Seks 

Mitos dan Fakta Libido Wanita


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Mitos dan Fakta Libido Wanita Femina
Dulu, 10 tahun lalu, saat bercinta adalah yang paling ditunggu. Gairah Anda dan
pasangan sama-sama meletup. Tak mengherankan, aneka posisi dan gaya pernah dicoba. Kini,  jangankan  variasi baru, french kiss saja  malas. Kata teman-teman, “Makin tua, libido kan juga  makin berkurang.” Benarkah?

Menurut  dr. Ferryal Loetan, libido adalah keinginan atau nafsu seksual dari
seseorang. Libido akan timbul atau menghilang tergantung dari kerja hormon dalam tubuh kita. Jadi, kalau hormon meningkat kinerjanya, maka libido kita juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya. Ada beberapa mitos tentang libido yang perlu Anda tahu sebelum jadwal bercinta Anda terganggu.

1. Libido wanita lebih sedikit daripada pria. Jadi, jangan heran kalau urusan
bercinta, pria jauh lebih bersemangat. 

Fakta: 
“Tidak juga. Libido pada wanita tidak selalu lebih kecil daripada pria.
Keadaan ini banyak dipengaruhi oleh lingkungan tempat dia dibesarkan dan edukasi, lifestyle, dan behavior,” jelas Prof. FX Arif Adimoelja, MD, PhD, FSS (Be), SpAnd., atau biasa disapa  dr. Arif. Hanya, wanita   tak memperlihatkannya. Saat ada pun, wanita tetap harus dipancing untuk membangkitkan gairahnya. “Mudah, kok,” tambah dr. Ferryal, konsultan seks dan perkawinan. “Tak perlu diraba-raba atau dicium, cukup berikan perhatian lebih, pasti cepat menyerah.” 

2. Masalah hormon adalah penyebab menurunnya gairah bercinta wanita,
juga saat hamil atau pascamelahirkan. 

Fakta:
Belum tentu. Masalah kesehatan juga berperan. Kalau sedang tidak enak badan, meski hasrat  tetap ada, pasti tidak sebesar saat tubuh sedang fit.  Apalagi pada wanita. 

Contohnya, saat sedang hamil. “Kehamilan memang menyebabkan perubahan cara kerja hormon seks (seperti keseimbangan kadar hormon estrogen, progesteron, dan prolaktin) yang bervariasi di setiap usia kehamilan,” papar dr. Arif. Tapi, bukan itu saja, libido  wanita juga amat tergantung pada masalah psikologis. Bisa jadi wanita tidak percaya diri dengan tubuhnya atau takut menyakiti bayinya, Padahal, Anda tetap bisa bercinta seperti biasa. Yah, mungkin sedikit lebih hati-hati dengan posisi tertentu.

3. Setiap bercinta, Anda jarang sekali mencapai orgasme. Anda yakin, libido Anda yang bermasalah.

Fakta: Bentuk tubuh wanita berbeda dengan pria. Alat kelamin wanita lebih banyak yang di dalam. Karena itulah, untuk mencapai rangsangan, pasti butuh waktu. Jadi, dibutuhkan pengertian dari pasangan bahwa untuk mencapai orgasme diperlukan usaha berdua. Pasangan harus mengerti apa keinginan Anda, hingga akhirnya mencapai puncak bersama. It takes two to tango. 

4. Anda menggunakan alat kontrasepsi agar acara bercinta dengan pasangan menjadi lebih nikmat dan tak perlu khawatir hamil. Tapi, mengapa setelah memakainya, hasrat bermesraan malah berkurang?

Fakta: “Sebenarnya bukan gara-gara itu. Alat kontrasepsi  adalah hormon yang dimasukkan ke dalam tubuh. Nah, jika dimasukkannya secara tepat, tidak akan mengganggu kestabilan hormon. Kalau sampai terjadi ketidakseimbangan hormon, akan memengaruhi libido. Misalnya,  minum pil KB yang dijual bebas di apotek,” papar dr. Ferryal. Intinya, sebelum menggunakan alat kontrasepsi, Anda harus  kontrol ke dokter lebih dulu. 

5. Saat clubbing, Anda dan pasangan minum beberapa gelas cocktail. Wow, kini gairah bercinta Anda berdua begitu menggebu-gebu. Tak sabar ingin segera sampai di rumah. “Ini pasti gara-gara alkohol,” pikir Anda. 

Fakta: Sebenarnya, pengaruh alkohol tidak sampai seperti itu. Mungkin, pada tahap awal,bisa saja meningkatkan gairah.  Anda akan merasa sebagai orang yang paling seksi dengan gairah bercinta yang meledak-ledak. “Padahal, itu hanya dalam imajinasi. Semu. Karena, sebenarnya siapa pun tahu efek alkohol pada tubuh itu tidak baik,” jelas dr. Ferryal. Jadi, tak perlu mabuk dulu, kok, kalau ingin bercinta. 

6. Karena pasangan sering tak ada di sisi Anda, sex toys biasa menemani saat Anda ingin bercumbu. Jangan-jangan, setelah pasangan datang, Anda jadi kehilangan gairah.  

Fakta: Untuk pasangan, sekali-sekali menggunakan sex toys boleh saja, sebagai variasi. “Lain halnya kalau untuk digunakan sendiri oleh wanita. Sekali lagi, boleh, kok, menggunakan alat bantu seks, yang penting jangan sampai kecanduan. Jangan sampai, tanpa  alat bantu, Anda tidak bisa bercinta normal lagi,” ungkap dr. Ferryal. 

7. Wanita yang belum pernah bercinta, libidonya pasti sedikit, atau bahkan
tidak ada. Karena  kan mereka tidak mengetahui nikmatnya bercinta. 

Fakta: Siapa bilang? Manusia, di usia puber, 17-21 tahun, produksi hormonnya meningkat dan mulai bekerja dengan aktif. Tak mengherankan, di usia ini, mereka mudah sekali terangsang. Jadi, pernah bercinta atau tidak, mereka pasti memiliki libido. “Masalahnya,   pria mudah terlihat kalau sedang terangsang, sedangkan wanita,  biasanya akan memendamnya dengan cara berolahraga, bekerja keras, atau bahkan tidur,” jelas  dr. Ferryal. 

8. Sebentar lagi usia Anda 40 tahun. Terbayang sudah apa yang akan terjadi pada  jadwal bercinta Anda dengan pasangan. Sudah pasti berantakan, karena libido Anda menurun.

Fakta: Jangan khawatir, usia 40 tidak berarti Anda akan kehilangan gairah bercinta. Menurut dr. Arif, libido wanita pada umumnya tak terlalu tergantung pada usia.Relasi pasangan memegang peranan yang sangat penting. Karena, seks tidak harus selalu disamakan dengan bercinta, tapi juga keinginan untuk disentuh, disayang, dan dimanja. Hal-hal seperti itu bisa membuat tingkat libido Anda dan pasangan tetap tinggi. Buktikan saja!  

9. Tidak masalah, kok, memendam libido Anda. Tinggal berolahraga atau tidur, Anda akan melupakan keinginan itu. 

Fakta: “Memendam libido tidak berarti selesai atau menghilangkan masalah,” jelas dr. Ferryal. Seks yang ditekan akan berpengaruh  pada jiwa, sehingga bisa menimbulkan gejala frigiditas, keinginan menurun atau seakan-akan menghilang. Frigiditas itu sama dengan ketidakmampuan seksual pada wanita, yang sebenarnya berawal dari masalah psikologis. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan depresi.     

10. Supaya libido tetap tinggi, Anda harus bisa menahan keinginan bercinta, dan ketika saatnya, Anda akan sangat menikmatinya. 

Fakta: Salah. Justru  makin sering akan  makin baik. Jika tak ingin melupakan rasa hasrat bercinta, Anda harus mulai berhubungan seks secara rutin. Tak ada yang bisa meningkatkan libido wanita, kecuali dengan mempraktikkannya terus-menerus. Paling tidak dua kali seminggu. 

11. Wanita tak akan kehilangan libidonya terhadap seorang pria yang ia cintai.

Fakta: Jangan salah, ada beberapa hal yang bisa  membuat wanita tidak memiliki gairah bercinta, meski dengan orang yang dicintainya. Biasanya, itu adalah pria yang keuangannya kurang begitu bagus, pelit,  pushy, pemabuk, ceroboh, lemah, dan pria yang selalu basah karena berkeringat, dan kelebihan berat badan. (f)




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Harga BBM Naik Femina
TOPIK Hari Ini
Harga BBM Naik
Setuju atau tidak dengan kenaikan harga BBM ini?
KOMENTAR
20 Nov 2014 - RiaJumriati
Saya setuju dengan kenaikan BBM, beri kesempatan pada Bp. Presiden Jokowi utk membuktikan bhw pengalihan subsidi BBM, bisa di gunakan utk pembangungan jalan dan kesejahteraan rakyat secara menyeluruh. Beliau berani mengemban dosa pemimpin terdahulu d ...



Majalah Edisi 46 (22 - 28 November 2014) Femina  Edar 
Wednesday, 19 November 2014






  VIDEO