang ketiga, kriya 15% yang masuk dalam kategori belanja.

“Wisatawan mengeluarkan 30-40 % dari total pengeluaran mereka untuk kuliner dan belanja. Bila ditotal, belanja dan kuliner mencapai 75%. Kuliner juga termasuk dalam tiga besar tujuan orang berwisata,” kata Menpar Arief, saat jumpa pers launching WICSF 2019 di Balairung Soesilo Sudarman, Jakarta, Selasa kemarin.

“Sebagai agenda tahunan, WICSF merupakan bentuk komitmen kami dalam untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara menyeluruh. Kami berharap WICSF 2019 dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga kedepannya pusat perbelanjaan juga dapat berperan sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia,” ujar Stefanus Ridwan, Ketua Umum APPBI, saat jumpa pers WICSF 2019.

Acara pembukaannya akan diadakan pada hari Jumat, 27 September 2019 di Main Atrium Pluit Village Jakarta.

Baca juga:
Andalkan Facebook Untuk Pemasaran Produk
Daur Ulang, Solusi Kurangi Sampah Plastik

 


Topic

#kemenpar, #shoppingfestival

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?