BizNews
11 Figur Publik Indonesia Dukung UMKM Lewat Promosi Gratis di Instagram Selama COVID-19

19 Apr 2020

Dok: Instagram


Di tengah penerapan himbauan pemerintah dan WHO untuk menjaga jarak fisik (physical distancing) dan gerakan #dirumahaja, banyak bisnis yang menghadapi masa-masa sulit untuk mempertahankan kelangsungan bisnisnya, termasuk UMKM.

Para pelaku bisnis UKM pun berupaya melakukan penyesuaian terhadap strategi pemasaran kreatif mereka dan memanfaatkan kesempatan yang ada di platform digital.

Yang menarik, gerakan sosial dalam berbagai bentuk juga tumbuh di media sosial, termasuk membantu mempertahankan kelangsungan bisnis para pelaku UKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Banyak dari para pelaku UKM yang menunjukkan dukungan mereka bagi bisnis UKM lainnya dengan berbagi tips tentang kiat bertahan di tengah pandemi.

Selain itu, para figur publik Indonesia juga mulai menginisiasi program promosi gratis di akun Instagram mereka guna membantu UKM lokal bertahan dan membuat direktori bisnis UKM yang dapat memudahkan para pengguna Instagram mencari inspirasi dalam membeli makanan maupun produk lainnya selama di rumah aja.

Siapa saja mereka? Berikut daftar para konten kreator dan figur publik yang menggunakan akun Instagram mereka untuk turut membantu UKM lokal Indonesia melalui jasa promosi gratis:

1/ Konten kreator seperti Hans Danial (@eatandtreats), Julia & Marius (@anakjajan), Alexander Thian (@amrazing), dan Ario Pratomo (@sheggario) mendedikasikan sebuah postingan Feed bagi para UKM yang bergerak di industri F&B untuk mempromosikan bisnis mereka pada kolom komen. Postingan tersebut diharapkan dapat menjadi direktori bagi para pengguna yang ingin mencari inspirasi layanan pemesanan antar makanan ke rumah.

2/ Tyna Kanna Mirdad (@tynakannamirdad) dan Nana Mirdad (@nanamirdad_) juga memberikan kesempatan bagi UKM lokal yang bergerak di industri F&B untuk mention akun mereka di Stories. Selama 2 minggu, setiap harinya Tyna akan memilih 5 UKM lokal untuk di-repost pada Stories-nya. Selain itu, Tyna juga mendedikasikan satu buah postingan Feed sebagai tempat bagi para UKM lokal dari berbagai industri untuk mempromosikan bisnis mereka masing-masing melalui kolom komentar. 

3/ Ashanty (@ashanty.ash), Aurelie Hermansyah (@aurelie.hermansyah), Feby Febiola (@febyfebiola_), Vebby Palwinta (@vebbypalwinta) menyampaikan bentuk dukungan mereka kepada para UKM lokal dengan memberikan jasa endorsement gratis.

4/ Ayu Dewi memanfaatkan #DiRumahAjaKeren dan membuat sebuah akun baru @dirumahajakeren yang berisi kumpulan endorsement gratis bagi para UKM. UKM yang ingin di-endorse oleh akun ini hanya perlu mention dan menggunakan hashtag tersebut. 

5/ Ernest Prakasa (@ernestprakasa) menginisiasi gerakan #MakanApaHariIni dimana ia mengajak para pemilik bisnis F&B yang berada di Jakarta untuk mengirimkan informasi seputar bisnis mereka. Ernest akan memilih 3 bisnis yang akan dipromosikan secara gratis melalui postingan Feed-nya. Gerakan ini merupakan salah satu upaya Ernest membantu kelangsungan bisnis F&B dan penghasilan para ojek online. (f)


Baca Juga: 
Pelaku Industri Kreatif Gagas Gerakan Masker untuk Indonesia
Beragam Upaya Dilakukan Agar UMKM Tetap Bergairah
6 Keuntungan Menggunakan Facebook Page untuk Bisnis Anda
 

 

Faunda Liswijayanti


Topic

#instagram, #umkm, #bisnis, #corona