
Shop At Velvet – www.shopatvelvet.com @shopatvelvet
Produk: Busana siap pakai yang simpel dan effortless.
Followers: 54.1 k
Shop At Velvet memulai bisnisnya melalui media sosial Facebook, sebelum akhirnya membuat webstore pada tahun 2010. Berkat ketekunan Yessi Kusumo, sang pendiri sekaligus desainer, bersama suami yang menjadi rekan bisnisnya, Shop At Velvet kini menjadi salah satu desainer Indonesia Fashion Forward (IFF) dan siap mengusung label yang lebih premium. “Salah satu keuntungan dari berjualan online adalah kita dengan mudahnya mengenal konsumen, karena data yang diperoleh secara real time lebih dapat diandalkan.”
Vivi Zubedi – www.vivizubedi.com @vivizubedicom
Produk: Abaya dan busana muslim siap pakai.
Followers: 40.5 k
Bagi Anda wanita muslim atau penggemar busana berpotongan simpel yang tertutup, desain dari Vivi Zubedi bisa jadi pilihan yang tepat. Abaya, luaran kimono, hingga gaun couture formal bisa didapatkan di sini. Beberapa desainnya juga cocok untuk ibu hamil dan menyusui. Koleksi ini bisa juga Anda dapatkan di marketplace hijup.com.
Uya Uyi Shoes - @uyauyiishoes
Produk: Sepatu slip on semiformal.
Followers: 21.3 k
Desainer sepatu Surya Aulia memulai bisnisnya karena kecintaannya pada sepatu dan merasa bahwa sedikit sekali desainer sepatu lokal seterkenal Yongki Komaladi. Meski awalnya Uya Uyi Shoes ditargetkan bagi para pria gaya, nyatanya para wanita pun tak kalah mengapresiasi desain yang dibuat berdasarkan pesanan ini.
Beberapa selebritas, seperti Ivan Gunawan, Andhika Pratama, dan Glenn Alinskie, tercatat sebagai pelanggan setianya. “Salah satu wujud apresiasi saya pada pelanggan setia adalah dengan memberikan diskon dan preview koleksi terbaru yang muncul tiap dua bulan.”
Kivee – www.kiveeshop.com @kivee_
Produk: Busana siap pakai mengedepankan gaya simpel.
Followers: 33.6 k
Gaya serba modern dan minimalis bisa jadi merupakan arahan gaya yang diusung oleh label yang satu ini. Meski serba simpel, pilihan material yang memiliki tekstur atau motif, justru memberi kesan dinamis yang jauh dari membosankan. Tawaran menarik lainnya, untuk pembelian dalam jumlah tertentu, bebas ongkos kirim ke seluruh kota di Indonesia!
Kaynn Craft - @meytanayu
Produk: Tas, sandal, dan leather goods.
Followers: 25.8 k
Diakui Meyta Retanayu, desainer tekstil lulusan Instutut Teknologi Bandung , dunia e-commerce membantu dirinya berjualan, terutama untuk urusan promosi dan marketing. Memiliki pelanggan yang datang dari ujung timur Indonesia atau luar negeri sekalipun, tak lepas dari peranan media sosial.
Tidak memiliki media sosial khusus untuk berjualan tidak menjadi masalah. Baginya, kisah personal yang turut di dalamnya justru membangun kepercayaan calon pelanggannya. “Prinsip yang selalu saya percaya bahwa berjualan itu harus jujur. Itu termasuk urusan penampilkan foto produk yang sejujur-jujurnya, apa adanya. Tak perlu lighting atau efek berlebihan.”
Elena Tanudjaja - @hummingbirdroad
Produk: Perhiasan rambut dan aksesori pernikahan.
Followers: 6.036
Mungkin sedikit produk serupa yang dapat Anda temukan di media sosial, yang merupakan buatan desainer lokal. Humming Bird Road mulai dikenal setelah ikut membantu beberapa desainer lokal dalam pergelaran busana Jakarta Fashion Week 2015 lalu. Kebanyakan pelanggannya adalah calon pengantin yang membuat desain khusus untuk disesuaikan dengan keseluruhan konsep.
Kuku Jewels - @kukujewels
Produk: Aksesori buatan tangan.
Followers: 16.1 k
Tren belanja online yang praktis dan dapat dilakukan hanya melalui gadget dirasa Kharina Wijaya sebagai alasan yang kuat untuk memulai bisnisnya, hampir setahun yang lalu.
Meski mudah, ada beberapa strategi yang menurutnya perlu diterapkan, seperti memberi banyak pilihan produk, mengedepankan kualitas, rajin mengunggah foto tiap hari, dan memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada pelanggan.“Habit pembeli di Indonesia kebanyakan sudah terbiasa dengan sistem pembelian secara online, meski beberapa masih belum teredukasi dengan pentingnya komitmen untuk tidak ‘hit and run’ ketika belanja online.”
House of Jealouxy - @houseofjealouxy
Produk: Aksesori dengan desain modern.
Followers: 18.4 k
Gaya aksesori House of Jealouxy yang penuh warna dapat dipilih untuk membuat busana sederhana Anda menjadi lebih memukau. Materialnya yang ringan membuatnya dapat tahan lama dikenakan tanpa terasa berat. Meski berbisnis secara online, House of Jealouxy juga sering muncul di berbagai pop up market di Jakarta.
Kumika - @kumika_kumika
Produk: Kaftan yang juga tersedia dalam ukuran anak.
Followers: 29.3 k
Sebagai busana praktis, kaftan sudah sering dipilih oleh Putri Prijanto, jauh sebelum sang pemilik label Kumika akhirnya terjun ke bisnis yang sama. Apalagi sebagai seorang ibu, ia juga memperhatikan apa yang perlu dikenakan oleh putrinya, sehingga ide itu pun diwujudkan dengan busana ‘seragam’ dengan ukuran mini bagi sang putri.
“Salah satu kekuatan Kumika adalah penggunaan material yang berkualitas baik, sehingga pelanggan setia kami tidak kapok untuk memesan kembali."
Naima Shoes - @itsnaima_shoes
Produk: Sepatu wanita unik.
Followers: 19.1 k
Sepatu merupakan sahabat wanita yang sering kali menggoda untuk dimiliki, apa pun musimnya. Naima Shoes selalu mengedepankan kenyamanan, selain juga desain yang stylish. Dalam membuat suatu koleksi, Naima Shoes sering kali berkolaborasi dengan para desainer. (f)